Chipset MediaTek Kompanio 1300T

MediaTek Umumkan Kompanio 1300T, Prosesor untuk Tablet dan Chromebook

admin | Teknologi | 30-07-2021

MediaTek resmi memperkenalkan Kompanio 1300T, sebuah System on a Chip (SoC) yang dirancang untuk menghadirkan performa premium di perangkat tablet.

SoC ini dibuat dengan pabrikan 6nm dari TSMC, dan diklaim memiliki performa premium, kecanggihan teknologi 5G, multimedia, AI, dan gaming untuk pengalaman pengguna premium.

Kompanio 1300T memungkinkan OEM untuk menciptakan tablet yang kuat, ringan, dan portabel untuk kebutuhan belajar mengajar daring, bisnis, layanan streaming, game, dan aplikasi-aplikasi AI.

Saat ini ada peningkatan permintaan akan perangkat komputasi pribadi yang dirancang untuk kebutuhan kerja jarak jauh dan hiburan multimedia," kata PC Tseng, General Manager of Intelligent Multimedia Business Unit di MediaTek.

Ia juga menambahkan bahwa chip/prosesor Kompanio ini memungkinkan para produsen untuk merancang tablet ringan dan produk komputasi pribadi dengan performa yang tangguh dan masa pakai baterai yang lama sehingga mereka dapat menghadirkan fitur inovatif dan pengalaman komputasi seuluer baru kepada para pengguna.

Penerus Kompanio 820 ini menargetkan tablet dan Chromebook yang diklaim akan memberikan kinerja yang kuat dan pengalaman multimedia premium bersama dengan kemapuan 5G.

MediaTek Kompanio 1300T menggunakan pengaturan CPU octa-core yang terdiri dari core performa ARM Cortex-A78 dan core efisiensi ARM Cortex-A55 (MediaTek belum merinci konfigurasi yang tepat). Grafik dan game akan ditangani oleh GPU ARM Mali-G77 MC9, yang menampilka sembilan core berkinerja tinggi.

Unit Pemrosesan AI  (APU) MediaTek juga turut hadir untuk memberikan kinerja yang kuat untuk berbagai kasus penggunaan AI, termasuk asisten suara bertenaga AI dan fungsi suara Voice on Wakeup (VoW) berdaya sangat rendah.

Prosesor ini mendukung memeori quad-channel (2133 MHz) hingga 16 Gb dan penyimpanan UFS 3.1 dual-channel. Sedangkan untuk visual, mendukung layar 2.5K (2560 X 1440) dengan refresh rate 144 Hz dan resolusi Full HD dengan 120 Hz.

MediaTek Kompanio 1300T juga dapat menangani konten HDR10+, dan telah mambangun mesin pelindung mata tingkat chip untuk menyaring cahaya biru, meningkatkan kualitas gambar, mengubah resolusi, dan lainnya.

Pada bagian kamera,chip ini juga memberi daya pada desain multi-kamera dengan sensor hingga 1080 MP. Ini juga mendukung encoding dan decoding vidio 4K 60fps, perekaman dan pemutaran vidio 4K HDR, Multi-Depth Smart Focus, dan AI-Clear Straming untuk fotografi yang disempurnakan dan kinerja streaming langsung.

MediaTek mengatakan tablet dan Chromebook baru yang akan ditenagai oleh Kompanio 1300T ini diharapkan tiba pada kuartal ketiga 2021. Jajaran Kompanio MediaTek secara historis tetap eksklusif untuk Chromebook, semoga saja chip ini juga bisa masuk ke tablet Andorid di masa mendatang.

Tag : #teknologi   

Baca Juga