Komentar Melanie Subono terkait Putri Candrawati yang tidak ditahan walaupun statusnya sebagai tersangka (Foto: Instagram/@melaniesubono)

Melanie Subono Angkat Suara Terkait Putri Candrawati Tak Ditahan Karena Anak

Sari | Hiburan | 01-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Melanie Subono artis sekaligus aktivis akhinya angkat suara terkait kasus pembunuhan berencana brigadir J, yang dilakukan Ferdy Sambo dan menyeret istrinya Putri Candrawati (Ibu PC).

Seperti diberitakan, Ibu PC telah ditetapkan sebagai tersangka, namun tidak dijebloskan ke penjara alasan kemanusiaan atau anak. Hal itu membuat pemilik nama lengkap Putri Adrie Subono geram dan menuangkan kekesalannya di akun Instagram pribadinya @melaniesubono.

Awalnya, Melanie membandingkan dengan kasus yang menimpa almarhum Vanessa Angel yang tetap ditahan, padahal saat itu ia baru saja melahirkan dan kondisinya sang anak masih membutuhkan ASI.

"Sedikit bercerita saja, pada suatu hari seorang Rekan, sekarang sudah almarhumah bernama Vanessa Angel ditahan (enggak membunuh loh) dan saat itu punya anak usia empat bulan," tulis Melanie Subono, dikutip Kamis (01/09/2022).

Selain kasus almarhum Vanessa Angel, Melanie juga memberikan contoh kasus ibu lainnya yang tetap ditahan, yaitu Baiq Nuril dan Angelina Sondakh.

"Inget Baiq Nuril? Dia dipenjara, walaupun punya anak dibawah 10 tahun (kan kemarin bahasa si anu, karena anu punya anak di bawah 10 tahun)," tambah Melanie Subono.

"Oh iya Angelina Sondakh juga sih waktu ditahan punya anak usia tiga tahun. Mau contoh sih banyak lagi, tapi takut enggak muat di caption," lanjutnya.

Melanie juga mengungkapkan, sepanjang tahun 2019, ada 12 anak yang dibesarkan di lapas karena ibunya harus mendekam di balik jeruji besi.

"Mau contoh sih banyak lagi tapi takut ga muat di caption. Intinya, di tahun 2019 aja ada 12 anak yang dibesarkan di lapas Malang. Malah 2016 ada yang MELAHIRKAN di lapas karena kan ibunya bersalah, kalau ga salah di Medan," bebernya.

Tak sampai disitu, wanita berumur 45 tahun itu juga menyindir keras tindakan Kak Seto yang ingin melindungi anak Ferdy Sambo. Seperti kita ketahui, beberapa waktu yang lalu, Kak Seto pernah menuturkan agar Ibu PC menjadi tahanan rumah, dengan alasan masih memiliki anak.

"Ya tapi mereka ini kan cuma ber-tas kan (memakai tas) kresek sih. Btw dulu @kaksetosahabatanak di mana?," tanya Melanie Subono mengakhiri keterangannya.

Tulisan Melanie Subono langsung banjir komentar dukungan dari warganet, semua menyuarakan hal yang sama dengan keresahan hatinya.

“77 tahun Indonesia merdeka, tapi kemerdekaan hanya untuk orang tertentu saja, sekarang mesti viral dulu baru lah diproses," komentar netizen.

"Keadilan bagi rakyat Indonesia, tapi boong," komentar netizen.

"Kalau istri aparat punya privilege khusus ya @divisihumaspolri," komentar netizen.

Diberitakan sebelumnya, Putri Candrawati memang tak ditahan setelah kuasa hukumnya, Arman Hanis mengajukan permohonan agar kliennya tak ditahan dengan alasan kemanusiaan.

"Terkait penahanan Bu Putri, kami sudah mengajukan permohonan tidak dilakukan penahanan, karena alasan-alasan sesuai Pasal 31 ayat (1) KUHAP, kami boleh mengajukan itu karena alasan kemanusiaan," kata Arman.

Tag : #melanie subono    #putri candrawati    #hiburan    #brigadir j    #tersangka kasus brigadir j    #ferdy sambo    #artis    #aktivis   

Baca Juga