Layanan Kapal Apung Dr.Lie Telah Menjangkau Ribuan Orang di Pelosok Indonesia

Membangun Kembali Layanan kesehatan Publik Bersama Rumah Sakit Apung Dr.Lee

rini | Nasional | 07-07-2021

PARBOABOA, Jakarta - DoctorShare (Yayayan Dokter peduli) adalah organisasi yang didirikan oleh Dr.Lie Dharmawan sebagai organisasi kemanusiaan yang fokus memberikan bantuan kesehatan kepada masyarakat Indonesia yang terjerat kemiskinan dan yang tinggal di pelosok daerah dan desa-desa terpencil.

Rumah Sakit Apung Dr.Lee adalah salah satu layanan doctorShARE yang dibangun dari di sebuah kapal kecil memberikan layanan kesehatan secara gratis, kepada masyarakat dipelosok Indonesia yang terkendala masalah ekonomi dan geografis yang dimulai pada tahun 2013. RS Apung ini merupakan rumah sakit apung pertama di Indonesia milik swasta sekaligus yang terkecil di dunia. Kapal berukuran panjang 23,5 meter, lebar 6,55 meter dan bobot mati 114 ton. Kapal ini terbagi menjadi tiga dek. Dek atas untuk nahkoda dan tempat para relawan, dek tengah berisi ruangan steril dan ruang operasi, dek bawah adalah laboratorium.

Dengan RSA ini, tim doctorSHARE menyediakan layanan medis dasar gratis seperti pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan gigi, operasi kecil & besar, serta pendidikan & pelatihan kesehatan dasar untuk masyarakat di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

Namun pada 16 Juni 2021 pesawat ini tenggelam, saat melakukan layanan medis dari Pulau Tenau. Kupang, NTT menuju Torano, Sumbawa Besar, NTB. Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa karena seluruh anak buah kapal berhasil menyelamatkan diri menggunakan sekoci dan mendapat pertolongan dari kapal penumpang Niki Sejahtera.

Tenggelamnya kapal apung ini menggerakkan hati banyak orang untuk membangun kembali layanan kapal apung. Ada banyak pihak yang terketuk hatinya dan memberikan donasi membantu dr. Lie Dharmawan dan tenaga medis dari Yayasan Dokter Peduli untuk membeli alat-alat kesehatan, obat-obatan dan kapal yang baru dan berlayar lagi untuk berlayar dan melayani saudara kita di pelosok tanah air.

Galang dana yang dilakukan Dr.Lie berhsil mengumpulkan dana sebesar Rp.498.161.177.

Melalui program SiCepat Peduli, SiCepat Ekspres menyalurkan donasi sebesar Rp 50 juta pada 30 Juni 2021 ke Yayasan DokterShare di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Bantuan tersebut secara simbolis diterima langsung oleh Dr. Lie Dharmawan.

Denny Siregar yang juga ikut melakukan penggalangan dana berhasil mengumpulkan Rp.24,8 miliar, Sabtu (26/6). Dan masih banyak pilak lain yang turut memberikan donasi.

Semoga kapal apung yang baru dapat segera berlayar dan memberikan lebih banyak layanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Tag : #Rumah Sakit Apung    #Yayayan Dokter peduli    #Dr.Lee    #Dr.Lie Dharmawan   

Baca Juga