Mendagri Ukraina dan 17 Orang Lainnya Tewas usai Helikopter Jatuh di Kota Brovari

Penampakan lokasi jatuhnya helikopter yang menewaskan Mendagri Ukraina dan 17 orang lainnya. (Reuters/Valentyn Ogirenko)

PARBOABOA, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Ukraina, Denys Monastyrsky, dan 17 orang lainnya dikabarkan tewas setelah helikopter milik dinas negara jatuh di dekat TK dan gedung permukiman di Kota Brovary, Kiev, Rabu (18/01/2023).

Dari video-video amatir yang beredar di media sosial terlihat puing-puing helikopter yang hangus terbakar bercampur dengan reruntuhan gedung-gedung di lokasi kejadian. Otoritas setempat bergegas ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan mengangkat puing-puing helikopter tersebut.

Dilansir dari Reuters, Kepolisian Ukraina Ihor Klymenko mengkonfirmasi jika tak hanya sang menteri yang meninggal akibat insiden ini. Wakil mendagri Yevheniy Yenin dan pejabat sekretaris kementerian juga telah dipastikan ikut menjadi korban. 

"Mendagri Denys Monastyrskyi tewas. Deputi pertamanya Yevheniy Yenin dan juga sekretaris kementerian turut pula tewas," kata Klymenko, Rabu (18/01/2023).

Sementara itu, kepala Otoritas Militer Regional Kiev Oleksiy Kuleba dalam pernyataan terbaru via Telegram menyebutkan, bahwa sembilan korban tewas di antara berada di dalam helikopter yang jatuh. Sementara itu, tiga diantara 18 korban tewas merupakan anak-anak.

Kuleba menambahkan bahwa 29 orang lainnya, termasuk 15 anak-anak, mengalami luka-luka akibat insiden helikopter jatuh ini.

Hingga kini penyebab kecelakaan tersebut belum dapat dikonfirmasi, apakah murni kecelakaan atau berhubungan dengan serangan rudal Rusia yang belakangan ini terus berjatuhan di negara tersebut.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS