Ilustrasi orang tua dan anak (Dok: tirto.id)

6 Cara Mendidik Perilaku Jujur pada Anak

Dimas | Pendidikan | 07-07-2022

PARBOABOA – Mendidik anak agar terbiasa jujur merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sebab, kejujuran adalah salah satu sifat baik yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini.

Jika orang tua gagal mendidik anak tentang kejujuran, maka bukan hal yang mustahil anak-anak mereka akan tumbuh menjadi orang dewasa yang suka berbohong dan menipu orang lain.

Oleh karena itu, para orang tua sebaiknya berperan aktif dalam mendidik anak tentang kejujuruan. Hal ini bertujuan agar anak dapat memahami dan menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini Parboaboa akan menjelaskan 6 cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk mendidik kejujuran pada anak. Di antaranya:

1. Mulai Dari Diri Sendiri

Sebagai orang tua, Anda tentunya harus memberikan contoh secara nyata tentang pentingnya jujur dalam bertindak.Pasalnya, seorang anak akan cenderung mengikuti sifat dari orang tuanya.

Oleh sebab itu, sebaiknya para orang tua mulai saat ini sebisa mungkin menghindari kebohongan, terutama kepada anak. Para orang tua harus mampu menjadi panutan yang baik untuk anak, agar sifat jujur tersebut bisa diikuti oleh anak.

2. Berikan Pemahaman Tentang Kejujuran

Secara umum, anak alam cenderung menggunakan imajinasinya saat bercerita. Disinilah peran para orang tua sangat diperlukan, sebab para orang tua harus memberikan pemahaman mengenai kejujuran dan membiasakannya sejak dini untuk jujur dalam segala hal.

3. Hargai Kejujuran Anak

Sebagai orang tua, tak jarang Anda sering kali terlalu cepat memarahi anak. Bahkan, terkadang para orang tua juga tidak segera mengapresiasi anak atas perilaku baik yang telah mereka tunjukkan.

Padahal, memuji anak terutama ketika berbuat jujur dapat mendorong mereka untuk terus berbuat jujur ke depannya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menghadiahi kejujuran anak dengan pujian dan pelukan. Hal ini akan membangun kepercayaan diri sekaligus memperkuat perilaku positif mereka.

4. Terapkan Konsekuensi

Sebagai orang tua, tentu akan ada saat di mana anak Anda berbohong dan Anda bisa menangkap kebohongan mereka dengan jelas.

Ketika hal itu terjadi, penting untuk mengatakan kepada anak bahwa ada konsekuensi atas kebohongan yang telah mereka lakukan. Disiplin yang tepat harus dijalankan dan ditindaklanjuti dengan segera. Usahakan untuk konsisten menerapkan konsekuensi supaya anak Anda jera untuk kembali berbohong.

5. Bimbing Anak Memperbaiki Kesalahan

Menangkap anak Anda yang sedang berbohong atau tidak jujur adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menanamkan kembali nilai-nilai kejujuran pada mereka.

Ketika anak ketahuan berbohong, bantu mereka untuk memperbaiki kesalahannya. Alih-alih hanya memarahi, membantu anak untuk memperbaiki kesalahannya dapat memudahkan mereka untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya.

6. Awasi Pergaulan Anak

Jika teman anak Anda suka berbohong, kemungkinan besar anak Anda pun akan ikut melakukannya. Sebaliknya, jika teman-teman anak Anda sopan dan jujur, anak Anda pun akan menjadi sosok yang jauh lebih baik lagi.

Oleh sebab itu, awasi pergaulan anak Anda dan minta mereka untuk menjauhi orang-orang yang hanya akan membawa dampak buruk bagi mereka.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara mendidik perilaku jujur pada anak. Semoga cara-cara di atas bisa dijadikan referensi bagi para orang tua untuk mendidik perilaku jujur kepada anak.

Tag : #jujur    #anak    #pendidikan    #berbohong    #kejujuran   

Baca Juga