Ilustrasi Dakr Web dan Deep Web (Foto: unsw news room via eraspace.com)

Mengenal Apa Itu Deep Web dan Dark Web

Patrick | Teknologi | 01-09-2022

PARBOABOA - Internet bisa kita gambarkan sebagai salah satu contoh fenomena alam gunung es. Penampakan gunung es yang letaknya diatas permukaan air hanyalah sebagian kecil dari Internet yang kita gunakan dan kunjungi. Sedangkan di sisi lainnya, terdapat banyak fenomena yang lebih besar dan malah tidak terlihat.

Dark Web dan Deep Web adalah bagian dari sisi lain gunung es yang tidak kita ketahui. Tidak seperti internet yang kita gunakan sehari-hari untuk mencari sesuatu lewat Google, mengakses sosial media, dan belanja online dan lainnya bisa disebut dengan visible web.

Visible Web adalah situs web yang sudah terindeks. Saat ini sudah banyak sekali visible web yang bisa kita temukan di Internet, bahkan bisa mencapai miliaran web terindeks.

Dari jumlah miliaran tersebut, ternyata itu hanyalah sebagian kecil dari Internet, karena didalamnya masih ada Dark Web dan Deep Web yang lebih banyak dan malah tidak terindeks.

Apa itu Deep Web

Deep Web adalah salah satu bagian dari internet yang tidak dapat diindeks oleh mesin pencari. Secara umum web ini menggambarkan semua halaman web, forum dan toko online tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh mesin pencari.

Sistem dari web ini menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS. Sementara kontennya berisikan tentang sejumlah peristiwa yang tidak pernah tersentuh oleh media-media besar, seperti perdagangan ilegal, tips dan trik hacking, hingga video-video aneh dan menyeramkan.

Lapisan kedua internet merupakan sebutan dari apa itu Deep web, memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7500 TB.

Istilah Deep Web pertama kali dipopulerkan oleh Mike Bergman, pendiri BrightPlanet. Sejak 2001, web ini dikenal memiliki  konten dan informasi yang jumlahnya  jauh lebih banyak dari web biasa.

Diperkirakan jumlah konten yang terdapat pada web ini 96 % dari total keseluruhan konten internet. Jumlah ini merupakan jumlah yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan semua konten yang biasanya kita akses di web biasa.

Apa itu Dark Web

Dark web adalah sebuah bagian internet yang tidak bisa diakses oleh sembarangan orang. Dunia bawah internet adalah sebutan lain dari apa itu dark web.

Salah satu dark web di internet yang menyimpan misteri besar dan belum terpecahkan di hingga kini adalah keberadaan Mariana's Web.

Situs web yang termasuk dalam lapisan ini hanya dapat diakses melalui Jaringan Pribadi atau (Virtual Private Network/VPN). Kunjungan ke berbagai situss web ini biasanya dienkripsi dan penggunaan VPN memungkinkan identitas pribadi disembunyikan.

Data curian dari jaringan milik perusahaan, informasi pribadi pelanggan, rekam kesehatan, dan lain sebagainya adalah beberapa tipe data yang umum dijual di dark web demi mendapat keuntungan. Hal ini membuat beberapa orang yang mengetahuinya mengatakan dark web mengerikan.

Banyak situs dan forum di dark web hanya memberikan akses kepada sekelompok pengguna yang dipilih secara ketat. Biasanya pengguna diharuskan untuk menyelesaikan beberapa tugas dari administrator atu dalam beberapa kasus harus pernah melakukan kejahatan.

Meski mengakses dark web bukanlah tindakan ilegal, namun melakukan aktivitas ilegal di dalamnya dapat memiliki implikasi hukum. Pun dark web bisa menjadi tempat berkumpulnya para peretas dan penjahat dunia maya sehingga berisiko membahayakan pengguna.

Berikut beberapa bahaya dark web yang perlu kamu ketahui

1. Mudah melakukan tindakan kriminal

Anonimitas dan kebebasan yang diberikan dark web memberikan jalan bagi penggunanya untuk melakukan tindakan kriminal. Misalnya menjual produk-produk ilegal seperti obat-obatan terlarang, zat berbahaya, senjata api, pornografi dan aktivitas judi, dan lain sebagainya.

2. Terpapar paham dan Ideologi Sesat

Dark web menyediakan ruang untuk berdiskusi tentang ide dan pandangan, mulai dari penyebaran ideologi ekstrim, radikalisme, hingga terorisme. Konten ekstrim yang memunculkan perilaku sadis dan berbahaya, seperti pembunuhan dan bunuh diri dapat memengaruhi penggunanya.

3. Risiko Pelecehan Seksual

Dark web adalah rumah bagi situs web yang berisikan konten pelecehan seksualm misalnya gambar, video serta forum. Para pemilik kelainan seks seperti pedofil sering mengunjungi situs ini dan membahas isu seksual anak hingga cara-cara penyalahgunaannya.

4. Infeksi Malware

Web ini tempat berkumpulnya para peretas dan penjahat dunia maya. Mereka membuat penjelajahan di dalamnya menjadi aktivitas yang berisiko. Pengunjung dark web harus sangat berhati-hati saat mengunduh file karena mereka dapat menginveksi perangkat dengan virus, malware, trojan, ransomware, atau file berbahaya lainnya.  

Tag : #dark web    #deep web    #teknologi    #web    #visible web    #bahaya dark web   

Baca Juga