Ilustrasi kegiatan mahasiswa jurusan jurnalistik (Dok: umn.ac.id)

Mengenal Jurusan Jurnalistik, Mata Kuliah, Prospek Kerja, Hingga Universitas Terbaik

Dimas | Pendidikan | 21-06-2022

PARBOABOA – Jurusan Jurnalistik kini mulai banyak digemari dan sering dijadikan pilihan utama oleh para calon mahasiswa. Pasalnya, media massa saat ini sangat populer dikalangan masyarakat, terutama di masa pandemi COVID-19.

Jurusan jurnalistik sendiri adalah sebuah jurusan yang memperlajari tentang kegiatan mencari, mengolah, dan menyebarluaskan suatu informasi atau berita kepada masyarakat umum. Informasi yang sudah dicari dan disusun tersebut, kemudian dipublikasikan melalui media massa.

Melalui jurusan atau program studi ini, calon mahasiswa akan memahami bagaimana proses mencari bahan berita. Kemudian para calon mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana menulis dan menyunting berita yang menarik dan mudah dipahami, serta menyampaikan informasi sesuai fakta di lapangan.

Mata Kuliah Jurusan Jurnalistik

Ketika masuk pada jurusan ini, calon mahasiswa nantinya akan disuguhi dengan beberapa mata kuliah seputar jurnalistik. Adapaun mata kuliah tersebut, yaitu:

  • Bahasa jurnalistik
  • Pengantar ilmu komunikasi
  • Dasar-dasar jurnalistik
  • Psikologi komunikasi
  • Penulisan berita
  • Penulisan feature
  • Jurnalistik online

Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik

Para calon mahasiswa tentu masih banyak yang ragu untuk memilih jurusan ini. Banyak pertimbangan yang harus difikirkan dengan matang, salah satunya prospek lulusan jurusan jurnalistik.

Namun, para mahasiswa tidak perlu ragu memilih jurusan yang satu ini. Pasalnya, jurusan jurnalistik memiliki banyak prospek kerja, di antaranya:

1. Public Relation

Lulusan dari jurusan jurnalistik bisa menekuni profesi sebagai PR atau Public Relation. Tugas utama dari PR adalah menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan pihak eksternal perusahaan.

Hampir semua perusahaan diketahu memiliki PR, oleh sebab itu kesempatan menjadi PR sangat tinggi.

2. Web Content Editor

Saat ini banyak perusahaan dan lembaga membuka lowongan Web Content Editor. Yakni bertugas untuk mengedit dan bahkan menulis artikel dan informasi apapun di website perusahaan dan lembaga.

Lembaga pemerintahan baik itu di tingkat kelurahan sampai di tingkat departemen biasnya mendirikan website lembaga yang dikenal juga dengan istilah website corporate. Sehingga, hal itu dapat membuka lowongan untuk diisi para jurusan jurnalistik.

3. Corporate Journalist

Perusahaan di masa sekarang juga berupaya untuk mendirikan website khusus berita atau media berita yang dibuat terpisah dengan website utama. Pembuatan website berita ini sendiri bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran dan juga branding.

Sehingga membutuhkan corporate journalist yang umumnya diisi oleh lulusan dari jurusan jurnalistik. Adapun tugas dari profesi ini adalah mengelola website berita dengan cara mencari, menulis, dan mempublikasikan berita yang sesuai dengan produk dan jasa dari perusahaan.

4. Penulis Profesional

Selama masa perkuliahan, mahasiswa jurnalistik akan sangat akrab dengan kegiatan menulis sehingga punya kemampuan yang baik dalam hal ini. Setelah lulus, selain bisa menjadi wartawan dan pembawa berita, Anda juga bisa menjadi penulis profesional.

5. Trainer di Bidang Jurnalistik

Menekuni profesi di bidang jurnalistik pastinya akan membuatn Anda paham seluk beluk dunia jurnalis. Sehingga, hal ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi trainer atau pembicara di acara seminar maupun di acara motivasi.

6. Mendirikan Media

Jika Anda memiliki jiwa pebisnis atau pengusaha, maka setelah lulus Anda bisa mendirikan perusahaan media sendiri. Baik itu media cetak, media elektronik, maupun media digital.

Anda tentunya punya bekal ilmu yang cukup untuk mengelola sebuah perusahaan berita. Sehingga, hal itu bisa dijadikan modal untuk membuka sebuah media berita.

Universitas dengan Jurusan Jurnalistik Terbaik di Indonesia

Bagaimana, Anda sudah mulai tertarik dengan jurusan jurnalistik? Jika sudah, berikut ini Parboaboa akan berikan daftar universitas yang memiliki jurusan jurnalistik terbaik di Indonesia. Di antaranya:

  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Padjajaran (Unpad)
  • Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Universitas Esa Unggul

Nah, demikianlah seputar informasi mengenai jurusan jurnalistik yang bisa Parboaboa sajikan. Semoga informasi ini bisa Anda jadikan bahan referensi sebelum memilih jurusan jurnalistik.

Tag : #jurusan kuliah    #jurusan jurnalistik    #pendidikan    #universitas terbaik   

Baca Juga