Desa Reine di Kepulauan Lofoten, Norwegia (SHUTTERSTOCK/By IM_photo)

Mengenal Kehidupan dan Seberapa Mahal Biaya Hidup di Norwegia?

Michael | Internasional | 17-05-2022

PARBOABOA – Norwegia merupakan salah satu negara yang paling indah di dunia. Negara ini terletak di bagian utara Benua Eropa. Negara Skandinavia ini juga dikenal sebagai salah satu negara termahal di dunia, benarkah demikian? Jika kamu tertarik untuk mengetahui tentang kehidupan dan biaya hidup di Norwegia, simak informasinya berikut ini.

Setiap negara tentu memiliki budaya dan gaya hidup yang berbeda-beda. Bagaimana dengan kehidupan di Norwegia? Ada banyak hal yang menarik tentang Norwegia, diantaranya yaitu:

Memiliki Pemandangan yang Indah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Norwegia memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Jika kamu pergi ke Norwegia, kamu akan menemukan pemandangan gunung, gletser, air terjun, bukit-bukit hijau, fjord, dan kamu akan takjub dengan pemandangan tersebut.

Aktivitas outdoor menjadi bagian dasar dari budaya Norwegia. Orang-orang Norwegia banyak menghabiskan waktu di pegunungan saat musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Di musim panas mereka suka mendaki dari pondok ke pondok, dan di musim dingin mereka suka bermain ski.

Namun, kehidupan di Norwegia tidak terbatas pada pegunungan saja, mereka juga memiliki kabin di pedalaman dan di sepanjang fjord dan garis pantai. Pemandangan indah ini bisa kamu temukan di kota Oslo yang menjadi ibukota Norwegia dan kota-kota lain di sana. Bagi para petualang, menjelajahi negara ini bisa menjadi penglaman yang tak terlupakan.

Banyak Orang yang Menggunakan Bahasa Inggris

Bahasa resmi negara Norwegia adalah Bahasa Bokmal Norwegian dan Nynorsk Norwegian. Meskipun dua Bahasa tersebut menjadi bahasa resmi di Norwegia, namun penduduk disana yang bisa berbicara dengan bahasa Inggris, terutama mahasiswa dan pekerja.

Bisa Camping Dimana Saja

Bagi kamu yang suka wisata alam, di Norwegia kamu bisa berkemah di mana saja. Hal ini tentu sangat menyenangkan bukan? Ini dikarenakan Norwegia memiliki Undang-Undang ‘Allemannsrett”. Undang-Undang ini memberikan hak untuk mendirikan tenda dimana saja di Norwegia, kecuali property pribadi atau taman nasional.

Bisa Bermain Ski Sepuasnya

Keberadaan Norwegia yang dekat dengan kutub utara menjadikan negara ini banyak memiliki salju. Di negara ini, para penggemar ski akan dimanjakan karena mereka bisa bermain ski selama 6 bulan dalam setahun. Itu sebabnya, olahraga ski menjadi identic dengan Norwegia. Ada banyak arena ski yang tersedia di Norwegia, bahkan beberapa ada yang buka hingga di malam hari.

Norwegia Memiliki Skor Tinggi untuk Kebahagian dan Kesejahteraan

Menurut OECD Better Life Index yang menilai tentang kebahagian dan kesejahteraan berbagai negara, orang-orang Norwegia memiliki skor yang tinggi. Orang Norwegia memberikan peringkat 7,5 dari skor 0 hingga 10 ketika mereka diminta untuk mengekspresikan kepuasan hidup mereka.

Gaya Hidup Norwegia Seimbang Antara Waktu yang Dihabiskan Untuk Studi dan Bekerja dan Berlibur

Walaupun orang Norwegia belajar dan bekerja keras sepanjang minggu dan tahun , tetapi mereka juga pandai istirahat dan relaksasi. Rata-rata mereka bekerja lima hari dalam seminggu dan tujuh setengah jam per hari. Rata-rata orang Norwegia mengambil libur akhir pekan. Mereka juga memiliki liburan dibayar lima minggu per tahun. Orang Norwegia juga menjadi orang yang suka bertualang yang suka bepergian.

Biaya Hidup di Norwegia

Setelah mengetahui bagaimana kehidupan di Norwegia tentu kamu juga ingin tahu kan berapa biaya hidup di Norwegia? Mengetahui biaya hidup di Norwegia dan pengeluaran memang diperlukan terutama untuk kamu yang ingin berkunjung ke Norwegia ataupun ingin tinggal di negara tersebut. Berikut ini rincian pengeluaran dan biaya hidup di Norwegia:

Biaya Tempat Tinggal

  • Sewa apartemen satu kamar tidur di kota, NOK 12.500 (Rp18.732.721)
  • Sewa apartemen satu kamar tidur di luar kota, NOK 9.800 (Rp14.686.453) 
  • Sewa apartemen tiga kamar tidur di kota, NOK 20.600 (Rp30.871.525)
  • Sewa apartemen tiga kamar tidur di luar kota, NOK 15.800 (Rp23.678.160)

Biaya Belanja

  • Beras (1kg), NOK 25 (Rp37.465)
  • Telur (selusin), NOK 38 (Rp56.947)
  • Sepotong roti putih, NOK 29 (Rp43.459)
  • Susu (1 liter), NOK 19 (Rp28.473)
  • Dada ayam (1kg), NOK 124 (Rp185.828)

Biaya Makan di Luar

  • Makan Big Mac, NOK 110 (Rp164.847)
  • Cappuccino, NOK 42 (Rp62.941)
  • Coke / Pepsi (330 ml), NOK 29 (Rp43.459)
  • Bir lokal (500ml), NOK 87 (Rp130.379)

Biaya Transportasi

  • Tarif taksi (per kilometer), NOK 14 (Rp20.980)
  • Tarif bus / kereta api di pusat kota, NOK 36 (Rp53.950)
  • Bensin (per liter), NOK 16 (Rp23.977)

Nah, itulah sedikit gambaran kehidupan dan biaya hidup di Norwegia yang bisa menjadi refrensi kamu jika ingin berlibur atau tinggal di negara Skandinavia tersebut.
 

Tag : #norwegia    #biaya hidup    #internasional    #mahal    #skandinavia   

Baca Juga