Ilustrasi eror

Mengenal Kode Eror 0x0 0x0 Lengkap dengan Cara Memperbaikinya

Sondang | Teknologi | 04-03-2022

PARBOABOA, Siantar - Di zaman yang serba ada ini, hampir semua orang pasti sudah sering bersentuhan dengan internet. Apalagi dengan tuntutan pekerjaan atau tugas sekolah yang kini mulai beralih menggunakan koneksi internet.

Meskipun terbilang sebagai teknologi canggih di dunia, tidak banyak yang mengetahui bahwa internet juga memiliki berbagai kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut umumnya berbentuk kesalahan program atau error yang dibuat oleh internet, entah itu dikarenakan koneksi jaringan hingga website yang diakses mengalami gangguan.

Salah satu kode eror pada komputer yang sering terjadi adalah kode 0x0 0x0? Apakah penyebab terjadinya kode eror tersebut? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut hingga tuntas.

Apa itu kode eror 0x0 0x0?

0x0 0x0 merupakan kode eror pada sistem komputer yang terjadi pada Windows 7 dan 10. Kode ini dapat memanifestasikan dirinya di berbagai lokasi berbeda di seluruh sistem. Hal ini membuat pengguna yang tanpa pengalaman teknis khusus kesulitan untuk memperbaikinya.

Penyebab kode eror 0x0 0x0

Seperti peribahasa “ada asap berarti ada api”. Begitu juga dengan kode eror 0x0 0x0, setidaknya ada 8 alasan yang menyebabkan kode eror 0x0 0x0 bisa terjadi, yakni:

- Pengaturan sistem yang salah

- Entri salah atau tidak teratur dalam file registri windows

- Pemasangan atau penghapusan instalasi perangkat lunak atau program apa pun yang salah atau gagal

- Serangan virus atau malware

- Driver grafis yang rusak/usang

- Versi os windows yang kedaluwarsa

- Lebih sedikit ruang penyimpanan yang tersedia

- Aplikasi membutuhkan pemindaian dan perbaikan

Cara mengatasi kode eror 0x0 0x0

Jika mendapat kode ini, sebagian orang tentu akan merasa cemas dan berakhir dengan mengunjungi reparasi komputrer. Padahal sebenarnya, hal ini bisa saja dilakukan secara mandiri di rumah saja. Namun harus dengan langkah-langkah yang benar.

1. Menutup program yang bertentangan

Kode eror 0x0 0x0 dapat terjadi ketika dua atau lebih program atau perangkat lunak yang sedang berjalan saling mengganggu. Dalam kasus seperti itu, solusinya adalah dengan menghentikan program yang menyebabkan konflik ini.

Caranya, tekan Ctrl-Alt-Del dan daftar semua aplikasi yang berjalan akan ditampilkan di layar Task Manager. Kemudian hentikan aplikasi satu per satu dengan klik opsi End Process.

Jika setelah menutup aplikasi tertentu masalah berhenti dan kesalahan popup tidak muncul, maka kamu dapat menghapus aplikasi itu untuk menyelesaikan masalah.

2. Rutin membersihkan disk

Lanjut, kode eror 0x0 0x0 juga dapat diperbaiki dengan menjalankan pembersihan disk. Jika kesalahan itu karena kekurangan ruang kosong, maka menjalankan pembersihan disk adalah solusinya.

Namun sebelum menjalankan pembersihan disk, buatlah terlebih dahulu cadangan untuk semua data. Caranya, buka jendela penjelajah. Kemudian klik kanan pada direktori utama dan klik Properties. Lalu cari Disk Cleanup dan lakukan pembersihan disk.

3. Perbarui/instal ulang driver grafis

Kode kesalahan 0x0 juga dapat terjadi karena driver grafis yang rusak atau kedaluwarsa. Dimana kamu harus menghapus dan menginstal ulang driver grafis untuk memperbaiki masalah dalam waktu singkat.

Kamu dapat menggunakan perangkat lunak khusus dari produsen GPU seperti perangkat lunak driver khusus AMD atau NVIDIA untuk menginstal driver grafis. Atau dengan menemukan driver grafis di Device Manager dimana kamu dapat menghapus dan menginstal ulang driver.

4. Gunakan opsi pemindaian dan perbaikan bawaan

Jika kamu menemukan kesalahan 0x0 saat menjalankan aplikasi, maka kamu juga akan melihat tombol "Pindai dan Perbaiki". Cukup klik diatasnya dan biarkan aplikasi melakukan fungsi Pindai dan Perbaikan bawaan. Fungsi pemindaian dan perbaikan bawaan ini akan memperbaiki masalah secara otomatis hampir sepanjang waktu.

5. Lakukan pemindaian sistem dengan program antivirus

Error 0x0 0x0 juga bisa terjadi karena virus atau malware yang menyerang PC kamu. Dalam kasus seperti itu, kamu harus memperbarui program antivirus atau menginstal aplikasi andal yang dapat menemukan dan menyingkirkan virus.

6. Gunakan alat microsoft Fix-It

Microsoft memiliki alat yang disebut Fix-It berfungsi untuk memperbaiki masalah umum PC kamu. Alat ini dikenal mampu memperbaiki lebih dari 100 masalah berbeda termasuk kode eror 0x0 0x0.

Caranya, kamu hanya perlu mengunduh perangkat lunak dan menjalankannya. Jika kesalahan 0x0 0x0 disebabkan oleh masalah umum, maka alat Microsoft Fix-It akan dapat memperbaikinya.

7. Memperbarui windows

Alasan lain mengapa kamu menghadapi masalah ini adalah karena menjalankan Windows versi lama yang tidak kompatibel dengan program dan aplikasi terbaru. Maka dari itu, kamu perlu memperbarui Windows ke versi terbaru untuk menghindari masalah kode eror 0x0 0x0.

8. Mengganti RAM PC

Jika tidak ada perbaikan terkait perangkat lunak yang berfungsi untuk Anda, maka mungkin masalahnya mungkin karena perangkat keras yang rusak dan sebagian besar perangkat keras yang rusak itu adalah RAM.

Anda dapat mengetahui apakah masalahnya terkait dengan RAM atau tidak hanya dengan mengganti stik RAM lama Anda dengan yang baru. Jika masalah teratasi dengan mengganti stik RAM, ketahuilah bahwa masalahnya adalah karena stik RAM rusak yang Anda miliki di motherboard Anda.

Itulah seputar informasi mengenai kode eror 0x0 0x0 lengkap dengan cara memperbaikinya. Semoga membantu.

Tag : #0x0 0x0    #kode eror    #malware    #virus    #windows    #komputer    #disk    #fix it    #ram pc    #amd    #nvidia    #teknologiatau NVIDIA   

Baca Juga