Love Language Act of Service (foto: beautynesia.id)

Mengenal Love Language Act Of Service, Si Pemberi Tindakan Manis

Regina | Pendidikan | 16-08-2022

PARBOABOA -  Saat berhadapan dengan orang lain pastinya akan berbeda, dibanding bersikap dengan orang yang kita sayang. Perlakuan spesial tersebut menjadi salah satu bukti nyata tentang adanya rasa peduli yang berlebih pada orang yang kita sayang.

Ekspresi cinta yang ditunjukkan tersebut kerap dikenal dengan love language atau bahasa cinta. Sebutan ini mulai muncul dan menjadi trend beberapa waktu belakangan.

Dengan adanya bahasa cinta tersebut, orang-orang jadi lebih mengetahui bagaiamana ia bersikap terhadap orang yang ia cintai. Love language mempunyai 5 tipe seperti word of affirmation, receiving gifts, act of service, physical touch dan quality time.

Di antara kelima bahasa cinta tersebut, kebanyakan orang menjadikan act of service sebagai love language yang paling sering digunakan untuk orang tersayang. Sudah mengetahui tipe yang satu ini sebelumnya? Mari kita bahas.

Pengertian Act Of Service

Love language act of service adalah salah satu rasa peduli terhadap pasangannya, dengan memberikan tindakan melayani untuk mengurangi beban dari pasangannya. Sikap ini dilakukan untuk membuat pasangan merasa percaya dan merasa dicintai.

Menurut pemilik love language yang satu ini, akan lebih baik rasanya jikalau bertindak langsung untuk menunjukkan rasa sayang dibanding mengucapkan kata-kata manis seperti “i love you”.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Act Of Service

Bagi pemilik love language act of service, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam  bersikap, seperti berikut:

1. Berfokus Pada Hal-Hal Yang Berarti Bagi Pasangan

Pasangan belum tentu bisa mengetahui apa yang kamu inginkan. Untuk mendapatkan  hubungan yang baik dan harmonis, komunikasi menjadi salah satu hal penting dan kunci utama untuk tetap langgeng.

Maka dari itu, ada baiknya untuk tetap saling membuka cerita dari pada menunggu pasangan untuk menebak keinginan kamu. Jelaskan secara detail dan spesifik apa yang kamu harapkan dan rasakan untuk mempunyai hubungan yang saling terbuka bersama pasangan.

2. Menciptakan Rasa Nyaman dengan Pasangan

Agar hubungan tetap langgeng dan harmonis, ada baiknya kamu dan pasanganmu mempunyai rasa saling nyaman satu sama lain. Hal itu berguna untuk mengurangi rasa canggung dan membuka komunikasi yang lebih gampang.

Tak hanya itu, kamu bisa dengan lebih mudah untuk memahami kondisi dalam hubungan satu sama lain, dan saling mencoba untuk lebih baik lagi.

3. Saling Menghargai

Pemilik love language act of service akan berusaha untuk membuat pasangannya senang. Ia akan menghargai setiap hal-hal kecil yang yang dilakukan kekasihnya. Tak perlu melakukan hal yang besar untuk menunjukkan rasa sayang terhadap pasangan.

Dengan menghargai satu sama lain, akan sangat membantu hubungan untuk bertahan lebih lama. Hal simple  yang bisa kamu lakukan adalah mengucapkan terimakasih dan memberikan perhatian lebih kepada pasangan.

Contoh Perilaku Act Of Service

Seperti yang diketahui sebelumnya, act of service berupa pemberian tindakan manis yang dilakukan untuk kekasih, sebagai tanda bahwa ia memiliki rasa sayang dan peduli. Apapun  yang dilakukan bertujuan untuk membuat pasanganny senang.

Berikut beberapa contoh dari bahasa cinta act of service:

• Membawakan belanjaan

• Memenuhi keinginan pasangan untuk jalan-jalan

• Memutar lagu favorit pasangan ketika bersama

• Merawat pasangan ketika sakit

• Membantu memakai sepatu

• Memijat pasangan ketika lelah

• Membukakan pintu

• Memasak makanan favorit

• Mendengarkan keluhan

• Menghargai dan mengapresiasi hal yang dilakukan pasangan

• Mengantarkan pasangan

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang love language act of service. Perhatikan hal penting tentang bahasa cinta yang satu ini dan lakukan hal tersebut dengan baik dan sabar. Semoga hubungan asmara kamu lancar dan langgeng ya.

Tag : #act of service    #love language    #pendidikan    #hubungan asmara    #kekasih   

Baca Juga