Simpul Pramuka (Dok Pramuka)

Mengenal Macam Simpul Pramuka Lengkap dengan Fungsinya

Sarah | Pendidikan | 06-08-2022

PARBOABOA - Setiap anggota pramuka pasti sudah tidak asing dengan istilah tali temali. Istilah ini merupakan salah satu seni menyambungkan tali dengan menggunakan simpul untuk membentuk suatu alat atau benda. Seperti tandu, tiang bendera, dan lain sebagainya.

Salah satu kegiatan wajib bagi anggota pramuka adalah berkemah. Di mana dalam kegiatan tersebut setiap anggota harus memiliki keahlian memasang tenda.

Dalam pemasangan tenda sendiri, dibutuhkan beberapa kemampuan dan pengetahuan mengenai teknik tali temali atau disebut juga simpul pramuka, untuk mengikat antara tiang satu dengan tiang yang lainnya.

Lantas, apa saja simpul pramuka yang wajib kamu ketahui. Simak ulasannya di bawah ini!

Macam Simpul Pramuka

- Simpul hidup

Simpu hidup artinya simpul yang mudah lepas. Simpul ini berfungsi untuk mengikat suatu benda dengan kuat, namun ikatan tidak akan susah untuk dilepas kembali. Simpul ini biasanya digunakan untuk mengikat tiang, benda, atau hewan.

- Simpul mati

Simpul mati adalah simpul yang sulit untuk dilepas kembali. Simpul ini berfungsi untuk menyambung dua utas tali yang sama besarnya dan tidak licin. Simpul mati pramuka ini sulit dilepaskan kembali karena digunakan untuk mengakhiri simpul tali.

- Simpul jangkar

Simpul jangkar atau cow hitch sering digunakan untuk menautkan tali pada benda lain secara cepat. Simpul ini biasanya berguna untuk membuat tandu darurat atau mengikat timba.

- Simpul anyam

Simpul ayam adalah simpul yang berguna untuk menyambungkan garis dengan diameter atau kekakuan yang berbeda. Simpul ini digunakan untuk menyambungkan dua utas tali yang tidak sama besar dan dalam keadaan kering.

Simpul anyam dapat dengan cepat dan mudah untuk diikat, dan dianggap sangat penting karena ini adalah simpul dasar dalam Pramuka.

- Simpul pangkal

Simpul pangkal adalah simpul yang berguna untuk mengikat tali pada tongkat atau tiang kayu.

Dalam kehidupan sehari-hari, simpul ini dapat digunakan untuk mengikat tali pada kayu ataupun tongkat. Simpul ini sering dianggap sebagai salah satu macam simpul yang paling penting.

- Simpul rantai

Simpul rantai adalah simpul yang berguna untuk memendekkan serta memperkuat tali.

Simpul rantai atau yang sering disebut dengan simpul yang tak beraturan ini menggunakan tali sebagai tali garapan dan sebagai tali pasangan yang digunakan secara bergantian.

- Simpul tarik

Simpul tarik adalah simpul yang akan menghasilkan loop tali yang dapat diperbesar atau dikecilkan lagi.

Dalam kehidupan sehari-hari, simpul ini biasanya digunakan untuk turun ke jurang, atau turun dari atas pohon.

Selain itu, simpul tarik juga biasa digunakan untuk pengikatkan tali pengikat binatang pada tiang/pohon dan mudah dilepaskan kembali.

- Simpul delapan

Simpul delapan biasa dibilang sebagai simpul pengunci karena sulit sekali untuk dibuka, apalagi dengan tali yang tepat. Simpul ini sangat penting dalam memanjat tebing sebagai metode menghentikan tali dari kehabisan perangkat penahan.

Selain itu, simpul ini juga berfungsi untuk mengikat tali, mengamankan penyelamat, tandu, pelat jangkar, jangkar, atau peralatan ke ujung tali.

- Simpul nelayan

Simpul nelayan berguna untuk membentuk tali sling berkekuatan tinggi atau bulat untuk menghubungkan bagian-bagian dari sistem perlindungan pemanjat.

- Simpul tiang

Simpul tiang atau bowline adalah simpul sederhana yang digunakan untuk membentuk loop tetap di ujung tali. Simpul ini memiliki kelebihan karena mudah diikat dan dilepas, terutama untuk melepaskan ikatan setelah mengalami beban.

- Simpul persegi

Simpul persegi atau simpul karang adalah macam simpul sederhana yang digunakan untuk mengamankan tali atau garis di sekitar objek.

Nah, itulah beberapa macam simpul pramuka atau seni tali temali yang perlu kamu ketahui. Dari beberapa simpul di atas, kamu sudah mengusai simpul yang mana nih?

Tag : #pramuka    #simpul    #pendidikan    #tali temali   

Baca Juga