Ilustrasi

Mengenal Makna Meta, Perusahaan Induk Baru Facebook

Wanovy | Teknologi | 05-11-2021

Mark Zuckerberg resmi memperkenalkan Meta sebagai nama baru Facebook, induk perusahaan yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger.

"Kami punya bintang utara baru: untuk menghidupkan metaverse. Sekarang, saatnya untuk membangun bab berikutnya," kata Zuckerberg sebagaimana dilansir Deseret News, Jumat (29/10/2021).

Situs web baru perusahaan, Meta.com, saat ini dialihkan ke halaman di situs web Facebook, yang menjelaskan arah baru perusahaan.

"Koneksi berkembang dan begitu juga kami. Metaverse adalah evolusi berikutnya dari koneksi sosial. Visi perusahaan kami adalah membantu menghidupkan metaverse, jadi kami mengubah nama kami untuk mencerminkan komitmen kami terhadap masa depan ini," tulis situs web tersebut.

Dalam bahasa Yunani, kata “Meta” berarti “setelah” atau “melampaui”. Terkait metaverse, kata ini awalnya digunakan dalam buku fiksi ilmiah Neal Stephenson Snow Crash 1992, di mana manusia berinteraksi dengan perangkat lunak dalam lingkungan virtual tiga dimensi.

Baru-baru ini, metaverse telah dirujuk sehubungan dengan novel Ernest Cline Ready Player One, dan film berikutnya.

Dalam mengusulkan idenya tentang metaverse pada Juli 2021, Mark Zuckerberg menyoroti sejumlah kemampuan yang dapat dimilikinya, yakni ruang yang persisten, sinkron, mencakup dunia digital dan fisik, menawarkan interoperabilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya, serta berisi ekonomi yang berfungsi penuh.

Pergantian nama ini juga diikuti dengan perubahan logo. Facebook Inc yang semula memiliki logo "Like" kini berganti menjadi Meta dengan logo yang menyerupai simbol "infinity", yang berarti “tidak terbatas”.

Simbol "infinity" ini sebenarnya sudah banyak diadopsi untuk dijadikan logo perusahaan. Lantas apa yang istimewa dari logo baru Meta ini?

Dalam sebuah unggahan di laman resmi, perusahaan menjelaskan lebih detail soal keistimewaan logo Meta yang menyerupai simbol "infinity" itu. Namun, sebelum itu, untuk memahami makna logo Meta, perlu diketahui arti dari nama baru perusahaan itu terlebih dahulu.

Perusahaan menjelaskan, "Meta" dipilih sebagai nama baru Facebook Inc karena kata ini bisa berarti "beyond" atau "melampaui", sejalan dengan visi Facebook untuk membangun "Metaverse".

Meta akan membawahi semua produk perusahaan Facebook, termasuk Facebook sendiri, Instagram, Messenger dan WhatsApp, serta setiap upaya baru yang dikembangkan oleh perusahaan.

Langkah ini sama ketika Google menata ulang semua produk Google dengan nama Alphabet (induk perusahaan Google Cs).

Tag : teknologi, facebook, meta, logo

Berita Terkait