Ruam kemerahan pada penderita campak (dok Istimewa)

Mengenal Penyakit Campak dan Cara Pengobatannya

Rini | Kesehatan | 11-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Campak merupakan penyakit yang timbul karena infeksi virus dan umumnya menginfeksi anak-anak. Penyakit ini terjadi karena infeksi dari virus rubeola dari keluarga paramyxovirus di sistem pernapasan, yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Campak ini termasuk dalam penyakit yang sangat menular, baik melalui sentuhan langsung dengan penderita, kemudian terkena percikan air liur penderita saat batuk atau bersin, ataupun menular dari udara. Penyakit ini harus diwaspadai, karena menurut data dari WHO campak termasuk dalam penyumbang tertinggi kasus meninggalnya anak-anak di dunia.

Gejala Campak

Campak ini dapat dikenali dengan mudah melalui gejala-gejala yang muncul pada penderita, seperti:

- Demam tinggi

- Batuk kering

- Pilek dan bersin-bersin

- Sakit tenggorokan

- Mata meradang (konjungtivitis)

- Munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh.

Pengobatan Campak

Campak memang dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun untuk membantu meredakan gejala, penderita bisa banyak minum air putih, minum obat pereda nyeri dan mengkonsumsi A.

Namun perlu diwaspadai, campak juga dapat menyebabkan komplikasi yang dapat berakibat fatal bagi penderitanya seperti bronkitis, infeksi paru-paru (pneumonia), radang pada telinga, dan infeksi otak.

Pencegahan Campak

Demi mencegah penularan campak, saat ini sudah ada program vaksinasi campak yang diberikan pada anak saat imunisasi. Vaksin campak terbuat dari virus campak yang dilemahkan. Sehingga setelah disuntikkan, vaksin ini akan memproduksi antibodi yang berguba melawan virus tersebut jika sewaktu-waktu menyerang.

Itu dia pembahasan lengkap menganai penyakit campak. Sebaiknya hindari kontak langsung dengan penderita agar tidak terjadi penularan.

Tag : #gaya hidup sehat    #campak    #kesehatan   

Baca Juga