Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) Erick Thohir

Menteri BUMN Dapat Usungan Jadi Capres 2024, Setuju?

Sondang | Politik | 04-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) ke-9, Erick Thohir mendapat dukungan dari generasi muda Nahdlatul Ulama (Nahdliyin) untuk menjadi Capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu terlihat beberapa waktu lalu dari gerakan relawan yang mengatasnamakan Santri Muda Nusantara untuk Erick Thohir (Samudra Etho).

Menurut Pengamat politik Surokim Abdussalam, Erick Thohir memang memiliki hubungan yang sangat dekat sebelumnya dengan generasi muda nahdliyin.

"Kalau dalam bahasa saya Pak Erick Thohir ini membersamai generasi muda NU, jadi kalau ada yang ikut Pak Erick Thohir ya wajar saja, dan enggak ada salahnya," ungkap Surokim Abdussalam di Surabaya Survey Center (SSC), Kamis (3/2)

Kedekatan keduanya sudah terjalin lama sejak sebelum Erick Thohir diangkat menjadi menteri BUMN. Ditambah saat ini melalui berbagai program pemberdayaan pesantren yang semakin menarik simpati anak muda NU untuk memberikan dukungan kepada Erick Thohir.

Program ini adalah Santri Magang di BUMN, 2000 Pertashop khusus untuk ponpes dan pengembangan UMKM melalui #MuslimLeaderpreneur. Apalagi setelah Erick Thohir dipilih sebagai anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), hubungannya bersama santri-santri muda dan pondok pesantren serta simpatisan NU kultural maupun struktural semakin erat.

"Beliau (Erick Thohir) dekat dengan teman-teman Banser, rajin mengunjungi pesantren untuk berkolaborasi dalam rangka pengembangan UMKM dalam kapasitas beliau sebagai Menteri BUMN," jelas Surokim yang juga Dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura.

Selain itu, Surokim menyatakan bahwa program konkret seperti pembinaan UMKM untuk warga nahdliyin sebelumnya tidak tersentuh oleh para tokoh kini digarap Erick Thohir. Maka dari itu, kepemimpinan Erick Thohir menyita perhatian para nahdliyin hingga melahirkan dukungan maju menjadi Capres 2024.

"Efek dari program konkretnya Erick Thohir di sektor yang belum banyak disentuh oleh para tokoh yakni UMKM untuk generasi muda Nahdliyin itu. Sehingga mereka merasa ada yang membersamai mereka jadi anak-anak muda ini mendadak dekat. Program Erick Thohir wujud pemberdayaan sesungguhnya di era pandemi seperti itu, ya membersamai itu," sambungnya.

Tag : #erick thohir    #capres 2024    #bumn    #politik   

Baca Juga