Agenda Prioritas G20 di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Foto: Humas Kemendikbud)

Menteri Pendidikan Ungkap Agenda Prioritas G20 di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

Olivia | Pendidikan | 09-02-2022

Parboaboa, Jakarta – Per tanggal 1 Desember 2021, Indonesia resmi menjadi tuan rumah KTT G20. Tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Berita sebelumnya dapat dilihat disini

Digelarnya forum G20, juga bertujuan dalam memajukan dunia pendidikan terkhusus di Indonesia. Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), mengungkapkan bahwa Presidensi G20 Indonesia yang diterima Bapak Presiden Joko Widodo pada Desember 2021 adalah sangat tepat, karena saat ini semua negara di dunia sedang berupaya bangkit dari pandemi Covid-19.

Melalui kanal YouTube Kemendikbud (https://youtu.be/JyMKT4MaLEg) yang berjudul “Kick Off G20 on Education and Culture” yang ditayangkan pada Rabu (9/2/2022), siang tadi, Nadiem Makarim mengajak masyarakat ikut bergotong royong dan terlibat dalam pemulihan dari pandemi. 

"Kami sebagai bagian dari rakyat Indonesia mengajak warga dan pemimpin dunia untuk bergotong royong dan terlibat dalam pemulihan dari pandemi. Mari bersama membangun dunia secara berkelanjutan, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan," kata Nadiem dalam keterangan resminya.

"Saya mengajak masyarakat untuk mengetahui apa saja yang perlu kita perjuangkan bersama. Kita semua perlu terlibat, agar G20 betul-betul menghadirkan langkah konkrit dan dampak nyata yang bermanfaat bagi banyak negara, khususnya Indonesia," tambahnya.

Agenda prioritas G20 di bidang pendidikan dan kebudayaan, yang disampaikan Nadiem terkait sejumlah terobosan Merdeka Belajar yang akan diperkenalkan kepada dunia sebagai praktik baik dan contoh saat direplikasi terhadap negera-negara lain di dunia.

Nadiem mengungkapkan, terdapat empat agenda prioritas G20 di bidang pendidikan dan kebudayaan yang akan diperjuangkan sebagai pimpinan kelompok kerja Pendidikan G20, yaitu:

1. Pendidikan Universal yang Berkualitas,
2. Teknologi Digital untuk Pendidikan,
3. Solidaritas dan Kemitraan, dan
4. Masa Depan Dunia Kerja Pasca Covid-19

Di akhir sambutannya, Nadiem kembali mengajak masyarakat dan pemimpim dunia agar dapat menghasilkan aksi yang nyata dan bermakna.

Mari wujudkan tema G20 ‘Recover Together, Recover Stronger’ jadi aksi nyata dan bermakna. Dengan semangat untuk pulih dan bangkit bersama, saya ingin mengajak semuanya untuk menguatkan gotong royong agar kita bisa menyukseskan Presidensi G20 Indonesia, serta mewujudkan Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya,” tegasnya.

Tag : #pendidikan    #Agenda Prioritas G20    #G20    #nadiem makarim    #Mendikbud Ristek   

Baca Juga