Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Mesin Berpotensi Mati Mendadak, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition Di-Recall

Maraden | Otomotif | 22-10-2021

PARBOABOA – Mitsubishi menarik ulang produk Xpander dari pasaran. Program recall dilakukan oleh pabrikan otomotif asal Jepang ini untuk menjamin keselamatan dan juga kenyamnaan konsumennya. Hal itu terjadi karena adanya beberapa kesalahan pada mesin Xpander tersebut yang membuat mobil bisa tiba-tiba mati.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), agen pemegang merek Mitsubishi di Tanah Air, resmi melakukan kampanye penarikan atau recall untuk salah satu modelnya, yaitu Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Model ini merupakan mobil dengan tahun produksi 2021 atau model yang baru saja diperkenalkan oleh pabrikan otomotif berlambang tiga berlian ini.

Semua mobil model tersebut akan ditarik dari pasaran dan juga dari konsumen yang sudah terlanjur memiliki unit mobil model itu. Nantinya mobil tersebut akan diperbaiki terlebih dahulu untuk kembali dirilis kepasar dan juga ke tangan konsumen yang telah memiliki unit tersebut.

Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan pihak Mitshubishi Motors Corporation (MMC), masalah pada model tersebut ialah ditemukan pemasangan komponen Around View Monitor (AVM) untuk Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition produksi tahun 2021 yang memiliki potensi timbulnya masalah pada sistem lampu sein dan lampu hazard. Masalah tersebut mengakibatkan gangguan pada jalur komunikasi dan informasi antar Engine Control Unit (ECU) yang berpotensi menyebabkan mesin berhenti bekerja secara tiba-tiba pada saat mobil dikendarai.

President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura memberikan klarifikasi terkait recall itu. Dia mengatakan telah mensubmit laporan recall produk tersebut ke Kementerian Transportasi RI.

"Ya. MMKSI telah menginformasikan dan mengundang seluruh konsumen dengan mobil terlibat untuk berpartisipasi pada aktivitas recall ini," ujar Nakamura, Jumat (22/10/2021).

Nantinya, kata Naoya, semua mobil yang ikut program recall ini akan dilakukan pelepasan komponen AVM yang terpasang pada mobil terlibat, untuk kemudian diperbaiki.

Meskipun begitu, Naoya mengaku belum ada komplain dari konsumen terkait masalah pada unit Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

"Secara aktual tidak ada kasus yang telah dilaporkan terkait masalah pada model Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition," tegas Nakamura.

Tag : otomotif, mitshibishi, xpander, xpander cross, rockford fosgate, black edition

Berita Terkait