Microsoft meluncurkan layanan Microsoft Teams khusus untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Microsoft Luncurkan Team Essentials Khusus untuk UMKM

Wanovy | Teknologi | 04-12-2021

Microsoft meluncurkan layanan Microsoft Teams khusus untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Layanan yang dinamakan “Teams Essentials” ini diyakini akan memudahkan pengguna dengan kehidupan kerja yang membutuhkan perangkat lunak konferensi video, serta alat kolaborasi online.

Teams Essentials ini mencakup versi gratis dari Microsoft Teams for Enterprise, yang mana tentu ini akan sangat bermanfaat untuk organisasi yang tidak membutuhkan fungsi penuh dari langganan Microsoft 365.

Corporate Vice President of Modern Work Microsoft, Jared Spataro, mengatakan bahwa Teams Essentials dirancang khusus agar para pelaku UMKM bisa produktif di lingkungan kerja hybrid.

"Kami paham betapa sulitnya 20 bulan terakhir bagi bisnis kecil, di mana mereka harus beradaptasi (dengan teknologi), dan seringkali memiliki akses terbatas ke perangkat dan teknologi,” kata Jared dalam sebuah pengumuman resmi, seperti dikutip dari Microsoft.com, Jumat (3/12/2021).

"Teams Essentials dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan unik UMKM, memungkinkan mereka berkembang di era kerja yang baru ini (yang serba online),” imbuh Jared.

Teams Essentials sendiri dibanderol dengan harga berlangganan USD 4 (sekitar Rp 62.000) per bulan untuk setiap pengguna.

Dengan harga tersebut, para UMKM nantinya bisa menggunakan platform Teams untuk mengembangkan bisnisnya, seperti menyelenggarakan pertemuan dengan klien, atau berkolaborasi dengan mitra bisnis.

Selain itu, ada sejumlah fitur lain yang dihadirkan di Microsoft Teams Essentials ini, diantaranya mencakup :

1. Meeting untuk semua grup hingga 30 jam.

2. Jumlah maksimum dari partisipan hingga 300 orang dan 10 GB cloud Storage/ pengguna.

3. Integrasi Outlook Calendar dan Google Calendar.

4. Undangan yang mudah dan hanya memerlukan alamat email saja.

5. Professional Meeting Tools mencakup Waiting Room, Virtual Background dan lainnya.

6. Ada template chat untuk bisnis kecil. Dan lainnya.

Bagi UKM yang tertarik untuk membeli langganan Teams Essentials untuk karyawan mereka dapat melakukannya secara langsung melalui situs web Teams atau dari berbagai Mitra Microsoft Cloud.

Diantaranya adalah ALSO, Crayon, Ingram, Pax8, Rhipe, TD Synnex, Telefonica (ES), Deutsche Telekom, Vodafone (IT), dan Wortmann AG.

Informasi lebih lengkap mengenai fitur-fitur Teams Essentials, begitu juga cara untuk berlangganannya, pelaku bisnis UMKM bisa mengunjungi situs web Teams melalui tautan berikut ini.

Tag : #microsoft    #microsoft teams    #microsoft teams esstentials    #umkm   

Baca Juga