Surface 8 Pro

Microsoft Surface Laptop Studio dan Surface Pro 8 Meluncur, Ini Deretan Fiturnya

Wanovy | Teknologi | 23-09-2021

Microsoft baru saja meluncurkan dua produk Surface terbarunya pekan ini, yaitu Surface Laptop Studio dan Surface Pro 8.

Surface Laptop Studio merupakan suksesor dari laptop Surface Book 3 yang dirilis 2020 lalu, sedangkan Surface Pro 8 merupakan suksesor dari tablet Surface Pro 7 yang diperkenalkan 2019 lalu.

Kedua perangkat ini kompak dibekali dengan berbagai fitur baru, salah satunya adalah layar 120 Hz yang bisa membuat tampilan animasi dalam layar lebih mulus dibanding layar 60 Hz.

Tak hanya itu, keduanya juga dibekali dengan konektor Thunderbolt 4 dan memiliki fitur touchscreen yang mendukung stylus Surface Slim Pen 2.

Surface Laptop Studio

Fitur yang paling mencolok di Surface Laptop Studio adalah desainnya. Alih-alih bisa dilepas pasang, layar PixelSense Flow Display berukuran 14,4 inci (resolusi 2.400 x 1.600 piksel) tersebut kini terhubung dengan engsel yang tak bisa dicopot.

Kehadiran engsel ini memungkinkan laptop dipakai dalam tiga mode, yaitu Laptop, Stage, dan Studio.

Mode Laptop memungkinkan perangkat akan memiliki bentuk sebagaimana laptop pada umumnya. Kemudian, mode Stage akan membuat layar bisa ditarik ke atas hingga menutupi keyboard dan menyisakan touchpad.

Sementara itu, mode Studio akan mengubah laptop menjadi tablet yang akan memunggungi keyboard dan touchpad, sebagaimana model laptop Surface generasi sebelumnya. 

Soal aspek hardware, Surface Laptop Studio ditenagai dengan konfigurasi prosesor (CPU) hingga Intel Core i7, pengolah grafis (GPU) terintegrasi Iris Xe, hingga opsi GPU eksternal Nvidia GeForce RTX 3050 Ti.

Komponen CPU dan GPU tersebut kemudian dipadukan dengan RAM hingga 32 GB, serta media penyimpanan SSD hingga 2 TB.

Surface Pro 8

Surface Pro 8 merupakan tablet Microsoft yang mengusung layar PixelSense Flow Display beresolusi 13 inci, lebih besar dari generasi Surface Pro sebelumnya.

Layar tersebut kini mendukung fitur dynamic refresh rate 120 Hz, yang bakal menyesuaikan refresh rate layar sesuai dengan konten yang ditampilkan, serta dilengkapi dengan fitur Dolby Vision dan Adaptive Color Technology.

Pada aspek hardware, Surface Pro 8 ditenagai dengan konfigurasi CPU hingga Intel Core i7, yang dipadukan dengan RAM hingga 32 GB dan media penyimpanan 1 TB.

Microsoft mengklaim performa CPU tablet tersebut kini 40 persen lebih cepat dibanding pendahulunya dan 74 persen lebih ngebut untuk performa GPU.

Untuk segi daya, tablet ini sendiri diklaim bisa menemani pengguna hingga 16 jam dalam pemakaian normal.

Sama seperti generasi sebelumnya, Surface Pro 8 juga bisa dipasangkan dengan aksesori keyboard terbaru yang memiliki rumahan untuk stylus Surface Slim Pen 2.

Soal harga, Surface Laptop Studio dijual dengan harga termurah 1.600 dolar AS (sekitar Rp 22,8 juta), sedangkan banderol terbawah Surface 8 Pro dipatok di angka 1.100 dolar AS (sekitar 15,6 juta).

Tak hanya laptop dan tablet, perusahaan juga turut mengenalkan ponsel Android terbarunya sebagai penerus dari Surface Duo, yakni Surface Duo 2.

Kini, perusahaan yang dirintis Bill Gates tersebut resmi meluncurkan Surface Duo 2, suksesor dari ponsel Android lipat generasi pertama, Surface Duo yang diperkenalkan September tahun lalu.

Sebagai generasi terbaru, Surface Duo 2 mengusung OS Android 11 dan dibekali dengan beragam fitur anyar, salah satunya adalah kehadiran chipset terkini Qualcomm Snapdragon 888 yang memiliki dukungan 5G.

Untuk seri ponsel ini, Microsoft meningkatkan kapasitas baterai, kamera, dan layar lebih besar untuk Surface Duo 2. Beberapa fitur seperti NFC, lift to wake, dan refresh rate ditingkatkan pada perangkat selanjutnya.

Secara desain, Surface Duo 2 dibekali dengan dua layar seperti ponsel lipat macam Galaxy Z Fold 3, yaitu layar utama yang bisa diakses ketika ponsel dibentangkan (unfolded) dan layar di bagian depan yang bisa digunakan ketika ponsel dilipat (folded). Layar utama Surface Duo 2 mengusung panel AMOLED Dual PixelSense Fusion Display berukuran 8,3 inci dengan resolusi 2.688 x 1.892 piksel.

Dikutip dari TheVerge, Kamis (23/9/2021), ponsel lipat ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dan dibekali dengan dual battery berkapasitas 4.449 mAh yang diklaim kuat menemani pengguna "seharian penuh".

Di Amerika Serikat, Microsoft menjual Surface Duo 2 dengan harga 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21,3 juta, lebih terjangkau dibanding kompetitornya Galaxy Z Fold 3 yang dibanderol dengan harga termurah 1.800 dolar AS atau sekitar Rp 25,7 juta.

Tag : #teknologi    #laptop    #tablet    #microsoft    #surface   

Baca Juga