Alternatif pillihan minyak goreng, selain minyak sawit

Minyak Goreng Alternatif Pengganti Minyak Sawit

rini | Kesehatan | 06-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Minyak sawit salah satu minyak goreng andalan yang digunakan untuk memasak, namun saat ini harga minyak goreng sedang mengalami kenaikan harga yang membuat ibu-ibu resah.

Selain soal harga minyak goreng juga dikait-kaitkan dengan timbulnya kolesterol karena banyak mengandung kemak jenuh dan lemak trans. Seperti diketahui penumpukan kolesterol dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti serangan jantung dan stroke.

Namun tak perlu khawatir, bagi pecinta makanan di goreng berikut ini ada beberapa pilihan minyak goreng lainnya yang lebih sehat:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan tinggi sehingga baik dikonsumsi tanpa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Namun ketika menggunakan minyak ini, harus dalam kondisi api kecil agar kandungannya tidak rusak.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu alternatif pengganti minyak sawit yang bisa dipakai untuk menggoreng makanan. Tak seperti minyak zaitun, minyak ini bisa dipakai memasak dengan api besar. Minyak kelapa terdiri dari 92 persen lemak jenuh dan tahan  terhadap oksidasi sehingga membuatnya menjadi minyak goreng yang stabil. Selain itu minyak kelapa juga mengandung asam laurat yaitu lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Minyak Jagung

Minyak jagung berasal dari ekstraksi biji jangung. Berbagai kandungan di dalam minyak jagung seperti asam lemak esensial sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dan tak lupa, asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol secara efektif bila dikonsumsi secara teratur. Kandungan asam linoleat yang ada di dalam minyak jagung juga bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga dapat membuat kulit tampak lebih sehat.

4. Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak ini berasal dari bunga matahari yang kemudian diproses. Adapun minyak dari bunga matahari ini memiliki titik asap tinggi dan tak memiliki rasa yang kuat sehingga cocok untuk menggoreng makanan.

Namun minyak bunga matahari mengandung omega-6 yang tinggi, Mengonsumsi terlalu banyak asam lemak omega-6 bisa menyebabkan peradangan tubuh. Sehingga sebaiknya menggunakan minyak bunga matahari dipakai dalam jumlah sedang.

4. Minyak kanola

Minyak kanola salah satu jenis minyak nabati yang mengandung 94 persen lemak jenuh dan omega 3 sehingga baik untuk tubuh. Minyak berbahan biji bunga kanola ini memiliki rasa yang netral sehingga cocok untuk memasak apa saja. Tidak hanya itu, minyak ini juga memiliki kandungan omega 3 dan lemak tak jenuh yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

5. Minyak Alpukat

Minyak alpukat merupakan minyak alami dari buah alpukat yang juga dapat menggantikan minyak sawit untuk menumis berbagai makanan.

Minyak alpukat sangat kaya akan lemak menyehatkan dari jenis yang beragam. Minyak alpukat mengandung asam oleat yaitu lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Asam oleat merupakan sumber antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

Tag : kesehatan, minyak goreng, minyak sawit, minyak zaitun, minya kelapa

Berita Terkait