Ilustrasi

Mirip Fitur Spotify Wrapped, Google Photos Hadirkan Best of 2021

Wanovy | Teknologi | 11-12-2021

Menjelang akhir tahun, beberapa aplikasi kompak meluncurkan fitur yang dapat menampilkan kilas balik momen sepanjang tahun 2021.

Tak ketinggalan, Google Photos juga turut meluncurkan fitur yang akan merangkum koleksi foto sepanjang tahun 2021. Fitur ini mirip rekap Spotify Wrapped.

Hal ini pertama kali diungkapkan oleh Damien Wilde dari situs 9to5google. Ia menunjukkan fitur rangkuman doto dengan tajuk “Best of 2021”.

Fitur ini nantinya akan muncul secara otomatis di bagian atas aplikasi Google Photos, saat pengguna membukanya. Album tersebut berisi rangkuman foto yang pernah diambil sepanjang tahun 2021.

Album Best of 2021 disusun secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang terbenam pada Google Photos. Nantinya, foto-foto yang disusun untuk album Best of 2021 dipilih secara acak oleh AI.

Setelah itu, AI akan memilah kumpulan foto yang ada di Google Photos untuk dijadikan semacam carousel yang membentuk story line.

Penggunaan AI untuk membuat rangkuman foto seperti itu, sebenarnya telah diterapkan Google Photos, tapi sifatnya rangkuman untuk bulanan, mingguan, dan harian.

Sementara fitur koleksi memori Best of 2021 akan menampilkan foto secara acak dari perpustakaan Google Photos, yang diunggah selama 12 bulan terakhir.

Meskipun mampu menampilkan foto selama 12 bulan terakhir, nampaknya album “Best of 2021” tidak tersusun rapi.

Wilde menunjukkan carousel dari album Best of 2021 berjalan secara acak. Foto-foto tersebut terlihat tidak tersusun sesuai urutan tanggal, sehingga pola cerita di carousel justru sulit untuk diikuti.

Namun, fitur ini belum hadir di semua pengguna Google Photos. Kemungkinan fitur ini akan disebar secara bertahap oleh Google.

Untuk diketahui, Google tidak hanya merilis fitur rangkuman aktivitas untuk Google Photos. Google beberapa waktu lalu juga merilis daftar Google Play’s Best of 2021, YouTube Music Recap 2021, Google’s favorite Chrome extensions of 2021, dan Google’s favorite Chrome OS apps of 2021.

Selain Google, fitur rangkuman aktivitas di 2021 juga dirilis oleh platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, YouTube Music, dan Spotify.

Masing-masing platform memiliki penamaan fitur yang berbeda-beda. Meski demikian, semua fitur ini memiliki fungsi yang serupa, yakni merangkum aktivitas pengguna selama tahun ini.

Tag : #google    #google photos    #wrapped    #best of 2021   

Baca Juga