Misteri Gunung Lawu, salah satu gunung angker di Indonesia (Instagram/iqbalxpangestu)

7 Misteri Gunung Lawu yang Sering Dikaitkan Dengan Hal-hal Gaib

Andre | Travel | 23-06-2022

PARBOABOA - Terdapat beberapa misteri Gunung Lawu yang kisahnya masih menjadi sebuah pertanyaan besar di masyarakat, mulai dari adanya pasar setan hingga tempat paling sakral di Jawa Tengah.

Gunung Lawu adalah salah satu Gunung berapi yang berstasus istirahat dan sewaktu-waktu bisa aktif kembali. Gunung yang terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini terakhir kali aktif pada 28 November 1885.

Memiliki ketinggian 3.265 MDPL, Gunung Lawu menawarkan panorama puncak yang menakjubkan. Tak heran jika Gunung ini menjadi salah satu Gunung favorit para pendaki, baik itu pendaki lokal maupun mancanegara.

Sejak zaman Prabu Brawijaya V, raja Majapahit pada abad ke 15 hingga kerajaan Mataram II, banyak upacara spriritual yang diselengarakan di Gunung ini.

Dan menurut kepercayaan lokal, Gunung Lawu merupakan tempat Prabu Brawijaya mengasingkan diri dan melakukan pertapaan di sisa hidupnya.

Gunung Lawu memiliki sejuta misteri dan bahkan disebut-sebut sebagai sarangnya makhluk astral, yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu Gunung terangker di Indonesia.

Dirangkum Parboaboa dari berbagai sumber, berikut adalah 5 misteri Gunung Lawu, Gunung yang dipenuhi dengan hal-hal mistis.

1. Pasar Setan

Keberadaan pasar setan sangat fenomenal di kalangan pendaki Gunung Lawu, terutama bagi mereka yang melintasi jalur pendakian via Candi Cetho.

Tak sedikit cerita dari para pendaki yang mendengar suara bising seperti berada di tengah pasar. Padahal suaranya sangat berisik, namun penampakannya tak terlihat oleh mata.

Bahkan beberapa pendaki mengaku mendengar suara orang yang menawarkan dagangannya, seperti “Mau beli apa?”.

Nah, yang menjadi misteri Gunung Lawu, biasanya sebelum para pendaki ingin melakukan perjalanan, mereka pasti sering mendapat nasihat dari juru kunci ataupun warga sekitar untuk tidak pernah menerima tawaran atau barang yang dijajahkan tersebut.

2. Tidak Boleh Mendaki Dengan Jumlah Ganjil

Salah satu mitos yang dipercayai masyarakat lokal adalah adanya aturan tidak memperbolehkan mendaki Gunung Lawu dengan jumlah ganjil.

Sama halnya dengan Gunung lainnya di Indonesia, belum ada aturan resmi yang melarang pendakian Gunung dengan jumlah ganjil.

Namun, berbeda dengan Gunung Lawu yang mempunyai larangan tak tertulis yang harus dipatuhi oleh para pendaki.

Bukan tanpa alasan, soalnya Gunung Lawu memiliki tiga tempat yang dianggap paling sakral, yakni Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah.

Masing-masing tempat tersebut mempunyai sejarah yang erat kaitannya dengan hal-hal mistis seperti tempat menghilangnya raja terakhir Majapahit dan abdi setianya, hingga tempat meditasi bagi penganut kejawen.

Menurut mitos setempat, hal-hal mistis tersebut yang menjadi alasan untuk tidak melakukan pendakian dengan anggota rombongan berjumlah ganjil, jika tidak maka kesialan akan menghampiri.

Dalam misteri Gunung Lawu, sebagian masyarakat berpendapat bahwa angka ganjil memiliki kekuatan magis, di antaranya ada yang berpendapat akan mendapat kejadian aneh dan juga kejadian yang tidak menyenangkan jika berhubungan dengan angka ganjil.

3. Memiliki Nyawa

Mungkin terdengar tidak masuk akal jika Gunung memiliki nyawa, namun berbeda dengan misteri Gunung Lawu yang satu ini.

Menurut kepercayaan setempat, Gunung yang terkenal angker ini diyakini memiliki nyawa layaknya manusia. Masyarakat percaya kalau Gunung Lawu bisa mendengar omongan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Barang siapa yang berbicara dan bertingkah laku tidak sopan, Gunung Lawu akan membalasnya karena menganggap keberadaannya diremehkan atau dihina.

Tidak hanya di Gunung, sebenarnya hal ini juga berlaku di mana pun kaki kita berpijak. Menjaga kelestarian alam, tidak berbuat senonoh, serta menjaga tata bahasa adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang di kala berkunjung ke sebuah tempat.

4. Misteri Kelabang Lawu

Misteri Gunung Lawu kerap dikaitkan dengan munculnya makhluk-makhluk gaib seperti macan Lawu, burung jalak, dan kiyongko (kelabang).

Nah, banyak orang yang meyakini jika kelabang tersebut adalah sosok penunggu di salah satu sumber air yang ada di Gunung Lawu.

Berdasarkan mitos yang beredar di tengah masyarakat, hewan yang disebut dengan kiyongko ini adalah sumber bencana karena perbuatannya yang telah menutup mata air di lereng Lawu.

Sisi mistis yang ada dari hewan ini, yaitu sulit ditemukan jika dengan sengaja dicari oleh masyarakat. Kelabang hitam ini hanya akan menampakkan diri di tempat-tempat tertentu dan bakal menampakkan dirinya jika ia ingin.

Pernah beredar kabar yang mengatakan bahwa kemunculan hewan ini biasanya membawa pesan bagi siapa saja yang menemuinya, yakni siapa pun yang berada di Gunung Lawu harus menjaga lingkungan, salah satunya sumber air.

5. Misteri Hilangnya Pendaki

Misteri hilangnya pendaki bernama Alvi Kurniawan sempat viral beberapa tahun yang lalu. Lelaki asal Malang ini dilaporkan menghilang pada 1 Januari 2018. Bahkan setelah pencarian selama tujuh hari, jenazahnya tak kunjung ditemukan.

Dilansir dari detik.com, kasus hilangnya Alvi Kurniawan menjadi operasi gagal pertama tim SAR Solo sejak tahun 2013.

Banyak pendaki yang dilaporkan menghilang ketika mendaki ke Gunung Lawu, dan kebanyakan dari mereka berhasil ditemukan, namun sudah tidak bernyawa.

Menurut jelajah.id, setidaknya ada 14 orang yang meninggal ketika mendaki Gunung Lawu, kebanyakan dari mereka kehilangan nyawa karena mengalami hipotermia, dan beberapa meninggal karena jatuh.

6. Misteri Lokasi Misterius

Terdapat beberapa tempat misterius di Gunung Lawu yang masih dipercayai masyarakat sekitar perihal tingkat mistisnya, di antaranya:

  • Sumur Jalatunda
  • Kawah Candradimuka
  • Rapat Kenapasan atau Cakrasurya
  • Pringgodani
  • Sendang Inten
  • Sendang Drajat
  • Sendang Panguripan

7. Tempat Spiritual Para Tokoh dan Negarawan

Polet atau yang biasa dipanggil Pak Po, salah satu pengamat dan ahli spiritual yang sangat mengerti bagaimana seluk beluk Gunung Lawu, mengatakan bahwa Gunung Lawu dalah pusat budaya dan kegiatan spiritual Jawa.

Bahkan ia menyebutkan bahwa sejak zaman dahulu, Lawu menjadi tempat laku spiritual bagi para tokoh besar dan negarawan.

Gunung ini dipercaya sejak turun temurun digunakan para raja dan peminpin negara maupun daerah sebagai tempat nyepi, mencari wangsit atau petunjuk dari Yang Maha Kuasa.

Terdapat beberapa nama pemimpin negara yang disebut-sebut pernah berkunjung ke Gunung Lawu untuk menyepi seperti Soekarno, Soeharto, dan SBY.

Bahkan Soeharto, sepanjang hidupnya dikatakan rutin berkunjung ke gunung Lawu dan menjadikannya sebagi tempat favorit. Hingga sampai menutup mata, presiden kedua Indonesia ini lebih memilih dimakamkan di lereng sebelah barat kaki gunung Lawu.

Terlepas dari segala misteri dan mitos yang dimiliki Gubung Lawu, ada baiknya pendaki untuk selalu waspada dan tetap menaati aturan-aturan keselamatan dengan baik.

Perlu digaris bawahi, berbagai misteri yang terdapat pada Gunung Lawu (juga berlaku di tempat lainnya) merupakan cerita rakyat yang belum tentu kebenarannya dan memang berisi hal-hal gaib yang akan sulit untuk dicerna nalar manusia.

Melestarikan alam dan menjaga perilaku adalah hal yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke suatu tempat. Sebagai manusia yang memiliki kepercayaan, ada baiknya kita tetap menghormati kearifan lokal yang ada di nusantara.

Tag : #gunung lawu    #misteri    #wisata    #mitos    #mistis    #gaib   

Baca Juga