Model atap rumah miring satu sisi, foto: rumah.com

Lagi Hits, Intip 10 Model Atap Rumah Miring Satu Sisi

Wanovy | Rumah | 08-04-2022

PARBOABOA - Model atap rumah miring satu sisi yang dahulu kurang diminati kini malah ngetren dan banyak digunakan. Seperti apa kira-kira model yang bisa dijadikan inspirasi? Simak informasi dibawah ini ya!

Selain berfungsi sebagai pelindung rumah, atap juga dapat menjadi elemen dekorasi yang mampu mempercantik hunian.

Desain atap yang sedang menjadi tren saat ini salah satunya adalah model atap miring satu sisi.

Bangunan atau rumah dengan atap miring satu sisi mampu menambah nilai properti karena memiliki tampilan fasad yang unik.

Model atap rumah miring satu sisi juga saat ini banyak digunakan pada rumah-rumah modern baik di permukiman maupun di kompleks perumahan.

Tertarik mengaplikasikannya di rumah? Yuk, simak beberapa model atap rumah miring yang sudah Parboaboa sediakan dibawah ini!

1. Struktur Panel Beton untuk Rumah 2 Tingkat

(Sumber: architecturenow.co.nz)

Sudah bukan rahasia lagi kalau beton jadi bahan bangunan yang disukai karena daya tahannya yang tinggi dari berbagai macam gangguan.

Di model atap rumah miring 2 tingkat ini digunakan panel yang terbuat dari beton dengan bentuk simetris yang menyatu dari sisi bangunan

2. Rumah Atap Miring Sandar

(Sumber: Pinhome.id)

Atap miring sandar umumnya dipergunakan di gudang, garasi, atau kabin. Namun, karena pertimbangan estetis, kini banyak yang menggunakan jenis atap miring ini untuk bangunan utama.

Disebut atap sandar karena posisinya bersandar di dinding bagian atas, dan ditopang oleh kuda-kuda yang memiliki kemiringan antara 20-40 derajat.

Kelebihan dari model atap rumah miring sandar ini adalah biayanya lebih terjangkau, cocok untuk segala jenis material atap, dan mempermudah aliran air hujan. Namun, ia juga memiliki beberapa kekurangan yaitu tidak cocok untuk rumah besar dan membutuhkan talang yang lebih besar.

3. Model Atap Rumah Desain Memanjang Ke Samping

(Sumber: Pinhome.id)

Dalam pembangunan hunian kekinian, penggunaan model atap rumah memanjang ke samping banyak diterapkan.

Desain bagian miring yang membuat rumah terlihat lebih tinggi ini cenderung mengusung gaya modern minimalis.

Atap hunian dibuat miring ke arah samping karena sebagian penempatannya sengaja dibuat pada dinding yang lebih tinggi.

Walaupun terkesan sederhana, model atap rumah memanjang ke samping memberikan kesan kemewahan tersendiri pada rumah.

Keuntungan lainnya, bagian depan rumah terbebas dari derasnya guyuran air hujan, karena kamu bisa mengatur aliran air hujan untuk jatuh kearah samping rumah.

4. Berpadu dengan Atap Datar

(Sumber: thietkethicongnhadep.net)

Memadukan antara dua jenis atap dalam satu bangunan rumah juga bisa menjawab kebutuhan dan keinginan penghuni yang menyukai area rooftop.

Desain atap datar yang berpadu dengan model atap rumah miring ini bisa mengurangi kesan kaku yang biasanya muncul serta mampu meningkatkan aspek visual eksterior hunian.

5. Model Atap Miring Pelana

(Sumber: Courtine)

Atap pelana merupakan model atap rumah miring yang cukup populer di Indonesia. Namanya juga terinspirasi dari model pelana kuda. Atap miring pelana cenderung lebih sederhana dan mudah dibuat.

Model atap miring ini mudah menumpahkan bentuk air karena kemiringannya, hemat material struktur, tidak mudah bocor, serta mampu menyerap panas dengan baik.

Di sisi lain, model ini kadang bermasalah saat diterpa angin kencang, oleh karena itu pengerjaannya harus dilakukan dengan sempurna.

6. Atap Miring Kombinasi

(Sumber: 99.co)

Pada rumah ini, model atap rumah miring yang digunakan merupakan kombinasi antara dua arah, yaitu arah depan dan arah samping. Dari segi arsitektur mungkin desain seperti ini cukup mencolok mata.

Namun, tanpa dibarengi dengan sistem aliran air yang tepat, desain atap miring seperti ini justru bisa menimbulkan masalah pelik bagi kamu dan tetangga.

7. Rumah Atap Miring Satu Sisi dan Dak

(Sumber: desain.id)

Inspirasi model atap rumah miring satu sisi yang berikutnya ini terlihat elegan dengan tambahan dak di area teras dan carport.

Selain itu, di bagian atau carport yang berada di samping atap terdapat ornamen roster yang membuat tampilan fasad jadi terlihat lebih impresif. Unik banget, ya!

8. Rumah Atap Miring Bersambung

(Sumber: nicety.livejournal.com)

Menghubungkan seluruh bagian rumah dalam satu payung atap yang sama bisa memberikan kesan eksterior yang unik serta lebih luas.

Catatan yang perlu diperhatikan adalah struktur bangunan yang bisa mengadopsi model atap rumah miring ini mesti memanjang ke belakang.

9. Rumah Minimalis Atap Miring Sandar atau Skillion

(Sumber: 99.co)

Model atap rumah minimalis berjenis skillion atau atap sandar cukup populer digunakan di hunian minimalis modern karena bentuknya yang khas.

Konsep seperti ini bisa membuat halaman depan dan belakang rumah lebih terlindungi karena tak terkena cucuran air hujan.

10. Model Atap Rumah Miring ke Depan

(Sumber: stellamariscollege)

Perkembangan rumah modern saat ini memang cukup pesat. Salah satunya adalah keragaman dari desain atap yang cenderung tidak monoton. Misalnya adalah rumah yang menggunakan model atap rumah miring kedepan.

Jika dilihat lebih detail, kamu akan menyadari bahwa bagian belakang bangunan rumah menjorok ke atas setinggi atap dan selanjutnya semua atap menjorok ke bagian depan rumah.

Hal tersebutlah yang justru menjadikan model atap rumah miring jenis ini menjadi unik.

Untuk hunian yang memiliki lahan yang terbatas, penggunaan model atap rumah miring satu arah kedepan ini banyak digunakan.

Hal tersebut dikarenakan modelnya mengarah ke satu titik yang membuat aliran air ketika hujan tidak akan menyebar ke semua arah.

Nah, itulah beberapa model atap rumah miring yang bisa kamu terapkan di hunianmu. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #atap rumah    #rumah minimalis    #model rumah    #desain rumah    #atap memanjang    #atap miring    #atap dak cor   

Baca Juga