Model rumah Amerika klasik, foto: Rumah.com

10 Inspirasi Model Rumah Gaya Amerika Klasik Minimalis

Wanovy | Rumah | 24-06-2022

PARBOABOA - Untuk kamu yang ingin membangun rumah impian, tapi dengan konsep yang unik dan anti meanstream seperti kebanyakan desain rumah yang ada di Indonesia saat ini. Maka kamu perlu melihat-lihat contoh desain rumah amerika klasik sebagai inspirasi dan referensi dalam membangun rumah.

Jika konsep rumah Amerika klasik yang sedang kamu cari saat ini, maka kamu sudah tepat berada di Parboaboa.com.

Karena disini kamu akan menemukan inspirasi dan pilihan terbaik dalam contoh desain rumah Amerika klasik yang bisa kamu terapkan dalam membangun rumah impian.

Penasaran bagaimana? Yuk, langsung saja simak inspirasinya dibawah ini!

1. Rumah Bergaya Queen Anne

Jika kamu menyukai film horor Amerika, pasti kamu sering melihat rumah bergaya Queen Anne ini.

Rumah Amerika klasik ini memiliki desain yang jadul namun tidak terbilang old fashion. Tidak hanya bangunannya, dekorasi interior dan furnitur yang digunakan biasanya juga bertema zaman klasik.

Desain rumah bergaya Queen Anne telah dikenal sejak masa perang saudara. Karena estetikanya yang menawan membuatnya tidak lekang oleh waktu.

Bahkan banyak warga Amerika yang masih menggunakan rumah gaya Amerika klasik ini hingga sekarang.

2. Rumah Bergaya Colonial Revival

Pasti kamu tidak asing juga dengan rumah gaya Amerika yang satu ini. Pasalnya rumah ini cukup sering terlihat di film-film barat, mulai dari yang bertema keluarga hingga horor.

Rumah bergaya Colonial Revival merupakan peninggalan pada masa penjajahan. Rumah ini dulunya menjadi hunian sederhana para kolonis.

Ciri khas dari rumah Colonial Revival adalah tampilan temboknya yang menggunakan batu-bata merah.

Selain itu, bentuk dari rumah ini sendiri simetris. Pintunya tinggi, dengan jendela yang berjejer simetris satu sama lain.

3. Rumah American Style Cape Cod

Cape cod adalah jenis rumah Amerika klasik yang cukup populer sejak abad ke-17.

Desain rumah cape cod juga salah satu yang paling bersejarah dalam perkembangan arsitektur Amerika.

Pada awalnya, gaya ini dibawa dan dipopulerkan oleh orang-orang Inggris yang ada di Amerika.

4. Rumah American Style Colonial Revival

Colonial revival juga merupakan desain rumah Amerika klasik yang sangat bersejarah bagi masyarakat Amerika.

Desain rumah kolonial Amerika ini terlihat sederhana dan mencerminkan rumah kolonial di masa penjajahan.

5. Rumah Ala Peternakan Modern

Rumah bergaya peternakan biasanya memiliki denah sederhana, memiliki garasi, dan ruang tamu yang minimalis.

Gaya ini sudah ada sejak tahun 1932 dan masih dibangun sampai sekarang. Pada tahun 1950 hingga 1960-an gaya ini sangatlah popular sehingga banyak orang menggunakan gaya rumah ini saat membangun rumah.

Untuk menciptakan desain peternakan yang modern, rumah bisa dibangun dengan menggunakan atap model gergaji yang miring pada satu sisi saja.

Kombinasikanlah dengan menggunakan tembok batu berwarna gelap untuk semakin menciptakan kesan modern pada rumah peternakan.

6. Rumah Gaya Amerika Desain Neo Klasik

Jika kamu menyukai rumah yang besar dan megah, desain Neo Klasik bisa menjadi pilihan. Rumah Neo Klasik memiliki ciri khas teras yang tinggi dan lebar, pedimen yang besar, serta fasad yang simetris.

Model rumah Amerika klasik ini terkait erat dengan kebangkitan kolonial, karena jika dilihat kembali ke masa lalu, desain arsitektur Amerikanya mendominasi bentuk-bentuk klasik.

7. Desain Klasik Tipe Tropis

Desain rumah ala Amerika klasik berikutnya mengedepankan desain khas Amerika dengan campuran tropical style.

Hal tersebut dapat kamu lihat dari tampilan depan rumah yang memperlihatkan penghijauan yang membuat hunian terlihat asri dan sejuk.

Selain itu, bangunan ini pun memiliki berapa tempat luas terbuka yang terletak pada beberapa bagian dalam rumah.

Walaupun terkesan klasik namun tetap menarik dan modern bukan?

8. Desain Rumah Ala Amerika Klasik Kekinian

Nah, untuk muda-mudi millenial yang senang dengan adaptasi perumahan Amerika klasik namun tetap ingin terlihat kekinian, kamu bisa mencontoh hunian di atas.

Ciri utama model rumah Amerika klasik adalah pemakaian jendela yang cukup banyak pada tampilan eksterior dan beberapa ornamen besi yang menghiasi tampilan pagar maupun railing teras.

Kamu juga bisa tetap memakai detail dekorasi namun dimodifikasi dengan warna-warna minimalis, seperti putih dan abu-abu pada tampilan muka rumah.

9. Desain Rumah Amerika Klasik Minimalis

Apakah kamu ingin membangun rumah minimalis 1 lantai dengan nuansa khas klasik amerika? Maka kamu harus melihat contoh desain rumah ke lima satu ini.

Pada desain ini, kamu bisa membangun rumah dengan area bagian depan rumah yang cukup luas.

Kamu bisa membangun taman depan rumah dengan konsep yang unik dan tentunya bisa membuat kesan tampak depan rumah lebih sejuk dan asri.

10. Craftsman American House

Rumah gaya Amerika selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah gaya Craftsman.

Pengikut Gerakan seni dan kerajinan di Inggris pada abad ke-19, khususnya pengrajin asal California bernama Greene menolak produk buatan mesin dan menekankan keindahan bahan alami kerajinan tangan, maka dari itu disebut dengan Craftsman.

Rumah ala Amerika klasik menggunakan kerajinan tangan seperti batu, bata, dan kayu. Rumah dengan gaya ini memiliki dua atau satu tingkat.

Karakteristik yang menonjol adalah memiliki atap yang rendah, dan memiliki pintu dan jendela dengan yang dipasang memanjang secara horizontal.

Ada juga versi gaya yang lebih vernacular yaitu gaya Bungalow atau sering juga disebut Craftsman Bungalow.

Itulah tadi beberapa model rumah Amerika klasik yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com!

Tag : #rumah amerika klasik    #rumah gaya amerika    #model rumah    #rumah    #rumah minimalis    #desain rumah   

Baca Juga