parboaboa

10 Inspirasi Desain Rumah Bertema Shabby Chic Minimalis dan Cantik

Wanovy | Rumah | 23-03-2023

Inspirasi model rumah shabby chic, foto: overstock.com

PARBOABOA - Di tengah berkembangnya gaya hidup serba modern, gaya rumah ala vintage masih menjadi pilihan banyak orang, khususnya rumah shabby chic yang identik dengan aksen feminin.

Shabby chic menyajikan suasana lembut yang tentunya menarik hati banyak orang, terutama bagi perempuan. Mengusung desain interior yang serba lusuh namun tetap trendi, gaya ini akan memberikan kesan vintage yang hangat dan elegan.

Umumnya, gaya shabby chic menampilkan daur ulang furnitur jadul dan kain-kain bekas sebagai elemen pentingnya. Saat ini, gaya shabby chic telah berkembang dengan mengambil inspirasi dari gaya Chateau di Perancis yang mementingkan kesederhanaan pada ruang.

Kalau kamu suka dengan gaya vintage yang lembut dan feminin, gaya rumah shabby chic sangat cocok untuk kamu pilih. Yuk, simak inspirasi model rumah shabby chic di bawah ini!

1. Ruang Tamu Hangat di Rumah Shabby Chic Kamu

Desain ruang tamu shabby chic (Foto: annfarnsworth.com)

Rumah shabby chic ini mampu menata seluruh dekorasi dengan efisien tanpa harus merogoh kocek dan menghabiskan biaya banyak.

Cukup dengan dua buah cermin berbingkai antik, rumah shabby chic ini berhasil menerapkan tips pertama dalam menata ruang tamu kecil yaitu cermin untuk efek ruangan luas. 

Masih konsisten dengan dekorasi bingkai, beberapa bingkai kosong juga tampak dipajang termasuk sebuah daun pintu kecil sebagai tempat pajangan sederhana yang serba chic.

2. Lantai Artistik Hingga Langit-Langit Kayu yang Hangat

Desain lantai artistik (Foto: adorablehome.com)

Salah besar jika kamu beranggapan kalau rumah shabby chic pasti bakalan membutuhkan biaya dekorasi yang besar. Sebaliknya, rumah shabby chic adalah salah satu tema yang muncul karena pemilik rumah yang ingin menggunakan perabot lama.

Kamu juga bisa meniru tips rumah shabby chic ini dengan cara memilih bahan yang terlihat mentah, seperti lantai bermotif bata hingga material kayu yang masih kasar. Kuncinya adalah memilih desain lantai yang tepat.

3. Ruang Tidur di Rumah Shabby Chic yang Cantik

Desain ruang tidur shabby chic (Foto: erahomedesign.com)

Tidak usah khawatir dengan luas ruangan untuk kamar tidur di rumah shabby chic milikmu. Untuk rumah shabby chic, khususnya ruang tidur, fokus utama akan hadir melalui pemilihan perabot atau furnitur yang tepat, seperti lemari, meja rias, hingga tempat tidur bergaya klasik atau vintage.

Hal ini karena gaya klasik adalah tema yang tepat untuk kamar tidur rumah shabby chic punyamu. Jangan lupa juga hadirkan motif floral yang identik dengan rumah shabby chic lengkap dengan warna pastel yang lembut. Pastikan juga proporsi dekorasi di kamar ukuran kecil nggak berlebihan ya.

4. Furnitur Khas Bergaya Vintage

Desain furniture vintage ala shabby chic (Foto: thestyeinspiration)

Ciri khas tampilan model rumah shabby chic yang selanjutnya, ialah pada furnitur yang digunakan. Biasanya, shabby chic menggunakan furnitur bergaya vintage.

Dengan kata lain, bisa menggunakan sejumlah perabotan rumah yang sudah tua namun masih layak pakai. Untuk mendapatkan unsur antiknya, ada slipcovers yang biasa digunakan sebagai pelapis sofa atau kursi tua.

Meski ada kesan usang pada furnitur, namun kamu dapat mengamplas furnitur tua supaya menjadi barang yang antik. Selain itu, biasanya gaya ini menampilkan tekstur dan patina yang memiliki hasil matte pada kayu atau logam. 

5. Pilihan Desain Wallpaper Shabby Chic

Desain walpaper shabby chic (Foto: feathrwallpaper)

Ada pula interior model rumah shabby chic yang dapat membuat suasana ruangan lebih intim, yakni dengan wallpaper bercorak. Pilihan pola telah disebutkan sebelumnya, seperti flora, garis lurus, ataupun kotak.

Dengan mengaplikasikan wallpaper tersebut, gaya shabby chic pada ruangan akan jauh lebih terasa. Namun pastikan untuk tidak mengaplikasikan pola yang terlalu ramai pada dinding, untuk menghindari kesan berlebihan.

6. Kamar Mandi Shabby Chic

Desain kamar mandi shabby chic (Foto: donpedro)

Biasanya, kamar mandi bergaya shabby chic dilengkapi dengan sofa kecil, gorden motif bunga, dan perabotan berukiran halus. Kamu juga bisa menambahkan cermin vintage pada ruangan tersebut untuk menambah kesan mewah dan elegan.

7. Desain Shabby Chic di Dapur

Desain dapur shabby chic (Foto: thespruce.com)

Inspirasi dapur di atas didominasi warna putih dan hijau pastel, sesuai dengan prinsip utama gaya shabby chic pada umumnya. Meja, kursi, dan kitchen set yang terbuat dari kayu tampak worn out dan memberi kesan vintage pada dapur.

Sebagai penambah kesan hangat, kamu bisa menggunakan chandelier yang dipasang tepat di atas meja makan. Adanya chandelier akan membuat dapur kamu terlihat sangat menawan!

8. Teras Rumah Gaya Shabby Chic

Desain teras shabby chic (Foto: architectureartdesigns.com)

Untuk kamu yang tidak suka warna cat yang mencolok, kamu bisa lo menyontek inspirasi model rumah shabby chic di atas. Warna krem pastel yang dihadirkan sukses memberikan kesan hangat yang menyegarkan.

Kamu pun bisa memasang lantai kayu di sekitar teras agar nuansa vintage semakin terasa. Supaya terlihat lebih antik, pilih furnitur berbahan kayu pada meja, kursi, dan ditambah ornamen rotan yang membuatnya lebih shabby.

9. Ruang Makan Ala Cafe di Rumah Shabby Chic Mungil

Desain ruang makan shabby chic (Foto: venidair.com)

Walaupun rumah kecil, ruang makan dengan proporsi yang tepat wajib hadir dengan layak di rumah shabby chic milikmu. Pilih meja makan dan kursi makan bergaya shabby chic yang berukuran praktis.

Meja makan bundar adalah favorit banyak orang karena umumnya lebih efektif untuk ruangan kecil. Untuk dekorasi model rumah shabby chic ini, terlihat lampu gantung kristal antik dan tanaman hias yang simpel.

Tak hanya itu, kamu pun bisa menambahkan rak display di sudut ruangan untuk memajang piring atau cangkir cantik kesayanganmu. Hasilnya? Serasa menikmati makanan di cafe setiap saat!

10. Ruang Kerja Nyaman Untuk Rumah Shabby Chic

Desain ruang kerja shabby chic (Foto: interiordesignideas.com)

Punya sisa ruangan kecil untuk kegiatan kerja di rumah? Hadirkan home office di rumah shabby chic milikmu. Cukup dengan sebuah meja, kursi kantor, dan perangkat kerja seperti komputer.

Pastikan kamu memilih meja kerja yang bisa menyimpan semua kebutuhanmu. Dengan begitu, ruang kerja ala shabby chic-mu akan terealisasikan. Jangan lupa pajang foto orang terkasih di atas meja, supaya kerja makin semangat!

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi model rumah shabby chic yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Editor: Juni Sinaga

Tag: #shabby chic    #rumah shabby chic    #rumah    #model rumah    #rumah klasik    #rumah vintage   

BACA JUGA

BERITA TERBARU