Motor Yamaha XSR155 dicustom menjadi motor bergaya flat tracker.

Sering dianggap sama, Modifikasi dan Custom Motor Sebenarnya berbeda

Maraden | Otomotif | 14-12-2021

PARBOABOA – Masih banyak yang beranggapan kalau modifikasi dan custom pada kendaraan itu adalah hal yang sama.

Meskipun sama-sama membuat tampilan kendaraan berubah dari aslinya saat keluar dari pabrikan, namun modifikasi dan custom sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Jika merujuk pada pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia, modifikasi ialah pengubahan atau melakukan perubahan. Sedangkan custom dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan yaitu 'dibuat sesuai keinginan.'

Secara gamblang dapat dikatakan modifikasi adalah melakukan segala bentuk perubahan baik secara sebagain atau keseluruhan dari objek. Sementara custom ialah melakukan perubahan dengan bentuk atau tampilan tertentu sesuai dengan keinginan pemodifikasi.

Artinya cutom merupakan salah satu bentuk modifikasi. Dengan kata lain yaitu kustom sudah pasti modifikasi, tapi modifikasi belum tentu kustom.

Bisanya proses modifikasi ataupun custom sering dilakukan pada sepeda motor.

Melakukan modifikasi ataupun custom pada sepeda motor sering dilakukan dengan berbagai macam alasan seperti ingin mendapatkan performa yang lebih baik dari standar pabrikannya atau sekedar ingin agar tampilannya berbeda dari motor tipe sejenis.

Modifikasi motor artinya mengubah kondisi motor standar pabrik dengan mengganti komponennya. Komponen atau spare part yang digunakan untuk mengganti dapat dibeli dari aftermarket. Selain itu, sparepart pengganti ini dapat diambil dari sparepart motor jenis lain.

Modifikasi tidak terbatas seberapa besar bagian motor yang diubah. Artinya jika pun hanya sebagian kecil bagian motor yang dirubah, itu sudah termasuk melakukan modifikasi.

Misalnya, Anda dapat mengganti spion, pelek, atau bagian lain dengan spare part jenis mobil lain yang tidak sama dengan bentuk aslinya. Karena menggunakan barang yang sudah ada, maka ada kemungkinan bahwa ada yang memiliki mobil dengan modifikasi yang sama.

Sedangkan custom motor artinya melakukan perubahan yang lebih spesifik pada motor. Custom tidak hanya mengubah bentukan dari pabrik, namun bisa juga membuatnya sendiri dari nol. Artinya, baik semua bagian dan bentuk motor dikerjakan dari nol.

Motor custom akan  mengalami perubahan total dari sektor apapun, dan ubahan itu dibuat sendiri bukan hanya sekadar memasang barang aftermarket,

Secara kasar, dapat dikatakan bahwa perbedaan custom dan modifikasi terletak pada niat pembuatnya. mobil custom dibuat untuk berkarya dari nol. Sedangkan modifikasi mobil  dibuat untuk bergaya dan kepuasan dalam mengganti sparepart.

Tag : #motor custom    #modifikasi motor    #otomotif    #tips otomotif   

Baca Juga