Modus Janjikan Kerja di PT KAI

Modus Janjikan Kerja di PT KAI, Pria di Labuhan Batu Tipu Warga Hingga Rp 1 M

Sarah | Daerah | 09-12-2021

PARBOABOA, Labuhanbatu - Polres Labuhanbatu mengungkap adanya penipuan yang dilakukan oleh seorang pria di Labuhanbatu, Sumatra Utara (Sumut). Dalam aksi penipuannya, pelaku bermodus menawarkan lowongan kerja palsu di BUMN tanpa melalui sejumlah tes persyaratan.

Pelaku berinisial ME alias Erwin (27), yang berprofesi sebagai wiraswasta, berhasil ditangkap oleh petugas Tim Satreskrim Polres Labuhanbatu pada Jumat (3/12) lalu. Pelaku diamankan petugas kepolisian dari  RSU Santa Maria, Riau, ketika sedang menjenguk temannya yang sedang sakit.

Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Rusdi Marzuk menjelaskan, petugas melakukan penangkapan terhadap pelaku usai mendapat laporan dari sembilan korban yang telah ditipu oleh pelaku.

“Dari hasil penipuan sejak mei 2020 lalu, pelaku telah mendapat keuntungan mencapai Rp 1 miliar setelah menipu sekira 20 orang. Uang tersebut digunakan pelaku untuk berfoya-foya,” katanya.

Pelaku melakukan penipuan dengan cara menyakinkan korban bisa keterima sebagai kariyawan di PT KAI hanya dengan memberikan uang sebesar Rp 80 - 100 juta.

Saat penangkapan, polisi menyita barang bukti bukti mobil yang digunakan untuk transportasi penipuan dan sejumlah slip setoran dari Bank BRI.

“Atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 378 atau pasal 372 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara," tukasnya.

Tag : #modus    #penipuan    #polres labuhanbatu   

Baca Juga