Modus Penyedia Beasiswa Palsu (Dok. hai.grid.id)

Jangan Sampai Tertipu! Kenali Modus Penyedia Beasiswa Palsu

Juni | Pendidikan | 06-08-2022

PARBOABOA – Sebagai mahasiswa, tak jarang kita mengalami kesulitan biaya perkuliahan. Oleh sebab itu, berburu informasi beasiswa menjadi salah satu jalan keluarnya.

Banyak informasi seputar beasiswa yang mungkin bisa kita temukan, tapi tak menutup kemungkinan beberapa diantaranya adalah hoax. Hal itu terjadi karena ulah dari oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Ketua Forum Beasiswa Indonesia, Sri Nur Hidayah, menghimbau agar para pelajar dan orang tua berhati-hati saat mencari beasiswa. Sebab saat ini semakin marak ditemukan penyedia beasiswa yang palsu.

"Ada yang mengelola dengan baik, tapi ada juga pihak-pihak yang nakal," katanya dalam siaran Instagram @beasiswaosc, Jumat 5 Agustus 2022.

Ia mengungkapkan beberapa modus yang acap kali dilakukan oleh penyedia beasiswa nakal tersebut. Salah satunya adalah dengan mengutip uang lewat pendaftaran.

"Uangnya dikumpul dia meminta uang pendaftaran. Akhirnya banyak yang dirugikan," sambungnya.

Ironisnya lagi, beberapa penyedia beasiswa tersebut ternyata hanya menggunakan judul beasiswa sebagai kedok. Uang pendaftaran yang ditetapkan tersebut digunakan untuk melatih para pendaftar untuk memperoleh beasiswa.

"Ternyata dia bukan beasiswa, judulnya aja beasiswa, mereka hanya cari orang untuk dilatih dan sebagainya, atau bahkan dieksploitasi," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya hadir untuk mengkoordinir dan menjaga etika penyelenggara beasiswa. Ia memastikan bahwa penyedia beasiswa yang masuk dalam Forum Beasiswa Indonesia sudah terpercaya.

Forum itu sendiri merupakan wadah komunikasi jaringan beasiswa di seluruh Indonesia. Wadah ini diharapkan mampu mendorong terciptanya kolaborasi antara pemangku kepentingan, penyelenggara mahasiswa dan masyarakat.

"Karena kita ingin informasi beasiswa itu dapat disebar seluas-luasnya dan ditangkap anak bangsa. Agar jaring beasiswa itu merata ke seluruh Indonesia," tutupnya.

Tag : #beasiswa    #perguruan tinggi    #pendidikan    #mahasiswa    #kuliah    #ptn    #pts   

Baca Juga