Monas Dipadati Pengunjung, Petugas Harus Kerja Keras Atasi Parkir Kendaraan

Pintu gerbang Monumen Nasional (Monas) sebelah utara. (Foto: Parboaboa/Rendi Ilhami)

PARBOABOA, Jakarta - Monumen Nasional (Monas) menjadi destinasi wisata favorit masyarakat ketika libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Dari amatan Parboaboa pada Selasa (27/12/2022), ribuan warga tampak memadati monas. Kepadatan semakin menjadi jelang sore hari.

Bahkan, saat gerbang masuk sudah ditutup sekitar pukul 16.00 WIB, masih banyak masyarakat yang mendatangi Monas. Mereka tampak berfoto ria di depan gerbang dengan latar belakang Monas dari kejauhan.

Ramainya pengunjung yang membawa kendaraan membuat petugas bekerja lebih ekstra. Pasalnya, petugas pemberlakuan contra flow parkir agar pengendara tidak melakukan pelanggaran karena kendaraannya terparkir di bahu jalan.

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Gambir, Joan Sinaga mengatakan, kepadatan tersebut membuat dirinya harus selalu sigap untuk mengarahkan pengunjung agar tidak memarkir kendaraan sembarangan.

 “Paling ganti-gantian gitu Mas, ada yang keluar dari parkiran nanti yang diluar disuruh masuk. Jadi kalau dibiarkan begitu, nanti terjadi pelanggaran karena parkir di jalan,” jelas Joan.

Ia memperkirakan wisatawan Monas sejak libur Natal meningkat sejak Sabtu (24/12/2022) lalu.

“Kalo hitungan bisa lima sampai sepuluh persen khusus warga DKI tapi ya untuk di luar orang daerah ya,” kata Joan saat ditemui Parboaboa di pintu masuk Monas Utara, Selasa (27/12/2022).

Sementara itu, Erfan, salah satu pengunjung mengungkapkan alasannya berkunjung ke Monas karena tarifnya yang cukup murah dibandingkan melancong ke luar Jakarta.

“Kalo saya ke Monas ya karena wisata murah, seratus ribu udah biasa sekeluarga,” ucap Erfan, Selasa (27/12/2022).

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS