Cara move on dari mantan (Dok: Parboaboa.com)

Apa Itu Move On? Pengertian dan Cara Move On dari Mantan

Sondang | Hiburan | 12-07-2022

PARBOABOA – Saat kamu kesulitan untuk melupakan sesuatu, itu berarti kamu sedang berada di fase belum move on. Yap, kata yang satu ini memang tengah ramai di kalangan anak muda zaman sekarang.

Jika diterjemahkan dari bahasa Inggris, move on berarti pindah. Namun arti move on berbeda ketika masuk dalam dunia percintaan.

Move on kerap dikaitkan dengan proses penyembuhan diri pasca putus cinta. Maka dari itu, banyak orang menilai bahwa move on artinya sebagai pergi menjauh dari sang mantan dengan serangkaian kenangannya.

Nah, daripada berasumsi terlalu jauh, Parboaboa telah merangkum pengertian move on lengkap dengan cara move on dari mantan yang bisa kamu lakukan untuk melupakan si dia. Simak hingga tuntas ya!

Apa Arti Move On?

Move on adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang bermakna 'pindah'. Move on sebenarnya bersifat general, yang berarti tidak selalu berpusat pada masalah percintaan.

Namun di kalangan anak muda, move on kerap diartikan dengan berpindah ke lain hati atau membuka diri untuk menerima cinta dari orang lain setelah hubungan asmaranya dengan sang mantan berakhir.

Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa arti move on sama dengan melupakan. Hal inilah yang membuat proses move on itu gagal terjadi atau sering disebut dengan gamon (gagal move on).

Padahal, konsep utama dari move on adalah bukan melupakan, melainkan berbaikan dengan semua kenangan dan ingatan yang telah terjadi. Kita diminta untuk mengikhlaskan semua yang telah terjadi di masa lalu sehingga kita tak lagi merasa sakit hati saat mengingatnya.

Seseorang biasanya akan dianggap sudah move on jika sudah memiliki pasangan baru. Jika kamu memiliki pemikiran seperti ini, itu tandanya kamu menjadikan orang baru sebagai pelarian. Hal itu tentu tidak baik dalam hubungan mu kedepannya.

Maka dari itu, kamu seharusnya berdamai dengan masa lalu mu terlebih dahulu. Jika kamu kesulitan, Parboaboa akan membantu kamu dengan sejumlah cara move on dari mantan menurut psikolog seperti di bawah ini.

7 Cara Move On dari Mantan ala Psikolog

1. Menyeimbangkan kenangan mantan yang sering terlintas

Saat baru putus, kenangan bersama mantan pasti akan selalu terlintas dalam pikiran kita. Nah, jika itu terjadi, ingatlah apa yang dikatakan oleh Guy Winch, psikolog yang menulis buku How to Fix a Broken Heart.

"Kamu perlu memastikan setiap pikiran tentang mantan tetap realistis dan tidak berat sebelah," jelas Guy Winch.

"Jika pikiranmu memunculkan momen-momen bahagia kebersamaan kalian saat weekend, kamu perlu menambahkan momen-momen weekend yang membuatmu marah dan benar-benar sedih."

2. Berhenti kepoin media sosialnya

Jika kamu ingin cepat move on dari si dia, maka berhentilah mengecek media sosialnya. Sebab, hal ini hanya akan memperkuat kehadirannya di dalam benakmu. Akibatnya, kamu akan semakin sulit untuk berhenti berfantasi tentang dirinya.

3. Jangan lagi mempertanyakan alasan hubungan kalian berakhir

Kamu tidak perlu lagi mempertanyakan kenapa hubungan kalian berakhir. Hal itu hanya akan membuatnya terus-terusan menjadi tokoh utama di dalam hidupmu. So, mari mengikhlaskan saja kenyataan yang sudah terjadi.

4. Belajar dari pengalaman

Cara move on dari mantan yang selanjutnya adalah menjadikan sakit hatimu sebagai pembelajaran. Jadi, kamu akan tahu apa yang salah dalam hubungan sebelumnya sehingga akan lebih baik jika suatu saat memulai hubungan yang baru.

5. Melakukan hal-hal yang menyenangkan

Jika pikiran mu masih terpaku ke si dia, maka kamu perlu yang namanya healing alias penyembuhan. Tidak perlu yang mahal, cukup lakukan hal hal sederhana yang menyenangkan seperti marathon nonton drama, makan es krim dan karaokean. Hal ini akan membuatmu terbiasa dengan fakta bahwa hidup terus berjalan, meskipun dia sudah tak ada lagi di sisimu.

6. Menyikirkan barang barang yang berbau mantan

Untuk menghilangkan kenangan akan si dia, kamu bisa mulai dengan menyingkirkan barang barang yang mengandung kenangan bersama mantan. Jika kamu merasa rugi, barang tersebut bisa diberikan ke orang yang lebih membutuhkan. Selain tidak mubazir, kamu juga akan lebih mudah move on dari mantan.

7. Manfaatkan dukungan dari orang-orang terdekat

Saat kita berada dalam kesulitan, orang orang terdekat bisa kamu jadikan sebagai tempat pengaduan. Setelah mendengar kisahmu, mereka tentu akan memberikan saran, dukungan dan penghiburan terbaik buat mu. Hal itu bisa kamu manfaatkan sebagai motivasi untuk move on dari mantan.

Nah, segitu dulu ya beberapa cara move on dari mantan yang bisa kamu lakukan untuk melupakan si dia. Namun ingat, move on terbaik adalah jika kamu berhasil mengikhlaskan segalanya yang sudah terjadi di masa lalu. So, selamat mencoba!

Tag : #move on    #pasangan    #pendidikan    #mantan    #hubungan asmara    #   

Baca Juga