Potret Zelensky dengan tangan kanan di dadanya saat dia menyanyikan lagu kebangsaan di Kherson, Senin (14/11/2022). (Foto: AP)

Zelensky: Mundurnya Pasukan Rusia adalah Awal dari Berakhirnya Perang

Maharani | Internasional | 15-11-2022

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi kota Kherson yang telah dibebaskan dan menjanjikan kemenangan baru akan menjadi “awal dari berakhirnya” perang melawan Rusia, pada Senin (14/11/2022).

Seperti dilansir dari AFP, Selasa (15/11/2022), kantor kepresidenan Ukraina membagikan gambar Zelensky sedang menyanyikan lagu kebangsaan negaranya sambil meletakkan tangan di dada saat bendera nasional Ukraina dikibarkan di sebelah gedung utama pemerintahan kota Kherson.

“Ini adalah awal dari akhir perang, jalan yang panjang, jalan yang sulit, karena perang mengambil pahlawan terbaik negara kita,” kata Zelensky.

Kemudian, Zelensky juga mengatakan dengan tegas bahwa Ukraina telah siap untuk perdamaian dengan seluruh wilayah negara.

“Kita siap untuk perdamaian, tapi perdamaian kita, untuk negara kita, ini semua negara kita, semua wilayah kita,” tegas Zelensky.

Perebutan kembali Kherson dari Rusia adalah salah satu keberhasilan terbesar Ukraina dalam perang yang berlangsung hampir 9 bulan. Zelensky menyatakan bahwa "harga perang ini tinggi".

"Orang-orang terluka. Sejumlah besar orang tewas. Ada pertempuran sengit, dan hasilnya adalah, hari ini kita berada di wilayah Kherson," ujar Zelensky.

Dalam kesempatan itu, Zelensky juga membagikan medali kepada tentara dan mengatakan kepada Kherson bahwa Ukraina akan selangkah demi selangkah merebut kembali semua wilayah yang telah direbut sementara dari negara kita.

Sebagai informasi, Kherson merupakan salah satu dari empat wilayah yang secara ilegal dicaplok oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tag : #volodymyr zelensky    #kherson    #internasional    #pasukan rusia mundur    #perang rusia ukraina    #putin   

Baca Juga