Ribuan nakes akan demo di Patung Kuda Jakarta (Foto: Parboaboa/Michael S)

Nakes Demo di Patung Kuda, Tuntut Pengangkatan jadi ASN

Rini | Metropolitan | 22-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - Ribuan massa yang tergabung dalam Dewan Pengurus Nasional Forum Komunikasi Nakes dan Non-Nakes Indonesia (DPN FKHN Indonesia) melakukan aksi demo di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada hari ini, Kamis (22/9).

Aksi yang diikuti ribuan tenaga kesehatan honorer maupun nonnakes ini menuntut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menerbitkan Peraturan Presiden (PP) khusus yang mengatur honorer nakes dan nonnakes bisa diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Massa aksi tiba di lokasi sejak pukul 09.00 WIB tadi dengan mengenakan pakaian berawana putih dan membawa sejumlah atribut yang bersisi tuntutan dan keluh kesah mereka.

"Tolong pikirkan nasib kami yang sudah mengabdi. Kami garda terdepan dan sampai saat ini masih jadi garda terdepan, ASN harga mati," bunyi spanduk yang dibawa massa aksi.

Sementara itu Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan, selain nakes, hari ini rencananya juga akan ada aksi dari elemen Aliansi Buruh 1001 di Patung Kuda dengan tuntutan menolak kenaikan harga BBM. Demi menjaga kelancaran demo tersebut, Komarudin mengatakan pihaknya akan menerjunkan 2.600 personel gabungan.

"Untuk hari ini kita siapkan 2.600 personel untuk mengamankan di beberapa titik itu," kata Komarudin, Kamis (22/09/2022).

Komarudin juga mengimbau agar peserta aksi menyampaikan aspirasinya dengan damai, agar tak mengganggu aktivitas masyarakat lain dan penutupan lalu lintas tak perlu dilakukan.

"Kalau untuk nanti siang (buruh) kami juga upayakan untuk bisa melakukan aksi di pintu barat daya Monas, tapi kalau tidak bisa ya mungkin penutupan lalin akan dilakukan," ucap dia.

Tag : #demo    #nakes    #metropolitan    #patung kuda    #pengangkatan jadi asn    #asn    #nakes honorer   

Baca Juga