Kisah di Balik Nama Asli Nabi Zulkifli As (Lamsari/Parboaboa.com)

Kisah di Balik Nama Asli Nabi Zulkifli As

Sari | Pendidikan | 07-04-2022

PARBOABOA - Mendapat julukan sebagai nabi dengan kesabaran yang luar biasa, ternyata nama asli nabi zulkifli adalah Basyar. Nabi Zulkifli adalah putra nabi Ayyub As. Seperti kita ketahui, bahwa nabi Ayyub As mendapat ujian hidup yang berat, mulai dari penyakit di tubuhnya dan anak-anaknya yang meninggal di usia muda.

Dalam kisah 25 nabi dan rasul, kisah nabi Zulkifli memang jarang terdengar. Sebagai umat muslim kita wajib mengetahui kisah lengkap mengenai perjalanan hidupnya. Asal usul nama asli nabi Zulkifli adalah Basyar akan kita bahas pada artikel ini dan Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber.

Kisah Nabi Zulkifli

Riwayat perjalanan hidup nabi Zulkifli hanya sedikit diceritakan dalam Al-Quran. Basyar adalah seorang putra Nabi Ayub dan ibunya Siti Rahmah yang lolos dari reruntuhan rumah dan menewaskan semua saudaranya.

Nama asli nabi Zulkifli adalah Basyar, seseorang yang taat beribadah. Beliau sanggup melaksanakan salat seratus kali dalam sehari. Kisah dibalik nama Nabi Zulkifli As adalah ketika raja dari Negeri Rom bernama Nabi Ilyasa sedang mencari penggantinya.

Raja berjanji akan menyerahkan kekuasaannya kepada siapa saja yang bertanggung jawab. Di hadapan rakyatnya, raja itu berkata,  "Siapa di antara kamu sekalian yang sanggup berpuasa pada siang hari dan beribadah pada malam harinya, juga tidak akan marah-marah, kepadanya akan saya serahkan kerajaan ini. Karena saya sudah sangat tua.”

Hal ini terdapat dalam riwayat Ibnu Jarir:

"Apabila Al-Yasa (Nabi Ilyasa), meningkat tua, dan ingin memberikan tugas untuk memimpin bangsa Israel kepada yang sesuai. Baginda mengumumkan: Hanya orang tersebut akan dipertimbangkan untuk menggantikan baginda dan yang berpuasa pada siang hari, mengingati Allah pada malam hari dan menahan diri daripada sifat marah. Salah seorang daripada mereka (Basyar) berdiri dan berkata: Aku akan patuh kepada syarat-syarat tersebut. Baginda mengulangi syarat-syarat itu semula sebanyak tiga kali dan lelaki yang sama berjanji dengan bersungguh-sungguh akan memenuhi syarat-syarat tersebut. Maka dia dilantik untuk membawa tugas tersebut."

Dari kutipan riwayat tersebut, Basyar menyanggupi persyaratan yang diberikan raja kepadanya, lalu ia diangkat menjadi raja. Pada masa kepimpimpinannya, ia berjanji menjadi hakim adil dan menyelesaikan segala perkara.

Sifat adil dan menepati janji dari Basyar pada masa itu, namanya pun diubah menjadi Zulkifli yang artinya orang yang sanggup menepati janji. Nama asli nabi zulkifli adalah Basyar. Hal ini tercantum dalam Al-Quran sebagai berikut:

"Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Zulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh". (QS Al-Anbya: 85-86).

kisah nabi Zulkifli kemudian dikenal sebagai raja yang tidak pernah lalai dalam menjalankan tugasnya. Beliau menjadi raja yang adil tanpa ada masalah. Tapi tak berselang lama, nabi Zulkifli As mendapatkan ujian dari Allah SWT.

Kala itu, ada orang-orang yang durhaka kepada Allah dan berniat untuk menjatuhkan kepemimpinannya. Kemudian Nabi Zulkifli As meminta kepada rakyat dan bala tentaranya untuk turun ke medan perang.

Namun, tidak ada satu rakyat pun yang berani. Dengan alasan mereka takut mati, sehingga Nabi Zulkifli AS berdoa kepada Allah SWT untuk menjamin hidup mereka. Allah SWT mengabulkan doanya, mereka memenangkan perang dan tidak ada seorang rakyatpun yang mati di medan perang atas izin Allah SWT.

Dari kisah diatas apa yang dapat diteladani dari nabi Zulkifli? Jawabannya sudah jelas pada sifat sabar yang dimilikinya, menjadi pemimpin yang adil, dan selalu menepati janji kepada rakyatnya. Hal ini sesuai dengan nama asli nabi Zulkifli adalah Basyar.

Setelah mengetahui kisah nabi Zulkifli As, sudah semestinya kita menjadikannya teladan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia. Apalagi ketika kita menjadi pemimpin, sikap adil haruslah kita emban.

Mukjizat Nabi Zulkifli

Allah SWT Berfirman dalam surat Al-Anbiya ayat 85-86, bahwa Allah SWT menyebut nabi Zulkifli sebagai orang yang baik dan sabar.

 ٱلصَّٰلِحِينَ مِّنَ إِنَّهُم رَحْمَتِنَآ فِ خَلْنَٰهُمْ أَدْينوَٱلصَّٰبِرِ مِّنَ كُلٌّ ۖٱلْكِفْلِ وَذَا وَإِدْرِيسَ وَإِسْمَٰعِيلَ

"Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris, dan Zulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh." (QS. Al-Anbiya: 85-86)

Berikut mukjizat Nabi Zulkifli As

  1. Mendapat Gelar Zulkifli dan Menjadi Raja
  2. Seorang Nabi yang Sabar

Demikianlah kisah Nabi Zulkili As yang bisa mengatur dan menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat nya. Jadi sekarang Anda sudah tahu kan bahwa, nama asli nabi Zulkifli adalah Basyar dan alasan perubahan namanya tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi renungan untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Ikuti terus artikel menarik suputar ajaran agama islam yang Parboaboa sajikan untuk Anda.

Tag : #pendidikan islam    #nabi zulkifli    #pendidikan    #kisah nabi    #mukjizat nabi zulkifli   

Baca Juga