Penipuan bermoduskan giveaway yang mencatut nama Baim Wong terungkap.

Nama Baim Wong Digunakan Oknum Tak Bertangung Jawab untuk Penipuan Berkedok Giveaway

rini | Hukum | 07-09-2021

PARBOABOA, Jakarta - Nama Baim Wong kembali dicatut oknum tak bertanggung jawab, yang melakukan penipuan bermoduskan menang undian melalui pesan singkat SMS.

Sebanyak 10 orang pelaku diamankan Subdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

"Pada 6 Agustus 2021 telah terjadi penipuan menggunakan media elektronik sekaligus mencemarkan nama baik seorang publik figur. Modus penipuan SMS giveaway," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Selasa (7/9/2021).

Para pelaku mengaku kru dari salah satu stasiun televisi nasional, dan memberi tahu korbannya memenangkan hadiah sebesar Rp 50 juta.

Jika berhasil menjaring korban, para pelaku penipuan ini kemudian meminta sejumlah uang untuk biaya administrasi, pajak, hingga biaya peliputan untuk ditayangkan di salah satu stasiun televisi.

Penipuan ini terungkap setelah salah seorang korban berinisial WT dan Baim Wong membuat laporan. Dari hasil penyelidikan dan menemukan fakta bahwa para pelaku berasal dari Sulawesi Selatan.

Setiap hari komplotan kejahatan tersebut bisa meraup keuntungan mulai Rp400 ribu hingga Rp10 juta.

"Mereka ini sindikat pemain lama. Kami masih dalami lagi untuk korban-korbannya," jelas Yusri.

Atas perbuatanya, para tersangka kasus penipuan dijerat dengan Pasal 378 KUHP. Dengan ancaman hukuman penjara maksimal empat tahun penjara.

Apabila masyarakat mendapatkan SMS gateway dengan menyebutkan menang hadiah atau mengatasnamakan seseorang dan meminta uang untuk biaya-biaya pencairannya, masyarakat diharapkan tidak melakukan transfer uang, karena itu merupakan tindakan penipuan.

Tag : #kriminal   

Baca Juga