Pemilik Meta PC LLC ledek Mark Yang mengganti nama Facebook menjadi Meta Olatform Inc.

Nama Meta sudah dipakai, Facebook harus bayar 260 Miliar Jika Tetap Ingin pakai Nama itu

Maraden | Internasional | 06-11-2021

PARBOABOA – Penggantian nama perusahaan yang menaungi facebook.com dari Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc ternyata sempat menuai petentangan. Pasalnya nama “Meta” telah digunakan sebagai merek dagang yang terdaftar secara internasional oleh sebuah perusahaan startup yakni Meta PC LLC yaitu sebuah startup yang bergerak dalam bidang teknologi seperti alat-alat komputer, laptop, tablet, software, dan lainnya.  

Meta PC telah mengajukan trademark "Meta" secara resmi ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada Agustus 2021. Akibatnya pihak Facebook pun berpotensi terlibat konflik kepemilikan hak atas merek dagang "Meta" tersebut.

Meta PC LLC sendiri didirikan pada November 2020. Ini adalah perusahaan kecil dengan 25 orang karyawan. Startup baru ini mengajukan trademark “Meta” untuk melindungi merek dagangnya pada pertengahan 2021, lebih dahulu daripada Facebook.

Namun Meta PC LLC mengatakan siap melepas merek dagang “Meta” kepada facebook dengan berbagai syarat. Pendiri Meta PC LLC, Zack Shutt dan Joe Darger mengatakan mereka bersedia mundur dari pengajuan trademark atas nama “Meta”, asalkan pihak Facebook bersedia membayar uang senilai 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 287 miliar kepada Meta PC LLC.

Jumlah bayaran yang diminta Meta PC LLC itu terkesan tinggi. Namun, jika tidak menuruti permintaan itu, dikawatirkan pihak facebook justru akan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi untuk kembali berganti nama. Hal itu apabila USPTO mengabulkan permohonan Meta PC LLC atas hak merek dagang “Meta”.

Saat mengajukan permohonan trademark “Meta”, salah satu pendiri Meta PC LLC, Zack Shutt mengaku tidak mengetahui adanya rencana dari pihak facebook untuk berganti nama.

Saat Facebook mengumumkan pergantian namanya, Zack Shutt sempat menanggapinya dengan lelucon. Dia bahkan memparodikan cara CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan nama baru perusahaannya.

Selain itu, kesamaan nama dengan Meta Inc atau Facebook juga membawa berkah buat Meta PC. Situs web dan berbagai akun media sosial  Meta PC LLC mengalami peningkatan jumlah follower sebanyak 5.000 persen di berbagai platform.

Tag : internasional

Berita Terkait