Deretan negara penghasil kopi terbesar di dunia (coffindo.id)

5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Wulan | Internasional | 28-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Bagi sebagian besar orang, kopi menjadi minuman favorit yang bisa dinikmati tak hanya ketika bekerja, melainkan juga saat kumpul bersama teman di kafe atau sebagai pelengkap rutinitas di pagi hari, semisal membaca koran.

Kopi sendiri sudah dikenal sejak lama, bahkan konon dari ratusan tahun silam, dan dikonsumsi banyak orang di sejumlah negara.

Namun, tahukah kamu negara mana penghasil kopi terbesar di dunia? Ya, kata-kata itu pasti pernah terlintas di benak kamu para pecinta kopi. Sebab seiring dengan popularitasnya, negara penghasil kopi terbesar di dunia juga bersaing untuk meningkatkan kualitas ekspor biji kopi pilihan. Hal tersebut dilakukan agar bisa menjadi yang terbaik dan menguasai pasar.

Diketahui, sudah lebih 70 negara di dunia memproduksi kopi. Akan tetapi, tidak semua negara tersebut menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Hanya ada lima negara yang saat ini bersaing untuk menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Negara apa saja ya?

Negara penghasil kopi terbesar di dunia

1. Brasil

Kopi, merupakan salah satu sumber pendorong perekonomian di Brazil. Dengan banyaknya permintaan kopi dunia, menjadikan kopi sebagai roda penggerak perekonomian Brazil. Oleh karena itu, Brazil menempati urutan teratas dalam pasar ekspor kopi sejak tahun 1830 hingga saat ini.

Dengan meningkatnya popularitas kopi di kalangan masyarakat Eropa, Brasil menjadi produsen terbesar di dunia pada tahun 1840-an dan sejak saat itu. Diketahui, ada sekitar 300.000 perkebunan kopi yang tersebar di lanskap Brasil.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Brasil diperkirakan akan menghasilkan sekitar 2,59 juta ton pada tahun pemasaran 2019-2020. Hal itu membuat Brasil menyumbang lebih dari sepertiga produksi kopi dunia.

2. Vietnam

Meski relatif dalam perdagangan kopi internasional, namun Vietnam bisa dengan cepat menjadi salah satu produsen terbesar. Pada 1980-an, Partai Komunis mempertaruhkan masa depan negara pada kopi, dan setiap disetiap tahun yang sama, produksi kopi meningkat sebesar 20% hingga 30%, yang sepenuhnya mengubah ekonomi negara Vietnam.

Pada tahun panen 2017/2018, Vietnam menghasilkan 1,76 juta metrik ton kopi. Kemudian Vietnam menemukan ceruk di pasar internasional dengan berfokus terutama pada biji robusta yang lebih murah. Biji Robusta sendiri diketahui memiliki kafein hingga dua kali lipat dari biji arabika, sehingga jika dikonsumsi kopi tersebut terasa lebih pahit.

Vietnam adalah produsen kopi robusta nomor satu di dunia, dengan lebih dari 40% dari produksi global pada tahun panen 2017/2018.

3. Kolombia

Berhasilnya kampanye melalui iklan yang menampilkan petani kopi Juan Valdez membantu Kolombia mendapatkan predikat sebagai salah satu negara penghasil kopi paling terkenal.

Kolombia terkenal akan kualias kopinya dan diperkirakan akan menghasilkan 810 ribu ton pada 2019-2020. Sayangnya, pada 2008 produksi kopi di Kolombia menurun lantaran dilanda hama daun yang dinamakan kopi karat. Tetapi, mereka berhasil bangkit karena negara tersebut mengganti pohon dengan varietas tahan karat.

Kolombia menempati urutan kedua dalam produksi arabika. Saat ini jutaan orang diseluruh dunia lebih menyukai rasanya yang ringan dan pas.

4. Indonesia

Lokasi dan iklim Indonesia telah membantunya menjadi penghasil biji robusta terbesar ketiga di dunia. Terhitung, total produksi kopi di Indonesia, termasuk robusta dan arabika, adalah 660 ribu ton pada 2019-2020.

Di indonesia sendiri, ada 1,2 juta hektar tanaman kopi yang sebagian besarnya dihasilkan oleh pertanian kecil dan mandiri. Masing-masing petani kopi dipekirakan memiliki satu hingga dua hetak lahan kopi.

Selain itu, Indonesia juga memproduksi beberaoa kopi yang banyak dicari, namun yang paling menarik adalah Kopi Luwak. Berasal dari kotoran musang, biji kopi ini memiliki rasa yang khas dan unik. Proses pengumpulan dan pemanenan biji kopi ini terbilang cukup intensif, dan menghasilkan salah satu biji kopi termahal di dunia.

5. Etiopia

Ethiopia juga termasuk negara produsen kopi terbesar di dunia. Ethiopia berhasil kembali berada di posisi kelima sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia pada 2018-2019 yang sebelumnya pada 2016-2017 posisi ini direbut oleh negara Honduras.

Pada 2019-2020, total produksi kopi Etiopia diperkirakan sekitar 7,3 juta kantong 60 kilogram. Menurut USDA, Ethiopia adalah produsen terbesar di Afrika. Selain itu, negara ini diketahui memiliki beragam varietas tanaman kopi yang bisa menghasilkan biji kopi dengan ciri khas yang berbeda-beda.

Tag : #terbesar    #penghasil kopi terbesar di dunia    #internasional    #brasil    #vietnam    #kolombia    #indonesia    #etiopia   

Baca Juga