Deretan negara terdingin di dunia (www.kelaspintar.id)

10 Negara Terdingin di Dunia, Ada yang -40 Derajat Celcius!

Wulan | Hiburan | 25-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Pernahkah kamu membayangkan tinggal di negara terdingin di dunia? Ngomong-ngomong, di negara yang masuk kedalam daftar negara terdingin di dunia pastinya memiliki cuaca yang tidak seperti bisanya. Masyarakat yang memilih tinggal di negara tersebut harus siap menghadapi berbagai perubahan seperti pola makan, pakaian dan gaya hidup.

Bicara soal suhu dingin di dunia, tentu saja kita sebagai orang Indonesia pasti akan terasa asing dan tidak pernah merasakannya. Hal tersebut karena Indonesia sendiri berada tepat di garis Khatulistiwa dengan suhu iklim tropis.

Lalu, negara mana saja yang dicap sebgaia negara terdingin di dunia? Berikut daftarnya!

1. Kanada

Kanada merupakan negara yang terletak di bagian utara benua Amerika dan dikenal sebagai negara terdingin di dunia. Rata-rata suhu di Kanada per tahunnya mencapai -5,35 derajat celcius. Hal tersebut disebabkan lantaran letak Kanada berdekatan dengan kutub utara bumi. Sedangkan di bagian selatan, Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat.

2. Rusia

Rusia merupakan negara dengan area terluas di dunia, meskipun sebagain besar wilayahnya adalah kutub. Rusia juga merupakan negara terdingin di dunia setelah kanada. Suhu udara terendah di negara ini bisa mencapai -40 derajat celcius pada musim dingin dan -30 derajat celcius pada musim panas. Untuk rata-rata suhu di Rusia per tahunnya diperkirakan mencapai -5,10 derajat celcius.

3. Mongolia

Negara terdingin di dunia yang ketiga adalah Mongolia. Mongolia merupakan negara yang berada di benua Asia. Bagian utara negara ini diketahui berbatasan dengan Rusia, sedangkan bagian selatannya berbatasan dengan Cina. Negara ini juga memiliki iklim yang terbilang hangat pada bagian selatannya. Pada musim panas, suhu di Mongolia cukup panas. Sedangkan jika musim dingin, suhu negara ini bisa mencapai -30 derajat celcius. Per tahunnya, rata-rata suhu di negara ini adalah -0,70 derajat celcius.

4. Norwegia

Negara yang terletak di bagian utara benua Eropa ini menjadi negara terdingin di dunia selanjutnya. Bentang alam di negara ini banyak didasari oleh pegunungan sehingga cukup tinggi jika dibandingkan dengan permukaan laut. Di daerah ini, matahari tidak akan tenggelam di musim panas dan tidak akan terbit di musim dingin. Iklim di Norwegia umumnya adalah iklim temperat dengan rata-rata suhu per tahunya yakni 1,50 derajat celcius.

5. Kirgistan

Kelima, negara terdingin di dunia adalah Kirgistan. Kirgistan merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara dan menjadi negara terdingin di benua Asia. Pada bagian selatan negara ini diketahui memiliki suhu iklim sub tropis. Saat musim dingin tiba, beberapa daerah sering dituruni hujan salju yang lebat dengan suhu rata-ratanya mencapai 1,55 derajat celcius pertahunnya.

6. Finlandia

Negara yang terkenal dengan sistem pendidikan paling baik di dunia ini menjadi negara terdingin di dunia yang berada di posisi keenam. Finlandia sendiri memiliki musim panas yang hangat dan musim dingin yang begitu dingin. Suhu rata-rata di negara ini pertahunnya yaitu 1,70 derajat celcius.

7. Islandia

Islandia merupakan negara kepulauan yang terletak di bagian utara Atlantik. Jika dibandingkan dengan daerah lain dengan posisi garis lintas yang serupa, Islandia termasuk dalam kategori yang cukup hangat. Hal itu disebabkan lantaran adanya Arus Atlantik Utara. Meski demikian, suhu rata-rata Islandia pertahunnya mencapai 1,75 derajat celcius.

8. Tajikistan

Tajikistan merupakan negara yang berada di Asia Tengah sekaligus menjadi negara terdigin di dunia. Negara di banyak dikelilingi oleh beberapa negara seperti Afganistan, Uzbekistan, Kirgistan dan Cina. Secara administratif, Tajikistan tidak mempunyai garis pantai lantaran sebagian besar wilayahnya adalah daratan. Per tahunnya suhu rata-rata di negara ini mencapai 2 derajat celcius.

9. Swedia

Negara yang menghasilkan banyak pemain sepak bola dunia ini menjadi negara terdingin di dunia yang berada di urutan kesembilan. Negara ini terletak di bagian utara Eropa. Meski terletak di bgian utara bumi, negara yang satu ini memiliki iklim yang cenderung lebih hangat. Hanya saja, suhu rata-rata per tahun di negara ini berkisar 2,1 derajat celcius.

10. Estonia

Estonia merupakan negara yang berada di bagian utara benua Eropa sekaligus menjadi negara terakhir yang mempunyai suhu udara terdingin di dunia. Negara ini iklimnya didasarkan oleh iklim kontinental. Suhu rata-rata di Estonia per tahunnya mencapai 2,51 derajat celcius.

Tag : #negara    #terdingin    #hiburan    #negara terdingin di dunia    #kanada    #rusia    #mongolia    #norwegia    #kirgistan    #finlandia    #islandia   

Baca Juga