Negara termiskin di dunia 2022 (TribunManado.co.id)

Inilah 5 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2022

Wulan | Internasional | 14-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kesejahteraan sebuah negara ternyata tidak terjamin meskipun negara tersebut memiliki wilayah yang sangat luas dan sumber daya alamnya yang melimpah.

Sampai sekarang ini, masih ada beberapa negara termiskin di dunia yang tidak dapat mengelola sumber daya yang mereka miliki. Indikator kemiskinan sebuah negara itu bisa diukur denagn melihat pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita.

Namun, faktor yang paling penting adalah

- korupsi

- kepimpinan yang otoriter

- konflik agama

Lantas, negara mana saja yang masuk daftar 5 negara termiskin di dunia pada tahun 2022? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

5. Republik Demokratik Kongo

Adapun GDP-PPP negara miskin di dunia ini 1.106 dollar AS per kapita. Menurut Bank Dunia, Republik Demokratik Kongo memiliki potensi untuk menjadi salah satu negara Afrika terkaya dan pendorong pertumbuhan untuk seluruh benua.

Namun, ketidakstabilan politik, korupsi endemik, dan sekarang pandemi virus Covid-19 terus menggagalkan potensi itu.

Menambah faktor-faktor ini, kasus baru Ebola muncul kembali di timur laut negara itu Februari lalu, kurang dari setahun setelah wabah lain merenggut nyawa lebih dari dua ribu orang membuat Republik Demokratis Kongo menjadi salah satu dari 5 negara termiskin di dunia.

4. Republik Afrika Tengah

Negara yang satu ini memiliki sejarah kelam yang panjang. Kondisi politik yang tidak stabil mengakibatkan perang sipil terus muncul. Selain itu sentimentil agama juga menjadi alasan lain mengapa negara ini sangat terpuruk.

Meskipun 45% pendapatan negeri ini didapat dari ekspor berlian, buruknya pengelolaan pemerintahan membuat perekonomian di negara ini tak kunjung stabil.

3. Somalia

Somalia adalah negara berpenduduk sekitar 16 juta orang dengan konflik internal masih menjadi masalah yang tak ada hentinya.

Keadaan negara termiskin di dunia ini semakin buruk dengan munculnya masalah kekeringan, kekerasan, banjir, kurangnya akses ke pelayanan kesehatan, cepatnya penyebaran penularan penyakit, dan tingkat pengangguran yang sangat tinggi.

Proyeksi pertumbuhan GDP lebih dari 3 persen pada 2020 harus terganggu akibat adanya pandemi, serangan belalang, dan banjir yang makin intensif, hingga akhirnya perekonomian pun menurun 1,5 persen.

2. Sudan Selatan

Konflik politik, jatuhnya harga minyak, dan naiknya biaya terkait keamanan menghantam Sudan Selatan. Selain itu, kekerasan di negara itu membuat penduduknya yang mayoritas bekerja sebagai petani jadi jarang bercocok tanam atau memanen hasil bumi.

Dampak pandemi dan serangkaian banjir paling parah yang pernah negara itu alami telah membunuh ternak, menghancurkan tanaman, dan ribuan keluarga mengungsi. Adapun pendapatan per kapita penduduknya 791 dolar AS per tahun.

1. Burundi

Terakhir negara termiskin di dunia adalah Burundi. Dengan pendapatan per kapita hanya sebesar USD253,67 menjadikan negara ini sebagai negara termiskin. Burundi sendiri berada di tengah benua Afrika dan diapit oleh Rwanda di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, dan Tanzania di selatan dan timur.

Sejak kemerdekaan tahun 1962 lalu hingga pemilu 1993, Burundi sendiri dipenuhi dengan konflik internal yang bersumber dari kediktatoran militer. Berbagai kerusuhan etnis sempat terjadi di negara itu hingga akhirnya negara ini dipenuhi kekacauan. Bahkan 250 ribu jiwa tercatat menjadi korban sepanjang tahun 1996-1999.

Itulah pembahasan mengenai indikator dan 5 negara termiskin di dunia. Perlu kamu ketahui, bahwasanya negara termiskin ini bisa berubah kapan saja mengikuti perkembangan dan penurunan ekonomi suatu negara. Karena hal itu, para ekonom menamai kondidi ini sebagai “siklus” kemiskinan.

Tag : #dunia    #negara    #internasional    #termiskin    #burundi    #sudan selatan    #somalia    #republik afrika tengah    #republik demokratik kongo   

Baca Juga