Ilustrasi kuliah di luar negeri (Dok: kompasian.com)

Daftar Negara yang Sediakan Pendidikan Gratis dan Murah Bagi Mahasiswa Internasional

Dimas | Pendidikan | 31-05-2022

PARBOBOA, Jakarta – Kuliah di luar negeri menjadi hal yang diimpikan banyak mahasiswa di Indonesia. Sebab, kuliah di luar negeri pastinya akan menambah pengalaman serta wawasan yang lebih luas.

Selain itu, pengalaman kuliah di luar negeri juga nantinya bisa dijadikan modal untuk melamar pekerjaan di kalangan perusahaan-perusahaan Multinasional dan Organisasi Internasional.

Namun, banyak mahasiswa Indonesia yang harus mengubur mimpinya dalam-dalam untuk bisa berkuliah di luar negeri. Hal itu lantaran terhalang masalah biaya.

Kuliah diluar negeri tentunya akan memakan banyak biaya. Apalagi jika para mahasiswa tidak mendapatkan bantuan seperti beasiswa dari perusahaan atau lembaga-lembaga pendidikan nasional.

Akan tetapi, bagi mahasiswa di tanah air yang tetap ingin melanjutkan studi ke luar negeri namun tidak mendapatkan beasiswa, kini tak perlu khawatir lagi. Sebab, ada sejumlah negara yang diketahui menyediakan pendidikan murah, bahkan gratis untuk mahasiswa internasional termasuk mahasiswa Indonesia.

Melansir dari akun Instagram @kobieducation, berikut ini adalah daftar negara yang memberikan pendidikan murah hingga gratis bagi mahasiswa Internasional:

1. Norwegia

Norwegia memiliki program pendidikan murah yang diperuntukan bagi warga lokal dan mahasiswa internasional. Biaya pendidikan yang harus dikeluarkan per semester masih terjangkau.

Mahasiwa hanya perlu membayar biaya pendidikan sebesar 40-60 Euro atau setara Rp600 ribu-Rp900 ribu per semester. Biaya pendidikan ini bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester di kampus Indonesia pada umumnya.

2. Slovenia

Sama seperti Norwegia, sistem pendidikan tinggi di Slovenia tidak membebaskan biaya sepenuhnya. Akan tetapi, biaya kuliah di negara ini masih terbilang murah.

Para mahasiswa internasional dapat berkuliah di kampus-kampus di Slovenia hanya dengan membayar biaya registrasi saja. Selain itu negara Slovenia juga menawarkan biaya hidup yang cukup terjangkau.

Negara yang terletak di benua Eropa ini menawarkan sekitar 150 program berbahasa Inggris yang dapat diikuti oleh mahasiswa asing. Universitas terbesar di Slovenia adalah University of Ljubljana.

3. Islandia

Islandia memberikan program pendidikan murah bagi para mahasiswa internasional. Para mahasiswa hanya diwajibkan membayar biaya kuliah sebesar USD600 atau setara dengan Rp7,9 juta per tahun.

Sama seperti Slovenia, beberapa kampus di negara ini juga banyak yang menggunakan bahasa Inggris dlam pembelajarannya.

4. Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara maju di benua Eropa Utara yang dikenal dengan sistem dan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Beberapa universitas terbaik di Finlandia di antaranya University of Helsinki, Abo Academy University, University of Turku, dan University of Tampere.

Selain terkenal akan kualitasnya, Finlandia juga memberikan program pendidikan gratis bagi para mahasiswa internasional. Namun, pemerintah Finlandia hanya menanggung biaya pendidikan saja. Untuk biaya hidup dan tempat tinggal tetap menjadi tanggung jawab masing-masing.

5. Jerman

Jerman diketahui memiliki program pendidikan gratis untuk mahasiswa internasional. Bahkan, jerman juga akan membantu para mahasiswa internasional membayar biaya penerbangan untuk kembali ke negara asalnya.

Selain itu, Jerman juga diketahui menjadi destinasi pendidikan favorit di kalangan mahasiswa internasional, sebab terdapat banyak sekali program studi berbahasa Inggris yang ditawarkan universitas-universitas di Jerman.

Beberapa universitas favorit yang dituju mahasiswa adalah Humboldt University di Berlin dan Technical University di Munich, serta masih banyak lagi universitas ternama di Jerman yang masuk dalam 100 universitas terbaik dunia.

Demikianlah seputar informasi mengenai daftar negara yang memberikan pendidikan murah dan gratis bagi mahasiswa internasional. Bagi Anda yang berminat, sebaiknya Anda mempersiap kan diri dengan mencari informasi lainnya mengenai persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya.

Tag : #kuliah    #mahasiswa    #pendidikan    #kampus luar negeri    #mahasiswa internasional    #pendidikan gratis    #pendidikan murah   

Baca Juga