Mulai Tahun Depan, Netflix Bakal Razia Pengguna yang Berbagi Password

Netflix, foto: dcnewsnow.com

PARBOABOA - Netflix berencana untuk merazia para pengguna yang berbagi password mulai awal 2023.

Netflix menyebutkan, ada 100 juta pengguna layanan berbagi password dari teman atau anggota keluarga. Sejak menerbitkan laporan perusahaan pada Juli 2022, Netflix diketahui telah kehilangan 970.000 pelanggan pada Q2 2022.

Sadar mulai kehilanggan jumlah pelanggan untuk pertama kalinya dalam 10 tahun dan merugi, CEO Netflix Reed Hasting memutuskan untuk bertindak.

Berbagai rencana pun langsung diramu untuk mendapatkan kembali jumlah pelanggan, dan salah satunya dengan menindak pengguna berbagi password Netflix.

Masih belum jelas bagaimana caranya Netflix merazia pengguna berbagi password ini, dan kita baru tahu secara pasti pada 2023 mendatang.

Mengutip laman Help Center Netflix, Kamis (22/12/2022), perusahaan mengatakan satu akun hanya bisa berbagi password dengan mereka yang tinggal bersama.

"Untuk menegakkan aturan tersebut, Netflix akan memantau alamat IP Pengguna, ID perangkat, dan aktivitas di akun," tulis perusahaan.

Netflix sendiri sudah menguji coba kebijakan baru ini di beberapa negara Amerika Selatan. Pengguna yang ingin menambahkan orang lain di luar rumahnya ke dalam akun Netflix harus membayar biaya ekstra sebesar USD 3 per bulan di atas biaya berlangganan.

Di negara-negara tempat uji coba itu, pemilik akun Netflix utama harus memberikan kode verifikasi kepada pengguna lain yang ingin mengakses akun tersebut tapi tidak tinggal serumah.

Netflix akan terus meminta kode verifikasi kepada pengguna yang nebeng akun sampai biaya tambahan itu dibayarkan.

Netflix akan menggunakan beberapa cara untuk menegakkan aturan tersebut, termasuk dengan mengawasi alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun.

Netflix memang melarang pengguna berbagi akun dengan orang lain yang tidak tinggal serumah. Tapi sejauh ini mereka tidak pernah menindak pengguna yang melanggar aturan tersebut.

Netflix juga menggunakan beberapa cara untuk menegakkan aturan tersebut, termasuk dengan mengawasi alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun.

Perusahaan juga berencana untuk menurunkan harga berlangganan dengan dukungan iklan bagi pelanggan yang ingin tetap berbagi password tetapi kamu tidak tinggal bersama.

Perusahaan juga menyebutkan Razia berbagi password ini akan dilakukan secara bertahap untuk melihat gimana reaksi dari pengguna Netflix.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS