Tata Cara Sholat Idul Fitri (Lamsari/Parboaboa.com)

Niat Sholat Idul Fitri dalam Bahasa Arab, Lengkap dengan Tata Caranya

Sari | Pendidikan | 30-04-2022

PARBOABOA – Niat sholat Idul Fitri perlu kita pelajari sebagai umat muslim. Sebagaimana hukum dari mengerjakannya adalah sunnah muakkad. Sejak disyariatkan pada tahun kedua hijriah, Rasulullah SAW sebagai suri teladan bagi umat Islam, selalu melaksanakannya hingga beliau wafat.

Hari raya Idul Fitri 1143 H akan segera tiba. Bila melihat kalender, lebaran 2022 akan jatuh pada Hari Senin, 2 Mei 2022. Namun, untuk tanggal pastinya kita masih harus menunggu hasil sidang isbat yang akan digelar Kemenag pada 1 Mei 2022.

Tata cara sholat Idul Fitri banyak dipertanyakan, untuk itu Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber tentang bacaan niat sholat Idul Fitri dalam Bahasa Arab yang benar.  Agar ibadah ini dapat diterima Allah SWT, kita harus mengerjakannya dengan khusyuk. Untuk itu, langsung simak ulasan dibawah ini ya.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri adalah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan pada pagi hari saat hari raya Idul Fitri (1 Syawal). Biasanya, sholat ini dilaksanakan di tanah terbuka. Melansir dari NU Online, Rasulullah SAW keluar dari rumah menuju tempat yang luas untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Abu Sa’id berkata yang artinya:

"Sunah itu pelaksanaan shalat id di musala jika masjid desa sempit sebagaimana riwayat yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW keluar menuju ke musala dan masyarakat banyak (yang hadir) pada sholat id."

Berikut tata cara sholat Idul Fitri dan Niat sholat Idul Fitri Berjamaah

1. Sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri, disunnahkan untuk memperbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tasbih.

2. Sholat dimulai dengan menyerukan “ash-shalata jami’ah”, tanpa mendengar azan dan iqamah.

3. Membaca niat sholat Idul Fitri Berjamaah

  • Niat sholat Idul Fitri Makmum

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Latin : Ushalli sunnatan ‘iidil fithri rak’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa

Artinya: "Aku berniat salat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala."

  • Niat sholat Idul Fitri sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Latin: Ushalli sunnatan ‘iidil fithri rak’ataini imaaman lillaahi ta’aalaa

Artinya: "Saya niat salat sunah Idul Fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah Taala."

4. Setelah membaca niat sholat Idul Fitri, kemudian membaca doa iftitah

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ .

Latin: Allaahu akbar Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.

Artinya: “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.”

5. Bacaan takbir 7x sholat Idul Fitri (di luar takbiratul ihram) dan setiap takbir dianjurkan untuk membaca pelan (sirr):

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Latin: Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu Akbar

Artinya: "Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya. Tiada tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar."

6. Setelah membaca Al Fatihah, dan diteruskan dengan membaca surat pendek yang dihafal dari Al Quran. (Disunnahkan untuk membaca surat Qaf atau Surat al-A’laa)

7. Ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya berdiri seperi sholat biasa.

8. Pada rakaat kedua sebelum membaca al-fatihah, disunnahkan takbir sebanyak lima kali sambil mengangkat tangan (di luar takbiratul ihram), setiap takbir dianjurkan membaca secara pelan (sirr):

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Latin: Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu Akbar

Artinya: "Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya. Tiada tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar."

9. Membaca surat al-fatihah, diteruskan dengan membaca surat pendek yang dihafal (Disunnahkan surat al-Ghasyiyah).

10. Ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, tahiyyat dan diakhiri dengan salam.

11. Setelah salam, disunnahkan untuk mendengarkan khutbah Idul Fitri, sebelum meninggalkan masjid atau lapangan tempat pelaksanaan sholat Id.

Doa Sholat Idul Fitri

Setelah mendengarkan khutbah, dianjurkan bersama-sama untuk membaca doa sholat Idul Fitri. Dikutip dari islami.co, berikut adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah melaksanakan sholat id.

Latin: Bismillah hirrohmanirrohim,Allahumma’thini khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi. Washrif anni syarra ma fihi. Allahummaktubli fihi kulla khairin waj’alni barran fihi bi walidayya, waj’alni ya Allah min ibadikal maghfur lahum fi hadzal yaum al-mubarak. Allahumarham mautana wa mautal muslimin. Allahumma taqabbal minna tha’ati waghfir lanal khathaya was sayyi’at.

Artinya:Ya Allah berikanlah aku kebaikan dari hari ini, dan kebaikan dari setiap hal yang ada pada hari ini. Dan jauhkanlah aku dari kejelekan di hari ini dan kejelekan setiap sesuatu yang ada pada hari ini. Ya Allah catatlah pada hari ini setiap kebaikan dan jadikanlah kebaikan bagi kedua orang tuaku dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang Engkau ampuni pada hari yang berkah ini. Ya Allah ampunilah dosa para keluarga kami yang sudah meninggal dan seluruh kaum muslimin yang sudah meninggal. Ya Allah terimalah ketaatan kami dan ampunilah segala kesahalan dan keburukan yang telah kami perbuat.

FAQ – Tentang Niat Sholat Idul Fitri

  • Kapan waktu sholat Idul Fitri?

Waktu Pelaksanaan sholat Idul Fitri adalah waktu antara terbitnya matahari sampai tergelincir atau waktu seperempat siang. Pada pelaksaaan sholat ini, dianjurkan untuk dilamakan, supaya mereka yang belum menunaikan zakat fitrah dapat mengerjakannya sebelum sholat dimulai.

  • Sholat Idul Fitri berapa rakaat?

Sholat sunnah Idul Fitri dikerjakan sebanyak dua rakaat.

  • Setelah membaca niat sholat Idul Fitri dan doa iftitah berapa kali takbirnya?

Dalam mengerjakan sholat Idul Fitri, terdapat bacaan takbir 7x sholat Idul Fitri pada rakaat pertama, dan lima kali pada saat rakaat kedua.

Tag : #pendidikan islam    #niat sholat    #pendidikan    #idul fitri    #tata cara    #hari raya   

Baca Juga