Nitrophone 1, Smartphone paling aman

Ponsel Android Ini Diklaim Paling Aman di Dunia

Wanovy | Teknologi | 10-09-2021

Keamanan sejatinya dianggap penting bagi pengguna ponsel, termasuk pengguna ponsel Android. Melihat kondisi tersebut, perusahaan asal Jerman, Nitrokey merilis smartphone yang diklaim sebagai ponsel Android paling aman yang pernah ada.

Perusahaan ini sebelumnya sudah dikenal merancang gadget super aman seperti laptop dan desktop. Kini mereka mencoba peruntungannya terjun ke industri ponsel aman yang diberi nama NitroPhone 1.

Dikutip dari 9to5Google, NitroPhone 1 sebenarnya adalah Pixel 4a besutan Google, namun dimodifikasi sehingga lebih ampuh keamanannya. Sistem operasi yang aslinya Android OS pun ditukar dengan Graphene OS yang dikenal super aman.

NitroPhone 1 juga tidak menjalankan sistem operasi Android dari Google tapi memakai Graphene OS berbasis Android yang tidak hadir dengan aplikasi-aplikasi bawaan dari Google.

Memang Graphene OS kini dikenal sebagai salah satu sistem operasi Android modifikasi yang menghadirkan keamanan cukup kuat. OS ini juga bisa mati jika tidak digunakan dalam waktu tertentu.

Bahkan serangan spyware jenis apapun kabarnya bisa ditangkalnya. Pengguna masih bisa menginstall aplikasi Android seperti biasa, namun aksesnya sangat dibatasi. Aplikasi tidak bisa mengakses data yang sensitif di ponsel.

Seperti diketahui, chip Titan M sejatinya berperan menghadang upaya peretasan yang dilakukan terhadap perangkat ponsel, seperti pencegahan loading malware serta mengamankan informasi password.

Sistem penyandiannya pun diklaim sangat kuat. Terlebih, ponsel ini juga mendukung fitur Privacy Screen, sehingga pengguna tak perlu khawatir apabila ada orang lain yang berusaha "mengintip" layar smartphone mereka.

Sementara dari spesifikasinya, Nitrokey tidak membawa perubahan sama sekali di NitroPhone 1. Maka dari itu komponen seperti chipset, layar, RAM, hingga memori masih sama seperti Google Pixel 4a asli.

Namun karena dibekali fitur keamanan super, harganya melonjak jadi USD 750, jauh dari aslinya yang hanya sekitar USD 349. NitroPhone 1 saat ini sudah dijual oleh Nitrokey secara online bagi yang ingin punya ponsel Android dengan perlindungan maksimal dan kantongnya cukup tebal.

Tag : #teknologi    #nitrophone    #google    #pixel    #hp    #android   

Baca Juga