Nothing Phone (1), foto: GSMArena.com

Nothing Phone 1 Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya

Wanovy | Teknologi | 29-07-2022

PARBOABOA - Para pecinta smartphone di dunia banyak yang tak sabar menunggu kehadiran smartphone perdana dari Nothing yang dipastikan akan mengusung nama Phone 1.

Nothing Phone (1) resmi dirilis ke publik sejak minggu lalu, tepatnya pada Selasa, 12 Juli 2022.

Nothing Phone (1) merupakan ponsel pertama buatan perusahaan Nothing, yang didirikan oleh Carl Pei, mantan bos OnePlus.

Ponsel ini dikenalkan dengan mengusung desain yang cukup unik atau “nyentrik”. Keunikan Nothing Phone (1) dapat dilihat dengan jelas pada bagian punggung, yang menggunakan desain transparan.

Dari jauh, perangkat ini tampak seperti perpaduan antara bagian belakang iPhone X (dengan cangkang kamera ganda berbentuk pil) dan tepi datar iPhone 12.

Menariknya, cover belakang Nothing Phone 1 transparan, memperlihatkan koil pengisi daya nirkabel besar, beberapa sekrup, dan pola unik yang sebelumnya dibocorkan oleh sang pendiri, Carl Pei.

Namun, sebagaimana dikutip dari Engadget, Kamis (16/6/2022), Nothing belum memberikan detail lebih lanjut dalam posting-an itu.

Sebelumnya, Pei disebut akan menghadirkan ekosistem produk yang terbuka dan beragam melalui perangkat tersebut.

Sejauh ini, Phone 1 diketahui akan diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon (diperkirakan kelas menengah) dan tidak berjalan dengan OS Android murni.

Sementara itu, tim desain Nothing dipimpin oleh mantan desainer utama Dyson, Adam Bates, yang bergabung dengan perusahaan pada awal 2022.

Sesuai laporan oleh 91Mobiles, seorang pengguna di India curhat di Twitter soal masalah kualitas material yang terlihat di panel belakang Nothing Phone 1. Konon ada masalah penyelarasan dengan pita kabel, penempatan lampu kilat LED, dan banyak lagi.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa ketika mencoba mengganti unit Nothing Phone 1 yang rusak, dia tidak dapat mengajukan permintaan tersebut melalui e-commerce Flipkart.

Masalah tidak berakhir sampai di situ, pelanggan lain men-tweet bahwa perusahaan tersebut seharusnya mengirimkan Nothing Phone 1 yang rusak sebagai penggantinya. Kenyataannya malah sebaliknya.

Laman 91Mobiles sudah mengonfirmasi soal masalah tersebut ke pihak Nothing. Juru bicara Nothing mengaku sudah mengetahui hal tersebut.

"Kami menyadari bahwa beberapa pelanggan awal kami terpengaruh, skalanya sangat rendah. Standar kami sangat tinggi dan ini bukan pengalaman yang kami inginkan bagi pengguna mana pun. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Kami bekerja keras untuk mengatasi semua masalah dan pembaruan perangkat lunak terbaru telah membantu mengkalibrasi ulang efek tampilan." ujar juru bicara Nothing.

Sebelum masalah ini, Nothing Phone 1 dihadapkan pada masalah warna hijau di layar pada beberapa pengguna.

Bahkan kejadian tersebut sebelum Nothing Phone 1 resmi mulai dijual. Ada pula yang mengeluhkan piksel mati di sekitar punch hole.

Nothing sendiri baru saja merilis update yang membawa perbaikan untuk kinerja baterai dan pengalaman membuka kunci sidik jari yang ditingkatkan. Pembaruan juga menambahkan dukungan HDR10+.

Spesifikasi Nothing Phone (1)

Nothing Phone (1) memiliki dimensi 159,2 x 75,8 x 8,3 mm dengan bobot 193,5 gram. Di bagian muka, ponsel ini mengusung layar mengusung layar OLED berukuran 6,55 inci.

Layar tersebut telah mendukung resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel), refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, tingkat kecerahan (brightness) hingga 1.200 nits, serta sudah dilindungi kaca Gorilla Glass 5.

Layar ponsel ini juga sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner).

Di sisi kiri atas layar terdapat sebuah punch hole yang menampung kamera selfie 16 MP dengan sensor Sony IMX471.

Beralih ke bagian punggung, Nothing Phone (1) dibekali dua pengaturan kamera belakang, yang masing-masing terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX766 (f/1.88, OIS) dan kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, 114 derajat pandang).

Di sektor dapur pacu, Nothing Phone (1) mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 778G+ dengan teknologi fabrikasi 6 nm.

Chipset tersebut dipadukan dengan tiga varian RAM dan memori internal yang meliputi, 8/128 GB, 8/256 GB dan 12/256 GB.

Untuk urusan daya, Nothing Phone (1) ditopang oleh baterai 4.500 mAh dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) 33 watt dengan kabel.

Dengan kecepatan ini, baterainya diklaim dapat terisi penuh dalam waktu sekitar 70 menit. Nothing Phone (1) juga mendukung fast charging 15 watt untuk pengisian tanpa kabel (wireless) dan 5 watt reverse charging.

Kemudian, pada sektor software, ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12 yang dilapisi antarmuka Nothing OS (1).

Tag : #nothing phone1    #nothing    #gadget    #teknologi    #android    #iphone   

Baca Juga