Buntut Skandal Pelecehan Seksual, Aktor Squid Game Oh Young-so Dihapus dari Iklan Pemerintah

Penulis : Wulan | Hiburan | 29-11-2022

Aktor Oh Young-soo saat berperan di film Squid Game (Foto: Netflix)

PARBOABOA, Jakarta - Aktor senior Korea Selatan Oh Young-soo kehilangan sejumlah proyek yang dijalankannya setelah terjerat kasus dugaan pelecehan. Tak hanya itu, sejumlah iklan yang menampilkan bintang film Squid Game itu juga hilang buntut kasus tersebut.

Adapun hal itu dilakukan usai pemenang Golden Globe berusia 78 tahun tersebut didakwa atas tuduhan melakukan pelecehan seksual pada seorang wanita.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata juga turut mengumumkan bahwa mereka sudah menghapus iklan yang menampilkan Oh Young-soo. Di mana iklan itu mempromosikan reformasi peraturan pemerintah.

Selain itu, sejumlah foto dan unggahan yang menampilkan Oh Young-soo juga telah dihapus dari kanal YouTube pemerintah Korea Selatan. Kantor Koordinasi Kebijakan Pemerintah Korea juga menghapus foto Oh Young-soo dari situs web mereka.

Di sisi lain, ia juga dikabarkan mundur dari perannya dalam “Love Letters” yang dijadwalkan tampil di Jeonju pada 14 Januari 2023.

Semua hal tersebut terjadi setelah ramai kembali pemberitaan dugaan pelecehan yang dilakukan Oh Young-soo. Ia awalnya didakwa atas dugaan menyentuh tubuh seorang perempuan secara tak pantas pada pertengahan 2017.

Kasus bermula saat polisi menerima pengaduan dari korban pada Desember 2021. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dengan mewawancara para saksi dan meninjau pendapat pengacara.

Namun, polisi akhirnya memutuskan tidak melanjutkan kasus tersebut pada April 2022. Korban kemudian mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Banding itu pun diterima sehingga kasus tersebut diselidiki ulang oleh kejaksaan. Hasil penyelidikan menemukan bukti yang mendukung dugaan pelecehan sehingga kasus naik ke pengadilan.

Sehubungan dengan kasus itu, Kantor Kejaksaan Distrik Suwon Cabang Seongnam dikabarkan telah memberi dakwaan tanpa penahanan kepada Oh Young-soo.

Sementara itu, Oh Young-soo juga telah memberikan pernyataan resmi yang membantah tuduhan tersebut. Bintang Squid Game itu mengatakan bahwa saat itu ia hanya memegang tangan tanpa niat melecehkan.

"Saya hanya memegang tangannya untuk memandu jalan di sekitar danau," tutur Oh Young-soo kepada jTBC, seperti diberitakan SBS via Naver, Jumat (25/11).

"Saya meminta maaf karena [orang tersebut] mengatakan dia tidak akan mempermasalahkannya, tetapi itu tidak berarti saya mengakui tuduhan itu," lanjutnya.

Kiprah Oh Young-soo sebagai aktor melambung saat dirinya tampil dalam serial Squid Game. Ia berperan sebagai Oh Il-nam, pria tua yang menderita tumor otak dan menjadi salah satu peserta permainan maut tersebut.

Berkat peran itu, ia berhasil meraih prestasi hingga kancah internasional. Salah satunya menjadi pemenang kategori Best Supporting Actor for Television dalam Golden Globe Award 2022.

Editor : -

Tag : #oh young-so    #pelecehan seksual    #hiburan    #squid game    #korea selatan    #oh young-so pelecehan seksual    #selebriti    #boikot   

Baca Juga