Olahan Sayur yang Disukai Anak Anak, Bunda Wajib Coba!

Olahan Sayur yang Disukai Anak Anak, Bunda Wajib Coba!

Sondang | Selera Nusantara | 29-10-2021

PARBOABOA, Siantar – Anak-anak pada umumnya sangat benci untuk makan sayur. Dokter Spesialis Anak, dr. Robert Soetandio, Sp.A, M.Si.Med mengatakan, mayoritas anak tidak suka makan sayur disebabkan oleh rasanya tidak seenak lauk daging, ayam, atau buah.

Padahal, sayur memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang anak karena kandungan nutrisinya. Sayur memiliki berbagai kandungan yang sangat sehat, termasuk serat, vitamin dan antioksidan.

Namun, bunda gak usah bingung. Parboaboa sudah merangkum cara mengatasi masalah tersebut. Terdapat 5 olahan sayur yang bisa bunda coba, dijamin bikin anak suka dengan sayur.

1. Nugget Sayur

Frozen food seperti nugget memang sangat disukai oleh anak anak. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang gurih serta teksturnya yang garing. Bunda bisa mencoba dengan menyelipkan sayuran ke dalam adonan nugget.

Nugget ini tetap dibuat dari daging ayam giling, tapi dengan tambahan irisan bayam dan wortel. Setelah digoreng hingga matang, ajak deh anak anda menyantap nugget sayur ini dengan tambahan nasi putih dan saus tomat.

2. Mie Bayam

Hampir semua orang pasti menyuka mie, termasuk anak anak. Nah, kesukaan anak-anak pada mie ini bisa sekali bunda manfaatkan untuk memberikan asupan sayuran. Salah satu caranya adalah dengan membuat mie bayam.

Mie dibuat dari campuran bayam yang dihaluskan, telur, tepung terigu, dan tepung sagu. Adonan tersebut kemudian diuleni hingga halus, dipipihkan, dan dipotong memanjang. Mie bayam ini bisa anda olah menjadi berbagai makanan, mulai dari mie ayam hingga mie goreng.

3. Egg Roll

Makanan ini cocok sekali dijadikan sarapan untuk anak anda sebelum berangkat sekolah. Tidak hanya nikmat, egg roll ini juga bergizi dan mudah dibuatnya.

Bunda cukup mengocok 3-4 butir telur bersama wortel, bayam, dan tomat, kemudian didadar dan digulung secara bertahap. Setelah matang, iris-iris supaya terlihat cantik, dan langsung sajikan.

4. Otak Otak Sayur

Otak-otak memiliki bentuk yang unik dan bisa bikin anak-anak penasaran. Maka dari itu, memodifikasi otak-otak dengan isian sayuran pasti bisa mengakali si kecil yang ogah makan sayur.

Adonan yang terdiri dari ikan tenggiri, putih telur, dan tepung sagu dicampurkan dengan potongan wortel dan buncis, dibumbui garam dan merica, kemudian dibungkus daun pisang, dan dikukus hingga matang.

Diolah menjadi otak-otak, nutrisi dari sayuran pun tetap terjaga karena hanya dikukus saja. Tapi kalau ingin digoreng pun juga bisa. Digoreng sebentar saja dalam minyak panas supaya nutrisinya tidak hilang. Otak-otak sayuran ini bisa juga dijadikan bekal sekolah atau camilan sore anak anda.

5. Keripik Wortel

Makanan renyah memang paling mudah mengambil hati anak-anak, salah satunya keripik. Keripik bisa dibuat hampir dari seluruh bahan makanan, termasuk sayuran seperti wortel. Wortel ini anda cuci bersih, potong tipis-tipis, dan keringkan hingga tidak ada lagi air tersisa.

Setelah itu, panggang wortel dalam oven bersuhu 150-180º C hingga renyah, lalu hidangkan deh. Keripik wortel ini tidak melalui proses rebus atau goreng, sehingga nutrisinya masih terjaga dengan baik.

Selamat Mencoba!

Tag : selera nusantara, sayur, anak anak

Berita Terkait