Kumpulan olahraga ekstrem yang tersedia di Indonesia

Picu Adrenalin, Ini 8 Olahraga Ekstrem Yang Ada di Indonesia

Andre | Olahraga | 07-06-2022

PARBOABOA - Olahraga ekstrem adalah istilah populer yang digunakan untuk jenis olahraga dengan tingkat bahaya yang tinggi.

Olahraga ini menjadi daya tarik tersendiri buat yang ingin memicu adrenalin dengan pengalaman yang mendebarkan jantung.

Secara umum, olahraga ini penuh bahaya dan syarat untuk mencobanya juga harus memiliki nyali yang kuat.

Contohnya seperti memanjat tebing yang terjal, arung jeram, berselancar di ombak yang tinggi, hingga paralayang.

Nah, Indonesia adalah surganya untuk melakukan aktivitas menantang adrenalin tersebut. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki beragam kondisi alam yang mendukung.

Yuk cari tahu olahraga ekstrem apa saja yang bisa dilakukan di Indonesia.

1. Panjat Tebing

Tebing Carstenz Pyramid, Papua (Foto: Foreman7.org)

Indonesia memiliki banyak lokasi panjat tebing terbaik dan menjadi primadona para pecinta alam. Beberapa tempat juga menyajikan pemandangan alam yang indah ketika kamu berhasil memanjat sampai ke puncak.

Adapun beberapa tempat terbaik untuk panjat tebing di antaranya:

  • Tebing Lembah Harau, Sumatera Barat
  • Tebing Citatah, Jawa Barat
  • Gunung Parang, Jawa Barat
  • Gunung Api Purba, Yogyakarta
  • Tebing Pantai Siung, Yogyakarta
  • Tebing Uluwatu, Bali
  • Puruk Sandukui, Kalimantan Tengah
  • Tebing Bukit Kelam, Kalimantan Barat
  • Tebing Carstenz Pyramid, Papua
  • Tebing Bambapuang, Sulawesi Selatan

Nah, yang perlu dipehatikan dalam olahraga panjat tebing adalah pemanjat harus memiliki fisik yang kuat dan keterampilan tinggi, karena kesalahan kecil bisa berakibat fatal.

2. Arung Jeram

(Foto: Instagram/ndayungrafting.official)

Rafting atau yang dikenal arung jeram adalah kegiatan meluncur di sungai dengan arus deras yang dipenuhi bebatuan.

Kegiatan ini memadukan unsur olahraga, rekreasi, petualangan, edukasi, dan tantangan.

Nah, Indonesia sendiri memiliki jumlah sungai sangat banyak. Bahkan, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sungai yang menawarkan keunikan tersendiri dengan jeram yang menantang dan hutan lebat di pinggiran sungai.

Perlu diingat, arung jeram termasuk kategori olahraga ekstrem karena risikonya yang tinggi mengingat perahu karet yang dinaiki bisa terbalik karena derasnya arus sungai atau terkena bebatuan.

Lihat Juga: Mengenal Sejarah Olahraga Air Ekstrem Rafting

Olahraga yang satu ini tak hanya memacu adrenalin semata, namun juga sebagai obat penghilang stress dari padatnya rutinitas sehari-hari.

3. Sky Diving

Sky Diving (Foto: healthfitnessrevolution.com)

Sky diving atau terjun payung menjadi salah satu olahraga paling ekstrem yang bisa membuat jantungmu berdebar. Olahraga ini diawali dengan loncat dari pesawat sembari melayangkan diri di langit, namun dibantu dengan alat pengaman parasut.

Pada ketinggian tertentu, para pelompat harus melepaskan parasut. Jadi, untuk melakukan sky diving diperlukan pengetahuan dan latihan cukup mengingat risikonya yang besar.

Sky diving cukup menyenangkan bagi mereka yang sudah berpengalaman. Nah, bagi yang baru mau mencoba, harus didampingi ya, demi menghindari kemungkinan terburuk.

Di Indonesia, terdapat beberapa kawasan-kawasan yang seringkali digunakan untuk atraksi sky diving seperti Pulau Setoko (Batam), Megamas (Manado), Nusawiru (Jawa Barat), gunung Bromo (Jawa Timur), dan Danau Lido yang terletak di Jawa Barat.

Lihat Juga: Tempat Sky Diving Indonesia Yang Cocok Untuk Memacu Adrenalin

4. Surfing

(Foto: Instagram/surfingworld)

Indonesia adalah negeri yang dipenuhi laut biru dengan deburan ombak cantik dan menantang. Hal ini menjadikan pantai-pantai di Indonesia sebagai rumah bagi para peselancar handal.

Tak jarang, banyak turis mancanegara yang rela berkunjung ke berbagai daerah Indonesia hanya untuk berburu ombak indah ini.

Olahraga surfing mungkin terlihat tidak berbahaya, tapi sebenarnya menyimpan risiko besar. Tenggelam, tergulung ombak, hingga diserang hiu adalah masalah yang sering dirasakan para peselancar.

Terdapat beberapa destinasi wisata pantai yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan surfing seperti:

  • Mentawai, Sumatera Barat
  • Nusa Peninda dan Nusa Lembongan, Bali
  • Kepulauan Hinako dan Kepulauan Nias, Sumatera Utara
  • Pantai Tanung Setia, Lampung
  • Pantai Ombak tujuh, Sukabumi
  • Pantai Wediombo, Yogyakarta
  • Pulau Sumba dan Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur

5. Flyboarding

(Foto: Zurich.co.id)

Flyboarding merupakan salah satu olahraga air ekstrem yang cukup populer belakangan ini. Olahraga ini sangat seru dilakukan karena membawamu melayang di udara dengan menggunakan sejenis sepatu jet yang menyemburkan air.

Olahraga ekstrem yang dikembangkan oleh penghobi stunt asal Prancis ini terbilang cukup cepat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Terdapat beberapa titik destinasi pantai yang menawarkan sensasi bermain flyboarding seperti Pantai Losari di Makasar, Nusa Lembongan dan Tanjung Benoa di bali, hingga Gili Trawangan yang berlokasi di Lombok.

6. Paralayang

(Foto: Rinjanilombok)

Beralih ke udara, paralayang adalah olahraga ekstrem yang dilakukan dengan cara terbang bebas menggunakan parasut.

Selain memicu adrenalin, kegiatan ini seru dan menyenangkan karena bisa menikmati pemandangan indah dari udara. Berbagai manfaat dapat dirasakan ketika melakukan aktivitas paralayang, seperti menghilangkan stress dan meningkatkan keseimbangan badan.

Olahraga paralayang dilakukan dengan cara lepas landas dari lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Beberapa spot paralayang yang terkenal di Indonesia antara lain Bukit Riug, Bukit Timbis, Tanjung Benoa, Gunung Panten, Pucak Lawang, Gunung Banyak, dan Gunung Mas.

7. Bungee Jumping

(Foto: Bungy.co.nz)

Ingin merasakan sensai terjatuh dari ketinggian puluhan meter? Maka olahraga ekstrem Bungee Jumping bisa kamu cobain.

Saat melakukan aktivitas yang memicu adrenalin ini, kamu tidak perlu khawatir, karena olahraga ini dilengkapi dengan pengamanan.

Meskipun olahraga Bungee Jumping sangat jarang ditemukan, namun ada beberapa spot di Indonesia yang menawarkan aktivitas menegangkan ini, di antaranya adalah jembatan Gantung Lau Hulung di Deli Serdang, jembatan Duwet di Yogyakarta, jembatan Rajamandala di bandung, hingga Desa Blangsinga di Gianyar dan Jalan Arjuna Seminyak di Bali.

Bungee Jumping juga menjadi salah satu olahraga pemicu adrenalin favorit bagi turis mancanegara. Apakah kamu punya cukup nyali untuk mencobanya?

8. Selancar Layang

Selancar Layang (Foto: RedBull.com)

Olahraga ekstrem pemicu adrenalin yang terakhir adalah Kite Boarding, Kite Surfing atau yang dikenal selancar layang.

Selancar layang ini merupakan olahraga air yang menggunakan kekuatan layang-layang untuk surfing.

Dalam olahraga ini, kamu tidak hanya menaklukkan ombak di lautan, tetapi juga harus pandai mengendalikan parasut yang dihembuskan oleh angin.

Di Indonesia sendiri, olahraga ini belum terlalu populer dan hanya beberapa daerah saja yang sudah mulai mencoba dan mengenalkannya.

Dikutip dari Facts of Indonesia, terdapat beberapa destinasi selancar layang yang ada di Indonesia, di antaranya:

  • Pantai Sanur, Bali
  • Pantai Canggu, Bali
  • Pulau Tabuhan, Banyuwangi
  • Pantai Ujong Pancu, Aceh
  • Pulau Lhoknga, Aceh,
  • Pulau Mentawai, Sumatera Barat
  • Pulau Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur
  • Gili Air, Nusa Tenggara Barat
  • Pantai Kaliantan, Lombok
  • Pulau Bintan, Riau
  • Jeneponto, Sulawesi Selatan

Nah, itulah beberapa olahraga ekstreme yang bisa kamu temukan di Indonesia lengkap dengan lokasi yang bisa kamu kunjungi untuk menjajalnya.

Semua aktivitas ini berisiko, namun kamu bisa meminimalkan risiko tersebut dengan rajin latihan fisik dan selalu menerapkan prinsip-prinsip keamanan ketika melakukannya. Selamat memacu adrenalin!

Tag : #olahraga ekstrem    #adrenalin    #olahraga    #arung jeram    #flyboarding    #sky diving   

Baca Juga