Ilustrasi kegiatan berselancar atau surfing (Foto: SURFER Magazine)

Olahraga Surfing: Pengertian, Manfaat, Teknik, dan Tempat Terbaik Melakukannya

Michael | Olahraga | 07-06-2022

PARBOABOA – Tahukah kamu apa itu olahraga selancar atau surfing? Ya, ini merupakan salah satu olaharaga air yang menantang adrenalin. Selain itu, kegiatan ini juga termasuk olahraga ekstrem karena memiliki resiko tinggi jika tidak dalam pengawasan atau teknik yang benar.

Di artikel kali ini, kita akan membahas seputar olahraga selancar atau surfing. Sederhananya, selancar atau surfing adalah olahraga mengendarai ombak dalam posisi tegak. 

Peselancar menangkap gelombang laut, sungai, atau buatan manusia, dan meluncur melintasi permukaan air sampai ombak pecah dan kehilangan energinya.

Mengusai olahraga selancar atau surfing adalah tentang menguasai ilmu/sains, dimana kita perlu tau bagaimana gelombang bergerak melintasi lautan membawa energi saat mereka pergi, dan bagaimana kita bisa menangkap sebagian dari energi ini untuk menggerakan diri kita sendiri.

Tujuan utama selancar adalah untuk naik dan maju pada bagian depan gelombang yang tidak terputus menggunakan papan selancar.

Banyak sejarahwan dan penggemar selancar percaya bahwa esensi selancar atau surfing adalah dalam bodysurfing, seni meluncur di atas ombak hanya menggunakan tubuh sebagai permukaan yang merencanakan.

Menurut Universitas Hawaii, penanggalan bodysurfing sudah ada sejak 2.000 SM, tetapi bukti pertama aktivitas bodysurfing di dunia baarat baru muncul pada tahun 1899, ketika orang Australia, Fred Williams mendapat beberapa pelajaran dari kepulauan Tommy Tana di Polinesia.

Olaraga selancar dimulai antara aband ke-19 dan ke-20, tetapi menunggang ombak adalah praktik lama yang berasal dari budaya Polinesia kuno dan Peru kuno.

Pengertian Olahraga Selancar/Surfing

Berselancar atau surfing merupakan olahraga yang dilakukan pada ombak tinggi dan sebagai olahraga ekstrem, berselancar atau surfing dapat meningkatkan adrenalin Anda.

Olahraga surfing dilakukan menggunakan papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak.

Papan akan bergerak menggunakan kekuatan arus ombak di bawahnya dan arahnya digerakkan oleh seorang peselancar.

Surfing dapat menjadi alternatif yang menyenangkan untuk olahraga air, karena banyak dari kita membayangkan bahwa olahraga ini adalah olahraga paling popular yang dilakukan di permukaan laut.

Manfaat Olahraga Selancar/Surfing

Olahraga selancar atau surfing memiliki banyak manfaat, selain menyehatkan badan ternyata kegiatan berselancar mampu meningkatkan adrenalin kita.

Membantu Persoalan Kesehatan Mental Anda

Latihan yang membuat senang dan juga dapat meningkatkan adrenalin, seperti berselancar, membantu mengimbangi dari efek negatif dan stres.

Dan itu bisa membuat pikiran Anda sehat. setidaknya stres Anda akan hilang untuk sementara waktu.

Asupan Vitamin D

Vitamin D yang Anda terima karena Anda berada di luar di bawah sinar matahari sangat penting untuk tulang yang kuat, karena mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam darah.

Vitamin D juga dapat membantu Anda agar bisa mengatur pertumbuhan sel – sel pada kulit. Agar bisa mendapatkan kesehatan seperti di atas, Anda dapat melakukannya dengan olahraga selancar.

Mendapatkan Tidur Yang Lebih Baik Dan Berkualitas

Beberapa penelitian di luar negeri mengatakan bahwa manfaat berselancar akan meningkatkan manfaat positif untuk proses tidur Anda di malam hari.

Kualitas tidur (8 jam sehari) sangat penting bagi manusia, karena memungkinkan otot Anda untuk meningkatkan dan tidak ada waktu untuk membuat Anda bahagia seperti perasaan indah bangun di pagi hari merasa segar dan bugar. Antusiasme yang lebih besar untuk bekerja dan beraktifitas.

Membakar Kalori

Berselancar akan memperkuat inti kaki dan tubuh melalui gerakan yang terus berubah karena tingginya gelombang di laut.

Berselancar selama 30 menit atau 60 menit dapat membakar hingga 130 – 260 kalori di tubuh Anda.

Memperkuat Otot – Otot

Latihan ini juga dapat memperkuat otot punggung Anda dan bahu Anda menjadi lebih kuat dan Anda dapat memperkuat kaki Anda karena Anda perlu berselancar untuk menjaga keseimbangan ketika kaki Anda berada di papan selancar.

Meningkatkan Fleksibilitas

Berselancar juga bisa membantu dalam meningkatkan fleksibilitas Anda dan tidak hanya membantu Anda untuk menjadi peselancar yang lebih baik, tetapi juga dapat membantu mencegah cedera ringan di masa depan.

Membantu Menghilangkan Stres

Berselancar atau olahraga surfing, termasuk olahraga yang dapat meningkatkan adrenalin Anda.

Jika Anda mengalami banyak stres di tempat kerja atau di rumah, berselancar menawarkan cara untuk melepaskan stres dalam kenyataan.

Anda bisa sejenak melupakan masalah Anda sambil berselancar di ombak dan pikiran Anda akan terfokus hanya pada bagaimana menaklukkan gelombang berikutnya dengan cepat dan berani.

Teknik Berselancar/Surfing

Teknik Popping Up

Teknik Popping Up yakni suatu teknik yang dapat dilakukan setelah mencapai jarak di tengah pantai untuk mendapatkan ombak yang cukup besar dan hentikan kayuhan. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik ini, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan melakukannya dengan bisa berenang.
  • Segera letakkan kedua telapak tangan ke atas papan.
  • Dorong tubuh ke atas dengan menggunakan kedua tangan.
  • Gunakan salah satu kaki untuk dapat membantu dan memberikan tolakan dengan menginjak papan surfing.
  • Biarkan kaki yang lainnya mengikuti gerakan ke atas.
  • Popping up harus dilakukan secara cepat.
  • Pastikan kondisi pada pijakan kaki yang stabil supaya dapat untuk menguasai gerakan dengan sempurna.
  • Saat nanti akan melakukannya lihat kodisi gelombang yang bergoyang-goyang.

Teknik Paddling

Teknik paddling yakni suatu teknik yang paling dasar untuk dapat melakukan olahraga ini karena dengan menguasai teknik ini maka peserta akan mudah untuk melakukannya. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik ini, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan terlebih dahulu kita harus bisa berenang ke tengah pantai.
  • Pastikan membawa papan surfing bersama kita.
  • Lakukan berenang sambil membawa papan surfing.
  • Ambil papan surfing sambil mengayuh menggunakan kedua tangan.
  • Pastikan berbaring dengan posisi yang tepat dan hidung berada tepat di atas permukaan air.
  • Jangan terlalu jauh atau kurang jauh ke depan.
  • Dan yang terakhir rapatkan jemari supaya tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Beberapa teknik di atas memiliki tujuan yaitu harus mengeluarkan terlalu banyak tenaga sehingga posisi tubuh di atas papan surfing selain itu juga harus di lengkungkan tubuh ke atas permukaan laut untuk memperlambat kayuhan papan.

Tempat Terbaik Untuk Berselancar/Surfing

Sebagai negara maritim, Indonesia memang sebagai surganya para surfer atau peselancar untuk melakukan surfing sepuasnya.

Berikut adalah lima tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta surfing atau berselancar:

Pulau Mentawai, Sumatera Barat

Selancar merupakan atraksi wisata bahari yang menjadi primadona di Pulau Mentawai, Sumatera Barat.

Hal tersebut dikarenakan gelombang atau ombak yang memiliki karakteristik dan telah memenuhi standar internasional (five star).

Jadwal wisata bahari ke Pulau Mentawai dari bulan Februari sampai dengan bulan November.

Waktu puncak pada bulan April sampai September, dimana waktu puncak sesuai dengan kalender musim. Pada bulan puncak tersebut sedang musim angin barat serta gelombang laut sangat besar.

Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali

Nusa Penida telah dikenal sebagai spot terbaik untuk surfing.

Nusa Penida terletak di Kecamatan Nusa Penida dan Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Nusa Penida bagian dari segitiga terumbu karang dengan keanekaragaman laut tertinggi di dunia.

Nusa Penida memiliki bagian yang disebut Nusa Lembongan. Nusa Penida dan Lembongan memiliki kegiatan bahari, yakni aktivitas yang memerlukan sarana dan prasarana dan pengetahuan yang baik.

Wisata bahari merupakan salah satu wisata minat khusus dimana kegiatannya berhubungan dengan air, pantai maupun laut.

Pantai Grajagan, Jawa Timur

Pantai Grajagan, Jawa Timur berpasir hitam terletak di 52 km selatan jantung kota Banyuwangi. Berada di dalam area pemanfaatan hutan Banyuwangi seluas 314 hektar di dalam Taman Nasional Alas Purwo, dekat Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo.

Fungsi pantai Grajagan adalah sebagai pintu gerbang menuju tempat berselancar.

Pemandangan pantai yang luas dihiasi bukit dan gua. Obyek wisata selancar Pantai Grajagan sudah memiliki taraf internasional dan ombaknya juga besar.

Keindahan ombak ini merupakan “one of the best five in the world”.

Pantai Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat

Pantai Pangandaran merupakan destinasi yang memiliki kunjungan paling tinggi atau banyak sebagai tujuan favorit. Pada pantai ini pun dapat melihat matahari terbit dan terbenam.

Aktivitasnya pun beragam, salah satu contoh adalah berselancar.

Selain Pangandaran, juga terdapat Batukaras. Dimana Pantai Batukaras merupakan objek suatu wisata yang memiliki elemen-elemen keindahan alam sehingga para wisatawan tertarik untuk mengunjungi.

Ombak Tujuh, Sukabumi, Jawa Barat

Ombak Tujuh terletak sekitar 12-13 km dari ujung genteng. Pantai Ombak Tujuh karena memiliki ombak yang selalu berurutan tujuh.

Pantai ini dikenal sebagai pantai dengan pukulan ombak besar dengan gema suaranya terdengar hingga tujuh kali dentuman.

Demikianlah artikel pembahasan kita mengenai olahraga selancar atau surfing. Sekarang Anda jadi tau kan, apa itu surfing, bagimana manfaatnya, dan teknik yang digunakan. Sampai bertemu pembahasan selanjutnya.

Tag : #olahraga ekstream    #surfing    #olahraga    #selancar    #bodysurfing   

Baca Juga