Ilustrasi seseorang yang melakukan meditasi (Dok: roomme.id)

5 Rekomendasi Olahraga untuk Orang yang Super Sibuk, Mudah Banget Loh!

Dimas | Olahraga | 23-07-2022

PARBOABOA -  Aktivitas yang super sibuk, kerap dijadikan alasan oleh sebagian besar orang untuk melewatkan olahraga. Padahal, seseorang akan mudah sakit dan kurang produktif jika tidak melakukan aktivitas olahraga secara rutin.

Setiap orang idealnya wajib melakukan olahraga secara rutin. Oleh karena itu, Parboaboa telah merangkum beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan seseorang yang memiliki aktivitas yang sangat padat (Super sibuk).

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan Jenis olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan bagi orang yang super sibuk. Durasi jalan kaki yang bisa dilakukan adalah 30 menit dengan jeda setiap 10 menit sekali. Anda bisa sesekali melakukan jalan cepat dan joging santai.

Berbagai manfaat yang didapat usai rutin berjalan kaki, yakni menurunkan risiko terkena stroke, memperkecil peluang terkena serangan jantung, menjaga berat badan, dan menguatkan sendi serta tulang.

2. Squat

Squat merupakan salah satu bentuk olahraga sangat sederhana dengan cara membuka kaki selebar bahu dan tubuh diposisikan seolah-olah sedang duduk di kursi. Sudut yang harus dibentuk diusahakan mencapai 90 derajat.

Gerakan mudah ini mempunyai banyak manfaat jika dilakukan secara rutin. Membentuk otot, membakar lemak, menyehatkan sistem pencernaan tubuh, dan memperbaiki postur.

Anda hanya perlu melakukannya sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu dengan jumlah 150 kali squat. Dengan melakukan olaharaga ini, Anda akan mendapatkan bentuk tubuh ideal dan tentunya kondisi tubuh bugar.

3. Meditasi

Menurut Healthline, meditasi merupakan sebuah proses untuk melatih pikiran anda untuk fokus. Namun, terdapat banyak manfaat dari melakukan meditasi. Dengan hanya melakukan duduk tegak, memejamkan mata, sambil mengambil napas dalam-dalam, anda telah berpartisipasi untuk meningkatkan kesehatan emosional dan menurunkan tekanan darah anda.

4. Yoga

Dikutip dari Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa orang yang berlatih yoga secara rutin memiliki kadar kortisol atau hormon stres yang rendah. Namun jika anda tidak memiliki motivasi untuk bergerak, cobalah untuk melakukan restorative yoga pose yang sangat cocok untuk Anda lakukan.

5. Jumping jack

Olahraga yang satu ini dilakukan dengan merentangkan tangan ke atas dengan posisi kaki tertutup dan melompat sembari memindahkan tangan ke atas kepala dan posisi kedua kaki terbuka lebar.

Anda bisa melakukan gerakan ini secara berulang kali selama kurang lebih 45 detik. Mengutip Insider, jumping jack baik untuk memperkuat kardiovaskular, meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat tulang.

Ketika lompatan dilakukan, maka tubuh bekerja melawan gravitasi. Otomatis berat badanlah yang menjadi tumpuan untuk bertahan. Hal ini yang kemudian akan membuat tubuh bugar dan meningkatkan kualitas kardiovaskular.

Nah, itulah seputar informasi mengenai rekomendasi olahraga yang mudah untuk dilakukan. Cobalah lakukan olahraga diatas agar tubuh Anda tetap dalam kondisi sehat dan bugar. Semoga bermanfaat!

Tag : #meditasi    #yoga    #olahraga    #squat    #stroke    #serangan jantung   

Baca Juga