Oleh-oleh khas Bangka Belitung, foto: daerahkita.com

10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bangka Belitung, Cocok Dibawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 07-06-2022

PARBOABOA, Bangka Belitung - Bangka Belitung menjadi tempat wisata yang banyak di datangi oleh turis asing maupun lokal.

Kekayaan alam yang indah, membuat pulau dengan julukan Pulau Timah ini menjadi destinasi yang masuk daftar rekomendasi tempat berlibur.

Tapi ternyata, bukan hanya kekayaan alamnya aja yang indah, pulau ini juga banyak memiliki makanan unik dan khas yang cocok banget kalian cobain dan bahkan kalian jadiin oleh oleh khas Bangka Belitung.

Dibawah ini Parboaboa.com sudah siapkan 10 oleh-oleh khas Bangka Belitung yang enak dan cocok Anda bawa pulang kampung. Yuk, cek ulasannya!

1. Sambal Lingkung

Oleh-oleh khas Bangka Belitung pertama yang wajib Anda coba adalah sambal lingkung.

Meskipun namanya sambal, makanan ini didominasi oleh bahan baku ikan, sehingga lebih mirip dengan abon daripada sambal.

Ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri, sehingga rasanya dijamin sangat lezat. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, namun tentu akan sebanding dengan rasanya.

2. Keripik Siput

Pilihan oleh oleh makanan khas Bangka Belitung yang berikutnya adalah siput gonggong. Di Belitung, binatang ini dijadikan sebagai aneka olahan makanan yang enak, seperti keripik siput gonggong yang punya rasa yang begitu gurih dan renyah ketika dimakan.

Tertarik dengan oleh-oleh camilan dari Bangka Belitung yang unik dan khas ini?

Sebaiknya, cobalah beli beberapa, pasti orang-orang yang menerimanya nanti akan sangat berterima kasih pada pemberian Anda.

3. Ikan Asin Jambal Roti

Bangka Belitung terkenal akan hasil lautnya, sehingga oleh-oleh yang bisa didapatkan di sini kebanyakan adalah olahan ikan.

Dari sekian banyaknya oleh-oleh olahan ikan dari Bangka Belitung, yang masih menjadi primadona hingga saat ini adalah ikan asin jambal roti.

Walaupun disimpan dalam kemasan yang praktis, namun asin jambal roti tidak menggunakan bahan pengawet, karena proses pengawetannya hanya dengan dijemur di bawah terik sinar matahari.

4. Kerupuk Belitong

Rugi rasanya bila sudah jauh-jauh datang ke Bangka tetapi tidak membeli Kerupuk Belitong. Kerupuk ini terkenal karena rasanya yang bervariasi dan pastinya gurih serta renyah.

Bahan yang dipakai untuk membuat kerupuk ini ialah dari laut alias olahan seafood antara lain udang, kepiting, ikan, dan cumi-cumi. Semua varian dimasak dengan sedap jadi pilihlah sesuai selera.

Daerah Bangka memang rata-rata dekat dengan laut jadi tidak heran beberapa kulinernya didominasi dari hasil laut yang melimpah.

Anda sebagai seorang wisatawan dapat berkunjung ke pantai-pantai eksotik yang telah disediakan.

Nikmati indahnya pemandangan sambil mendinginkan pikiran ditemani camilan gurih kerupuk belitong.

5. Rusip

Rusip adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan teri yang difermentasikan dalam pot atau guci dengan garam, kemudian ditambahkan gula jawa sebagai perasa.

Rusip juga kerap menjadi pilihan oleh-oleh Bangka Belitung bagi wisatawan yang ingin pulang kampung.

6. Kecalo

Kecalo adalah udang rebon yang difermentasi bersama garam sehingga menghasilkan cita rasa yang asin.

Kecalo biasanya menjadi campuran bumbu untuk membuat sambal sehingga menciptakan perpaduan cita rasa pedas dan asin.

Kecalo biasa dihidangkan warga bangka sebagai teman lalapan atau cocolan. Kecalo juga biasa ditambahkan saat menggoreng telur kocok.

7. Getas Bangka

Getas ini juga gak kalah leat dari oleh-oleh khas Bangka Belitung yang ada di atas, getas  memang menjadi pilihan karena memiliiki rasa yang sangat lezat.

Getas ini memiliki bentuk bulat dan panjang rasanya gurih dan biasanya dijadikan camilan, lauk untuk nasi, dan dimakan dengan makanan yang berkuah.

Makanan khas bangka yang satu ini wajib anda incipi guys. harga 1 bungkus getas bangka ini hanya 75 ribu.

8. Lempok Cempedak

Lemok ini salah satu oleh-oleh khas Bangka Belitung yang unik dan selalu diburu wisatawan.

Makanan yang mirip dodol ini berbahan dasar dari buah cempedak. Untuk tektur nya lebih kenyal dan rasanya manis. .

9. Bong Li Piang

Makanan ini terbuat dari campuran tepung terigu, santan, gula aren, dan biasanya ditambah selai nanas sebagai isian.Sehingga, dari perpaduan bahan tersebut tercipta rasa yang manis, asam, dan tentunya lezat.

10. Kericu

Makanan dengan gizi tinggi ini juga cukup populer di Bangka Belitung. Kericu dibuat dengan bahan baku tepung sagu, telur, dan cumi-cumi, dengan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, lengkuas, garam, gula.

Makanan ini digoreng dalam minyak yang panas, hal itu membuat kericu memiliki tekstur yang renyah.

Camilan dengan rasa asin, gurih, dan manis ini selalu menjadi incaran para wisatawan

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Bangka Belitung yang bisa cocok kamu bawa sebagai buah tangan untuk orang tersayang. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata bangka belitung    #bangka belitung    #travel    #oleh oleh bangka    #kuliner bangka belitung   

Baca Juga