Oleh-oleh khas Bogor: Roti Unyil, foto: travellingyuk.co.id

10 Oleh-oleh Khas Bogor Paling Populer dan Wajib Kamu Bawa Pulang

Wanovy | Travel | 07-04-2022

PARBOABOA, Bogor - Kamu sedang mencari oleh-oleh khas Bogor kekinian yang terkenal? Simak daftar oleh-oleh khas Bogor yang kami siapakan dibawah ini, mulai dari makanan khas Bogor, jajanan khas Bogor, masakan khas, hingga souvernir.

Bogor memang dikenal sebagai destinasi yang menyuguhkan paket lengkap, mulai dari wisata alam, hiburan, hingga kuliner.

Tak hanya itu, sepulang dari Bogor kamu juga bisa menemukan banyak oleh-oleh menarik untuk diberikan ke teman dan keluarga terdekat.

Tak hanya makanan, Kota Hujan ini juga menawarkan aneka souvenir menarik yang bisa kamu jadikan kenang-kenangan.

Bagi kamu yang ingin mencari tahu apa saja oleh-oleh khas Bogor yang populer, Parboaboa sudah membuat daftarnya pada artikel di bawah ini. Yuk, simak 10 oleh-oleh khas Bogor berikut!

1. Roti Unyil

Roti unyil Bogor terkenal akan varian rasa dan bentuknya yang unik. Ukuran panjang roti unyil tidak lebih dari 5 cm dan terdiri dari berbagai isian yang manis dan gurih.

Seperti pisang, kismis, stroberi, pisang coklat, kacang, nanas, susu, moka, bakso abon, keju dan masih banyak lagi.

Bahkan ada sekitar 57 varian rasa yang bisa dinikmati dari roti yang memang sangat mungil ini.

Saking imutnya, oleh-oleh khas Bogor satu ini hanya dijual dengan harga seribuan. Dalam sekali gigit saja kelezatan yang dimiliki sanggup membuat para penikmatnya ketagihan.

Kamu bisa dengan mudah temukan makanan ini di tempat oleh-oleh khas Bogor terdekat.

2. Lapis Talas Bogor

Kalau Kota Pahlawan punya Lapis Surabaya, di sini ada lapis Bogor. Uniknya, kue lapis ini memakai campuran talas sebagai bahannya, salah satu umbi yang banyak ditemukan di Bogor.

Salah satu merek yang paling ramai dicari adalah Lapis Bogor Sangkuriang di Jalan Sholeh Iskandar. Banyak varian yang bisa kamu pilih di sana, mulai dari original, full talas, sampai teh hijau keju.

3. Bika Talas

Masih seputar olahan talas, ada lagi nih kue unik berbahan umbi khas Bogor, yakni bika talas.

Kalau selama ini kita kenalnya bika Ambon asal Medan, bika talas ini oleh-oleh khas Bogor yang cukup terkenal.

Kamu bisa datang dan membeli langsung di outlet Bika Bogor Talubi di Komplek Ruko Perkantoran Jalan Raya Pajajaran Nomor 20M, Baranangsiang, Bogor.

4. Pie Talas

Mungkin banyak dari kamu yang tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Pastry yang diberi isian berupa fla dan juga umbi talas yang dimasak menggunakan teknik masak khusus sehingga membuatnya memiliki rasa istimewa.

Kulit pastry-nya yang dicetak menggunakan cetakan khusus ini tentu saja menjadi camilan yang sangat istimewa.

Pie talas ini merupakan salah satu olahan umbi talas yang bisa kamu pilih sebagai alternatif oleh-oleh khas Bogor untuk orang yang kamu sayangi.

Kamu bisa membeli pie ini dengan harga yang sangat terjangkau. Kue ini merupakan kue modern yang diisi dengan isian tradisional yang memiliki rasa yang lezat. Kelembutan kue ini membuat kamu ketagihan untuk menyantapnya.

5. Strudel

Oleh-oleh khas Bogor berikutnya yang wajib kamu bawa ketika berkunjung ke Bogor adalah strudel. Mungkin kamu belum cukup familiar dengan rupa dan bentuk makanan yang satu ini.

Makanan ini sebenarnya merupakan perpaduan sempurna antara pastri dan juga asinan yang sangat lezat.

Pastry yang membungkus asinan kemudian dipanggang dengan sempurna tentu saja cukup menggugah selera kamu.

Oleh-oleh khas Bogor milik Shireen Sungkar dan suami ini bisa dikatakan masih baru. Namun sensasinya sudah sangat menggugah selera.

6. Macaroni Panggang

Untuk kamu penggemar pasta, jangan lupa membeli oleh-oleh satu ini. Pasalnya, oleh-oleh khas Bogor ini mirip dengan macaroni schotel tetapi memiliki tekstur lebih garing dan lembut di dalamnya.

Parutan keju yang terbakar lengkap dengan isian daging dan makaroni di dalamnya, pastinya memanjakan lidahmu.

Untuk membeli oleh-oleh khas Bogor ini, kamu bisa pergi ke toko Macaroni Panggang di Jalan Salak No 24, Babakan, tepatnya di depan Taman Kencana.

Selain macaroni panggang Bogor, kamu juga dapat membeli oleh-oleh makanan lainnya seperti ontbijtkoek (kue kayu manis) dan ketan bambu.

Macaroni panggang tersedia dalam jenis yaitu spesial dengan harga Rp 135.000 dan varian biasa dengan harga Rp 76.000.

7. Kacang Bogor

Tidak seperti kacang pada umumnya, kacang bogor memiliki bentuk bulat dengan warna ungu di dalamnya.

Masa panen kacang ini pada bulan Febuari sampai April. Pada saat inilah kamu bisa menemui jajaran pedagang yang menjual kacang Bogor rebus secara berkeliling.

Panen yang berkala membuat warga Bogor mengolah kacang ini menjadi kacang goreng agar dapat dinikmati dengan jangka waktu yang panjang.

Salah satu merek terkenal adalah Kacang Bogor Istana yang memilki beragam macam rasa, mulai dari keju, barbeku, hingga balado. Satu kemasan kacang dijual dengan harga Rp 22.500.

Kamu bisa menemukan outlet resmi oleh-oleh khas Bogor ini di Jalan Babakan Raya Nomor 37.

8. Ubi Bakar Cilembu

Cuaca dingin di kawasan puncak Bogor akan lebih menarik jika sambil menikmati ubi bakar Cilembu yang masih panas.

Makanan khas puncak Bogor ini memiliki sensasi rasa hangat dan manis yang langsung terasa di mulut.

Terutama di daerah pegunungan yang dingin, makanan ini selalu menjadi daya tarik yang tidak boleh dilewatkan.

Terlebih lagi ubi bakar Cilembu banyak ditemukan di sepanjang jalan menuju puncak.

Rasa manis legitnya ubi bakar Cilembu sudah menggiurkan ketika ubi masih dibakar. Akan ada cairan lengket seperti gula yang meleleh dan menggoda untuk disantap.

9. Batik Bogor

Siapa bilang Bogor tidak memiliki batik? Ada, loh batik khas Bogor yang memiliki ciri khas pada motifnya sendiri.

Batik bogor terdiri dari dua, yaitu  motif hujan gerimis dan motif kujang kijang. Motif hujan gerimis terinspirasi dari kondisi cuaca di Bogor yang sering hujan.

Sedangkan motif batik kujang kijang terinspirasi dari senjata tradisional Suku Sunda yaitu kujang, dan kijang merupakan ikon binatang dari istana kepresidenan Bogor.

Batik ini bisa jadi oleh-oleh khas Bogor yang dapat kamu berikan untuk keluarga dan kerabat.

10. Kaos Unchal

Selain batik, Bogor juga punya kaos ciri khas yang sering diburu oleh wisatawan. Dalam bahasa Sunda Unchal berarti Kijang.

Kaos ini berisi tulisan-tulisan lucu dan menarik yang bisa membuat orang terhibur. Isi tulisan-tulisannya sendiri tentang lebih banyak bercerita tentang kehidupan masyarakat Bogor.

Anak muda pasti suka diberi cinderamata khas Bogor yang satu ini. Tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Bogor satu ini?

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bogor yang kekinian dan bisa kamu bawa pulang untuk dibagikan ke orang-orang tersayang. Happy holiday!

Tag : #wisata bogor    #bogor    #travel    #kuliner    #oleh oleh bogor    #sentul    #roti unyil   

Baca Juga