Oleh-oleh khas Indramayu, foto: republikwisata.com

10 Oleh-oleh Khas Indramayu Paling Populer dan Favorit Wisatawan

Wanovy | Travel | 28-10-2022

PARBOABOA, Indramayu - Berkunjung ke Indramayu, jangan lupa membeli oleh-oleh khas yang favorit dibeli wisatawan. Buah tangan populer berupa makanan dan minuman bisa Anda bawa pulang.

Kabupaten Indramayu merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki beragam kuliner tradisional. Makanan-makanan khas yang masih terjaga hingga sekarang dan banyak diburu terutama oleh wisatawan yang datang ke Indramayu.

Indramayu juga terkenal dengan buah mangganya yang besar dan rasanya manis. Mangga khas ini banyak dijadikan bahan utama untuk berbagai olahan seperti makanan dan minuman. Olahan-olahan dari mangga wajib untuk Anda coba jika berkunjung ke Indramayu.

Selain mangga, Indramayu juga terkenal dengan olahan hasil laut yang menjadi makanan khas dari daerah ini.

Namun tidak hanya itu, Indramayu memiliki banyak kuliner khas yang enak dan bisa dijadikan oleh-oleh. Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Indramayu yang paling favorit.

1. Buah Mangga

Sesuai dengan nama julukan, Indramayu lekat akan buah mangga. Patut untuk Anda ketahui jika buah mangga tersebut memiliki beberapa jenis.

Jenis jenis mangganya yaitu mangga gedong gincu, mangga harum manis , mangga cengkir, mangga golek, mangga budi raja, mangga lali jiwo dan mangga madu. Namun yang menjadi primadona adalah mangga cengkir.

Hadirnya mangga cengkir, membuat komoditas unggulan tersebut dibudidayakan secara asli dan merata.

Mangga cengkir memiliki ciri khas rasa manis nan legit dipadukan dengan daging buah yang padat tetapi sangat lembut. Di Indramayu mangga diolah menjadi beberapa olahan sekaligus.

2. Cimplo

Kue cimplo akan mengingatkan Anda dengan kue apem atau bakpao. Dengan tampilan luar berbentuk bulat dan berwarna putih menjadi alasannya.

Anda dapat juga membuat sendiri di rumah oleh-oleh khas Indramayu yang satu ini. Namun tentunya rasa yang dihasilkan akan berbeda jika khas buatan Indramayu.

Bahan yang digunakan untuk membuatnya merupakan bahan umum yang sederhana seperti air kelapa, bibit roti, tepung beras dan tape singkong.

Dimasak dengan mode kukus, makanan khas ini disajikan dengan air gula merah , parutan kelapa dan daun pandan sebagai pelengkapnya. Anda dapat membelinya di berbagai pusat oleh-oleh.

3. Kerupuk Bonggol Pisang

Banyak dijual di pusat oleh-oleh, tentu membuat Anda tak perlu bingung untuk mencarinya.

Makanan ringan khas ini dapat dipastikan terbuat dari bahan bahan alami sehingga aman dikonsumsi oleh segala usia. Hal tersebut membuatnya pantas untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga tercinta.

Jika bagi sebagian orang di daerah lainnya, bonggol pisang akan dibuang begitu saja. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan di Indramayu yang justru memanfaatkannya sebagai salah satu oleh-oleh khas Indramayu.

Teksturnya yang sempurna dengan rasa gurih membuat kerupuk bonggol pisang diminati oleh banyak orang.

4. Kue Koci

Kue koci merupakan oleh-oleh khas Indramayu yang hadir dengan tampilan menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

Dengan tekstur yang kenyal dan rasa manis nan legit membuatnya tampak hampir sama dengan salah satu kue Jawa, yaitu nagasari. Menghasilkan rasa khas, daun pisang sebagai pembungkus merupakan kuncinya.

Harganya murah meriah membuat Anda dapat membawanya sebagai buah tangan meskipun harus membeli dalam jumlah banyak.

Saat merasakan kenikmatannya menyentuh lidah, maka Anda akan merasakan gula merah dengan parutan kelapa sebagai nilai khas dari kue koci. Anda juga dapat menjadikannya sebagai teman camilan bersama dengan kopi atau teh.

5. Sirup Mangga

Tidak jauh dari buah andalan Indramayu, sirup Mangga menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang pastinya menarik untuk dibawa pulang.

Jika dilihat dengan saksama, pada dasarnya sirup yang lebih sering ditemukan di pasaran memiliki bentuk yang lebih encer. Namun untuk produk ini, sirup mangga memiliki bentuk yang lebih kental.

Hal tersebut tentunya karena bahan yang digunakan adalah 100% dari mangga asli yang dicampur dengan air secukupnya.

Jadi sirup ini lebih tampak seperti sari mangga dari pada sirup pemanis rasa mangga. Yang lebih menarik adalah mangga yang digunakan sebagai bahan utama adalah mangga jenis Gedong Gincu.

6. Dodol Mangga

Dodol seakan sudah menjadi salah satu olahan makanan Indonesia yang hadir dengan banyak varian rasa.

Jika pada umumnya dodol hanya berasa manis, Indramayu juga punya dodol dengan cita rasa khas Mangga lokal.

Dengan produksi mangga yang besar dan tangan kreatif warga, Indramayu berhasil membuat buah tangan yang memiliki ciri khas tersendiri.

Pembuatannya sebenarnya tidak jauh dengan dodol pada umumnya. Namun jajanan tradisional yang berasa manis ini berbaur dengan rasa asam mangga, sehingga terasa lebih segar.

Salah satu alasan mengapa dodol ini laris diburu pelancong adalah karena mangga hanya berbuah satu tahun sekali. Jadi warga mengubah mangga menjadi dodol agar lebih awet dan tahan lama.

7. Dodol Laragudig atau Raragudig

Tidak hanya dodol dengan bahan mangga saja yang banyak dicari di Indramayu, namun dodol Raragudig juga cukup banyak diminati wisatawan.

Bahkan, sebenarnya Raragudig ini hanya satu dari sekian banyak olahan dodol Indramayu yang terkenal. Lalu apa yang membuatnya begitu menarik di mata pelancong?

Jawabannya hadir dari citranya yang merupakan penganan jaman dulu. Dikatakan demikian karena memang dodol ini memiliki tampilan dan proses pembuatan yang sudah turun temurun.

Penampakannya sungguh sederhana, yaitu hanya dengan dibungkus plastik bening tipis tanpa ada tambahan topping atau kemasan lainnya.

8. Keripik Tike

Oleh-oleh khas Indramayu berikutnya adalah keripik tike, selain kerupuk bonggol pisang, ada juga keripik tike, dimana makanan ini merupakan sebuah keripik dengan bahan dasar umbi rumput teki.

Makanan ini juga menjadi favorit masyarakat dan para wisatawan. Mungkin saja banyak di antara Anda yang mana penasaran bagaimana rasa dari bahan yang tak biasa tersebut.

Namun ternyata keripik tike ini memiliki cita rasa yang enak, dimana renyah, terlebih lagi dengan bumbu – bumbu spesial.

Dengan hal tersebut ternyata membuat banyak wisatawan yang penasaran dan juga rela untuk merogoh kocek sampai dengan 120 ribu rupiah untuk bisa mendapatkan 1 kg keripik tike ini.

9. Ikan Asin Jambal Roti

Menjadi salah satu daerah yang ada di pantai utara, tentu Indramayu memiliki hasil laut yang cukup melimpah.

Salah satunya ikan jambal asin dengan bau amis yang cukup kuat, tetapi memiliki pecinta yang cukup banyak.

Ikan satu ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dengan mengandalkan rasa asin dan gurih alami dari ikan tersebut.

Ikan asin jambal roti ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu rasa yang lebih gurih dan daging yang lebih tebal daripada ikan biasanya.

Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari ikan serupa untuk dijadikan oleh-oleh khas Indramayu. Akan tetapi, anda harus rela merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan ikan asin jenis ini karena produksinya cukup terbatas.

10. Kerupuk Kulit Ikan

Hasil laut dari kota pesisir ini diolah menjadi berbagai jenis hidangan, salah satunya kerupuk kulit ikan.

Kulit dari hewan air ini diambil dan dibersihkan, lalu dicampur dengan adonan yang telah disiapkan.

Setelah itu, kulit dari ikan beserta adonan siap digoreng hingga krispi di atas api sedang yang membuatnya matang secara sempurna dan matang merata.

Proses yang dilalui hingga kerupuk kulit dikemas masih memakai cara yang tradisional, sehingga membuatnya mengeluarkan cita rasa yang sangat khas.

Nah, itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Indramayu yang paling populer dan favorit wisatawan. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata indramayu    #indramayu    #travel    #tempat wisata    #kuliner indramayu    #jawa barat   

Baca Juga